Home / Auto / Toyota Raize, Pilihan Baru di Segmen SUV
President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM) Susumu Matsuda (kedua kanan) didampingi Vice President Director TAM Henry Tanoto (kedua kiri), Marketing Director TAM Anton Jimmi Suwandy (kanan) dan Fumitaka Kawashima (kiri) berpose mengapit The All New Toyota Raize, usai peluncuran secara resmi compact Sport Utility Vehicle (SUV) Toyota terbaru tersebut, di Jakarta, Jum’at (30/4). Ist

Toyota Raize, Pilihan Baru di Segmen SUV

Jakarta, NextID – Sebagai bagian dari apresiasi kepada pelanggan yang telah 50 tahun mendukung keberadaan Toyota di Indonesia dan sekaligus memenuhi kebutuhan pelanggan terhadap kendaraan Sport Utility Vehicle (SUV) yang terus meningkat, ,maka pada Jumat (30/4), PT Toyota-Astra Motor (TAM) meluncurkan Toyota Raize untuk melengkapi pilihan di segmen SUV.

Toyota Raize dirancang tidak hanya memberikan kenyamanan, dengan dukungan inovasi teknologi mesin turbocharge, namun juga menghadirkan excitement dan better environment yang dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Hal ini merupakan bagian dari tujuan Toyota untuk menghadirkan Mobility Happiness for All.

President Director TAM Susumu Matsuda, menyebutkan, bagi Toyota, kemunculan model terbaru Toyota Raize akan menambah pilihan bagi masyarakat Indonesia di segmen SUV yang menjadikan Toyota memiliki enam pilihan di segmen SUV, yang sejalan dengan transformasi dari automobile company menjadi mobility company.

Dipandang dari sudut manapun, memang keren. Ist

“Berbagai usaha untuk menyesuaikan layanan dengan tren dan kebutuhan yang berbeda di setiap lapisan masyarakat, perlu didukung oleh pilihan kendaraan yang juga tepat untuk masing–masing orang. Ke depan, sejalan dengan komitmen untuk menghadirkan total mobility solution, Toyota akan terus memenuhi kebutuhan mobilitas masyarakat Indonesia, tidak hanya produk yang semakin lengkap, namun juga layanan yang variatif,” kata Matsuda.

Toyota Raize pertama kali diluncurkan pada akhir tahun 2019 di Jepang dan berhasil tampil sebagai salah satu best-selling model di pasar negeri Sakura ini. Dengan diluncurkannya Toyota Raize pada hari ini, menjadikan Indonesia sebagai negara pertama di luar Jepang yang meluncurkan kendaraan compact SUV ini.

Sementara itu, Vice President Director TAM Henry Tanoto, menyebutkan, pandemi COVID-19 berdampak pada pertumbuhan industri otomotif nasional sejak 2020 lalu. Namun hal itu tidak menyurutkan semangat Toyota dalam menghadirkan total mobility solution bagi masyarakat Indonesia.

Memasuki tahun 2021 dan sejalan dengan perayaan ke-50 tahun Toyota di Indonesia, Toyota berkomitmen untuk terus berkontribusi terhadap industri otomotif nasional dengan menghadirkan solusi mobilitas melalui berbagai produk dan layanan bagi masyarakat Indonesia. Salah satunya dengan memperkenalkan Toyota Raize.

“Dengan tampilan yang sporty dan didukung fitur interior dan safety yang modern dan lengkap di kelasnya, kehadiran Toyota Raize diharapkan tidak hanya mampu memenuhi kebutuhan mobilitas pelanggan yang beragam, sekaligus juga turut mendorong pasar otomotif nasional menjadi lebih dinamis dan berkembang,” kata Henry.

Dalam beberapa tahun terakhir, kendaraan SUV kian diminati masyarakat karena dapat digunakan untuk berbagai aktivitas, serta dianggap stylish, advance, fun to drive.  Kontribusi segmen ini terhadap total market maupun di Toyota sendiri pun terus mengalami peningkatan. Pada 2017, kontribusi segmen SUV terhadap total penjualan Toyota masih berada di angka 11,9%. Hanya berselang tiga tahun yaitu pada 2020, komposisinya naik lebih dari dua kali lipat hingga menjadi 25,9%.

“Kami sangat bersyukur produk–produk SUV Toyota dapat diterima dengan baik oleh masyarakat dan berkontribusi cukup besar terhadap total penjualan Toyota maupun pasar otomotif nasional,” ujar Henry.

Interiornya cakep. Mungkin sebagai mobil baru, tapi kesan pertama, positif. Ist

Hadir Paripurna

Peluncuran Toyota Raize disambut riuh rendah oleh masyarakat otomotif karena hadir dengan serba baru. Mesin dan sejumlah atribut sebagai model baru, benar menyegarkan dan sekaligus hadir dalam 6 varian yaitu 1.0 Turbo GR Sport CVT TSS; 1.0 Turbo GR Sport CVT; 1.0 Turbo G CVT; 1.0 Turbo G M/T; serta varian 1.2 G CVT dan 1.2 G M/T, di mana masing-masing memiliki daya tarik sendiri untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang juga beragam.

