Home / Auto / Daihatsu Konsisten Sinergikan Vokasi dan Industri ke Guru SMK se-Sumatera
Gambaran saat proses penjelasan singkat materi Teknologi VSC (Vehicle Stability Control). Ist

Daihatsu Konsisten Sinergikan Vokasi dan Industri ke Guru SMK se-Sumatera

Jakarta, NextID – PT Astra Daihatsu Motor (ADM) terus berkontribusi dalam mencerdaskan bangsa melalui salah satu pilar CSR (Corporate Social Responsibility), yakni pada pilar Pintar Bersama Daihatsu yang diwujudkan melalui pelatihan secara virtual kepada guru SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) binaan se-Sumatera pada 26 Agustus 2021.

Pada pelatihan rutin yang digelar secara virtual ini, Daihatsu berikan sharing seputar teknologi terbaru, mulai dari pengenalan fungsi, teknis dan mekanisme kerja komponen, troubleshooting pada teknologi yang ada di mobil Daihatsu, hingga pengenalan fasilitas produksi Daihatsu yang berkomitmen dalam membuat kendaraan yang hemat bahan bakar dan ramah lingkungan.

Setelah bekali para Guru SMK se-Sumatera, Daihatsu siap sambangi para guru SMK area lainnya di Indonesia. Sebagaimana diketahui, tahun 2021 ini, Daihatsu secara konsisten telah bekali teknologi otomotif terkini ke para Guru SMK di beberapa area secara berturut-turut seperti di Yogyakarta pada 28 Januari dan 24 Juni; Sumatera (18 Februari); DKI Jakarta & Banten (26 Maret); Jawa Barat (22 April); Jawa Tengah (6 Mei); dan Jawa Timur (23 Juli).

Secara singkat, materi pelatihan yang diberikan adalah seperti pengenalan fungsi hingga troubleshooting pada berbagai macam fitur komponen seperti:

  • Power Door Lock sebagai fitur keamanan standar namun berperan sangat penting yang berfungsi untuk membuka/mengunci pintu mobil secara otomatis.
  • Back sonar membantu Sahabat Daihatsu mengetahui jarak dengan objek belakang ketika bermanuver mundur.
  • Auto AC untuk mempermudah Sahabat Daihatsu tanpa perlu mengatur temperatur AC saat berkendara baik di kala cuaca terik maupun dingin secara otomatis.
  • Automatic Light Control akan aktif ketika switch dimmer diposisikan “Auto”, dan Sahabat Daihatsu tidak perlu repot mengubah posisi pada switch lampu ini.
  • Emergency Stop Signal (ESS) berfungsi menyalakan lampu hazard ketika terdapat pengereman mendadak untuk memberi tanda pada pengemudi di belakang agar lebih waspada.
  • Vehicle Stability Control (VSC) berperan penting dalam mencegah Over Steer dan Under Steer ketika berbelok sehingga lebih aman saat berkendara.
  • Around View berfungsi menampilkan gambar dari 360° sudut kendaraan, sisi depan, kanan, belakang dan kiri secara bersama untuk memberikan keamanan baik ketika parkir, melewati jalan sempit dan berpapasan dengan pengendara lain di jalan sempit.
  • ASA (Advanced Safety Assist) berkendara jadi lebih aman dan nyaman yang terdapat pada Daihatsu Rocky, mencegah atau meminimalisir dampak kerusakan akibat tabrakan pada bagian depan yang sering disebabkan karena kurang fokusnya pengemudi, menginjak pedal yang salah, ataupun keluar dari jalur saat berkendara.
Foto bersama saat pembekalan materi secara virtual tentang Teknologi Daihatsu kepada Guru SMK se-Sumatera. Ist

“Daihatsu ingin meningkatkan Link and Match antara vokasi dan dunia industri dengan motto Vokasi Kuat Menguatkan Indonesia. Semoga para guru SMK dapat meneruskan sharing ini kepada para siswa di sekolahnya agar dapat mempersiapkan diri lebih baik dan siap terjun ke dunia industri”, ujar Aji Prima Barus Nurcahya, Service Training Section Head ADM, Jumat (27/8).

About Gatot Irawan

Check Also

Dealer Baru 3S Fuso di Tulang Bawang, Lampung

Lampung, NextID – PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), distributor kendaraan niaga Mitsubishi Fuso …

Leave a Reply