Home / Auto / AHM Gelar Edukasi Bagi Kader Posyandu
Untuk tetap menjaga kualitas pelayanan posyandu, baik di masa pandemi maupun di masa yang akan datang, para kader dibekali pengetahuan dalam memberikan pelayanan dasar di dalam posyandu seperti pelayanan penimbangan, pengukuran tinggi badan bagi balita melalui video tutorial. Ist

AHM Gelar Edukasi Bagi Kader Posyandu

Jakarta, NextID –  PT Astra Honda Motor (AHM) menggelar edukasi kesehatan secara daring bagi kader Pos Layanan Terpadu (POSYANDU) dan masyarakat Desa Kalihurip, Karawang, Jawa Barat pada Rabu (21/4). Program ini diharapkan melahirkan Kartini masa kini di bidang kesehatan yang mengabdikan diri demi pertumbuhan anak dan kesehatan ibu.

Kegiatan edukasi kesehatan merupakan bagian dari program POSYANDU Satu Hati yang dikembangkan AHM untuk mendukung peningkatan pelayanan kesehatan bagi masyarakat, khususnya di posyandu daerah binaan. Dalam kegiatan ini, para kader posyandu mendapatkan penyuluhan kesehatan seperti penanganan penyakit diare dan demam, serta pemulihan hidup sehat dalam mencegah Penyakit Tidak Menular (PTM). Selain itu, para kader mendapatkan pengetahuan seputar masalah kehamilan seperti penanganan terhadap ibu hamil dengan Resiko Tinggi (RESTI) dan penanganan bayi dan BALITA.

Untuk tetap menjaga kualitas pelayanan posyandu baik di masa pandemi maupun di masa yang akan datang, para kader dibekali pengetahuan dalam memberikan pelayanan dasar di dalam posyandu seperti pelayanan penimbangan, pengukuran tinggi badan bagi balita melalui video tutorial. AHM juga memberikan edukasi melalui video animasi kesehatan untuk membentuk Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan makanan tinggi serat sebagai gaya hidup.

GM Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin mengatakan para kader Posyandu merupakan ujung tombak pelayanan kesehatan masyarakat, terutama untuk bayi dan anak usia dini yang kelak akan menjadi pemimpin bangsa di masa depan. “Kami melihat inilah salah satu wujud nyata perjuangan Kartini masa kini, yaitu mengabdikan diri untuk kebaikan masyarakat luas. Kami mendukung upaya baik ini melalui gelaran edukasi yang dikemas menarik untuk meningkatkan kompetensi para kader. Kami berharap ini dapat memperkuat peran nyata mereka dalam kesehatan warga sekitar mereka,” ujar Muhib.

Pada kesempatan yang bersamaan, AHM membagikan 3.465 paket Pemberian Makanan Tambahan (PMT) melalui 3 posyandu Desa Kalihurip kepada masyarakat sekitar. Kegiatan yang rutin dilakukan AHM ini menyajikan menu yang bervariasi berupa aneka panganan dan paket makanan siap santap. Sepanjang 2021, kegiatan PMT difokuskan pada buah dan sayur untuk membiasakan konsumsi serat di 1.000 hari pertama kehidupan yang dimulai sejak dalam kandungan hingga usia 2 tahun.

Dalam aktifitas Posyandu, para kader secara inisiatif memberikan informasi pemanfaatan Tanaman Obat dan Keluarga (TOGA) untuk masyarat dilingkungan desa Kalihurip sebagai bentuk pencegahan dan pengobatan penyakit secara ringan maupun tutorial pembuatan PMT yang bergizi bagi Ibu dan BALITA.

Pada kegiatan ini, AHM didukung oleh puskesmas dan bidan desa setempat, dokter-dokter yang kompeten di bidangnya, akademisi dan praktisi kesehatan dari Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran, dan para pelajar dari sekolah binaan yang tergabung dalam Sekolah Satu Hati sebagai upaya untuk peningkatan kualitas generasi muda di area Jawa Barat.

About Gatot Irawan

Check Also

Bridgestone Indonesia Raih Penghargaan ‘Change the World 2023’

Jakarta, NextID –  PT Bridgestone Tire Indonesia (Bridgestone Indonesia) meraih penghargaan ‘Change the World 2023’ …

Leave a Reply