Home / Auto / Daihatsu Syukuri Capaian Produksi ke-7 Juta Unit di Indonesia
Inilah Rocky 1.2 berwarna kuning, unit ke 7 juta yang diproduksi Daihatsu. Ist

Daihatsu Syukuri Capaian Produksi ke-7 Juta Unit di Indonesia

Jakarta, NextID – PT Astra Daihatsu Motor (ADM) merayakan prestasi pencapaian Produksi ke-7 Juta unit di Indonesia pada 20 Agustus 2021, selama berkiprah 43 tahun di Indonesia. Perayaan pencapaian ini terhitung sejak pertama kali Daihatsu diproduksi di Indonesia pada tahun 1978. Acara perayaan ini berlangsung secara virtual, dan dapat disaksikan di Youtube channel   Daihatsu Sahabatku atau melalui tautan https://www.youtube.com/user/DaihatsuSahabatku.

“ADM memulai produksi mobil secara utuh pada tahun 1978, dan mencapai produksi ke-1 juta unit dalam waktu 27 tahun, yakni pada 2005. Selanjutnya, produksi ke-2 juta unit tercapai dalam waktu lebih singkat, yakni 5 tahun setelahnya pada 2010,” urai Kurniawan Rahardono, Executive Officer PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

Menyusul produksi ke-3 juta unit, tercapai pada tahun 2013 hanya dalam selang waktu 3 tahun. Produksi ke-4 juta dan 5 juta unit, pada tahun 2015 dan 2017, hanya membutuhkan waktu 2 tahun. Produksi ke-6 juta unit pada tahun 2019, dicapai kurang dari 2 tahun, dan pada Juli 2021 di tengah kondisi pandemi Covid-19, ADM berhasil mencapai produksinya yang ke-7 juta unit.

Dalam hal produksi, menurutnya, ADM memiliki fasilitas perakitan kendaraan terintegrasi yang modern di Sunter dan Karawang dengan total kapasitas produksi hingga 530.000 unit per tahun. Dengan kapasitas ini, membuat produksi kendaraan di ADM dalam 5 tahun terakhir (2017-2021) berkontribusi rata-rata sekitar 40% dari wholesales pasar mobil domestik di Indonesia.

Pencapaian ini juga tidak lepas dari inovasi ADM untuk Indonesia, melalui penerapan inovasi pabrik ADM di masa pandemi sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan pasar dengan standar kualitas global. ADM juga terus adaptif dalam memproduksi kendaraannya secara optimal untuk mendukung program pemerintah dalam upaya menanggulangi melonjaknya kasus Covid-19, dan penerapan PPKM di Indonesia.

“Pencapaian produksi ke-7 juta unit merupakan momentum penting bagi ADM, terlebih di tengah kondisi pandemi hingga saat ini. Daihatsu terus berkomitmen dalam memenuhi kebutuhan pelanggan dengan menyediakan produk terbaik sesuai permintaan dengan standar kualitas global,” ujar Kurniawan Rahardono.

Penjualan Ritel Naik 33%

Di kesempatan sama Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO), membeberkan, Pemerintah telah memperpanjang relaksasi diskon pajak (PPnBM) 100% hingga Agustus 2021 ini, guna menstimulus pasar otomotif nasional di tengah kondisi pandemi yang masih berlangsung. Pada saat yang sama, pemerintah juga menerapkan perpanjangan PPKM di beberapa area di Indonesia untuk meminimalisasi penyebaran pandemi Covid-19.

“Selama periode relaksasi PPnBM 100%, pasar ritel otomotif nasional pada Juli 2021 sebelum penerapan diskon pajak (Januari – Februari 2021) sekitar 51 ribu unit per-bulan, naik 39% menjadi sekitar 70 ribu unit per-bulan setelah implementasi diskon pajak (Maret – Juli 2021),” ucapnya.

Salah satu pabrik PT Astra Daihatsu Motor di Karawang. Ist

Dampak positif juga dirasakan Daihatsu dengan tetap mempertahankan peringkat 2 penjualan otomotif nasional selama periode diskon pajak ini. “Rata-rata penjualan ritel Daihatsu sebelum penerapan diskon pajak (Januari – Februari 2021) sekitar 9 ribu unit per bulan, naik 33% menjadi sekitar 12 ribu per-bulan setelah implementasi diskon pajak (Maret – Juli 2021),” tuturnya..

Terdapat 5 model Daihatsu yang mendapat diskon pajak ini, yaitu Xenia, Terios, Luxio, Gran Max Mini Bus, dan Rocky. Setelah penerapan diskon pajak, sejak Maret hingga Juli 2021, penjualan ritel ke-5 model ini mengalami kenaikan total rata-rata sebesar 52% per bulan. Dampak positif lainnya juga dirasakan pada model non-relaksasi Daihatsu dengan kenaikan penjualan ritel total rata-rata sebesar 22% per bulan pasca implementasi diskon pajak.

“Daihatsu bersyukur, penjualan Daihatsu tumbuh sejalan dengan kenaikan pasar dengan market share 17%. Semoga tren positif ini, dengan dukungan pemerintah dapat terus berlangsung dan mencapai hasil yang lebih baik dari tahun sebelumnya,” tutup Hendrayadi Lastiyoso

About Gatot Irawan

Check Also

Bridgestone Indonesia Raih Penghargaan ‘Change the World 2023’

Jakarta, NextID –  PT Bridgestone Tire Indonesia (Bridgestone Indonesia) meraih penghargaan ‘Change the World 2023’ …

Leave a Reply