Bagi pelanggan yang ingin tampilan SUV lebih sporty maka dapat memilih varian GR Sport yang terdapat di 1.0 Turbo GR Sport CVT TSS dan 1.0 Turbo GR Sport CVT. Untuk tipe 1.0T mulai tersedia dan dapat dipesan sejak 30 April 2021.  Sementara untuk tipe 1.2 akan hadir di semester ke dua tahun ini.

Eksterior dan interior Toyota Raize didesain untuk menghidupkan perjalanan penggunanya dalam konsep kombinasi “Bold and Active” pada tampilan luar dan “Comfort and Utility” pada bagian dalam. Konsep ini melahirkan aura bergaya dan berani pada penampilan Toyota Raize dan membangun citra muda dan aktif pada pemiliknya.

Toyota Raize mempunyai dimensi kompak dengan panjang 4.030 mm, lebar 1.710 mm, dan tinggi 1.635 mm. Meski begitu, Raize tetap terlihat proporsional berkat wheelbase mencapai 2.525 mm dan ground clearance setinggi 200 mm.

SUV baru yang menarik kalangan anak muda yang aktif. Ist

Kesan sebuah SUV yang gagah, sporty, dan atraktif tampak dari   aplikasi bumper trapezoidal tebal dan kokoh disertai sudut yang menyiku tajam dan agresif di depan. Illuminating headlamp, daytime running light (DRL), dan Sequential Turn Lamp, semua menggunakan LED, dan velg besar 17 inch pada tipe 1.0T.

Sementara itu, interiornya lapang dan juga dilengkapi fitur dengan teknologi terdepan seperti terpasang MID 7 inch TFT dengan displai interaktif dan modern dan dapat diganti-ganti dalam 4 opsi tampilan yaitu Advanced, Exciting, Simple, dan Analog.

Selain itu terdapat juga advanced features lainnya seperti Steering Switch, Interior Illumination, serta Interactive 9 Inch Head Unit dengan floating design danterkoneksi dengan smart device T-Link dan mempunyai fitur Personal Reminder, bahkan dapat dimanfaatkan sebagai pengingat aturan pelat nomor ganjil-genap dengan memasukkan data mobil ke dalam sistemnya.

Toyota Raize dilengkapi dengan fitur keselamatan yang lengkap seperti 6 Airbags, Pedal Misoperation Control, dan TSS + BSM RCTA. Semua fitur keselamatan ini terdapat pada varian 1.0 Turbo GR Sport CVT TSS. TSS adalah Toyota Safety Sense yang merupakan fitur keselamatan yang biasanya terdapat pada model di segmen high premium.

Selain itu, seluruh tipe Toyota Raize sudah dilengkapi fitur keamanan berupa rem dengan Anti-lock Braking System (ABS), Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assist (HSA), Seatbelt Warning, Rear Parking Sensor, Rear Parking Camera, serta Alarm + Immobilizer.

Interiornya berkelas di segmennya. Ist

Solusi Total

Selain terus melengkapi ragam pilihan produk sejalan dengan dinamika kebutuhan masyarakat, dalam semangat Total Mobility Solution, Toyota juga terus mengembangkan pilihan layanan untuk pelanggan. Toyota Raize hadir dengan solusi yang lengkap bagi pelanggan, karena tidak hanya dari sisi produk dan teknologinya, namun juga dari sisi program penjualan maupun perawatan kendaraannya.

Bagi pelanggan yang cenderung tidak mau ribet dalam administrasi dan perawatan, TAM telah mengembangkan layanan usership melalui Kinto One maupun Kinto Ekonomis, dan bahkan Kinto Syariah yang sudah sesuai dengan prinsip-prinsip syariah yang tanpa interestfix, dan transparan. Melalui Kinto pelanggan bisa mendapat layanan berlangganan kendaraan Toyota dan tanpa harus repot memikirkan biaya lain seperti pajak kendaraan, asuransi, maupun biaya perawatan kendaraan.

Adapun bagi pelanggan yang ingin tetap memiliki kendaraan, maka hadir pula layanan Deal Cermat dengan cicilan yang lebih rendah dibandingkan dengan cicilan reguler, serta ada jaminan harga jual kembali. Layanan ini cocok untuk orang yang dinamis mengikuti tren, termasuk juga memberi solusi untuk mereka yang mau ganti mobilnya.

Sementara itu, untuk perawatan kendaraan, selain di dukung dengan jaringan outlet yang kini mencapai 334 titik di seluruh wilayah Indonesia, Toyota Raize juga mendapatkan free service dan free parts sepanjang 50.000 km atau maksimum 4 tahun, mana yang tercapai terlebih dahulu.

Sosoknya memang menggoda. Ist

Sejalan dengan kian berkembangnya kebutuhan layanan digital dan sekaligus kebutuhan era new normal, Toyota akan terus mengembangkan berbagai layanan penjualan dan purnajual untuk memudahkan pelanggan mendapat akses bagi kebutuhan mobilitas mereka, dengan melakukan inovasi untuk menghadirkan total mobility solution kepada pelanggan tidak hanya melalui produk yang makin lengkap, tapi juga layanan yang makin beragam.

About Gatot Irawan

Check Also

Tips bagi Pemudik dengan Menggunakan Mobil EV

Jakarta, NextID – Ini tips menarik dari Bridgestone jika pemiudik menggunakan EV (kendaraan listrik). Sebab, …

Leave a Reply