Home / Auto / SCRC Sigap Evakuasi Korban Banjir
Suasana evakuasi korban luapan air di Desa Sumber Urip, Kecamatan Pebayuran, Kabupaten Bekasi. (Foto SCRC)

SCRC Sigap Evakuasi Korban Banjir

Jakarta, NextID – Musim penghujan kali ini, daerah di sekitar Jabodetabek kembali terkena dampak yang cukup besar. Salah satunya adalah kawasan Bekasi yang dilanda banjir akibat jebolnya tanggul Sungai Citarum. Melihat situasi tersebut, PT Suzuki Indomobil Sales mendukung penuh Suzuki Club Reaksi Cepat (SCRC) yang sigap membantu evakuasi korban luapan air di Desa Sumber Urip, Kecamatan Pebayuran, Kabupaten Bekasi.

Rachmat Keliek Pangestu, ketua umum SCRC, menyampaikan, selain program Peduli Antisipasi Banjir Jabodetabek, pihaknya juga fokus pada layanan evakuasi warga, pendampingan pemeriksaan pasien di pengungsian, dan distribusi logistik untuk korban tanggul Sungai Citarum yang jebol. “Aktivitas SCRC dalam penanggulangan bencana banjir ini mendapat dukungan dan sinergi dari, IOF (Indonesia Off road Federation), BPBD Kabupaten Bekasi, Basarnas, serta support yang diberikan dari Suzuki Indonesia,” ujarnya.

Proses evakuasi para korban dilakukan dengan mendahulukan warga prioritas, seperti bayi, orang sakit, dan lansia. dengan arus yang cukup deras, tim menurunkan Palsar air berupa perahu karet yang dilengkapi motor tempel Suzuki 40 PK. Pada saat jebolnya tanggul, SCRC membantu mengantarkan dokter untuk pemeriksaan pasien, dan pengiriman obat di Puskesmas Karang Harja, saat itu ketinggian air masih  1-2 meter  dan membantu  mengevakuasi beberapa warga yang masih terjebak banjir.  Menurut catatan SCRC ada 9 desa dan ribuan rumah yang terdampak.

Mengenai aktivitas kemanusiaan SCRC yang sangat positif ini, 4W Marketing Director SIS, Dony Saputra, menyampaikan dukungan dan apresiasi mendalam. “Kami berterima kasih kepada SCRC yang sigap membantu mengevakuasi korban bencana tanggul jebol di Bekasi beberapa waktu yang lalu. Kami akan terus mendukung seoptimal mungkin dalam memberikan bantuan. Semoga kegiatan ini dapat menguatkan kita dan membantu meringankan beban para korban,” ujarnya, Jumat (5/3).

Selain mendukung kegiatan SCRC, Suzuki Indonesia juga mengadakan program Suzuki Peduli Banjir sebagai bentuk kepedulian terhadap korban banjir di area Jabodetabek. Program yang berlangsung 1-10 Maret 2021 untuk pemilik mobil dan 3-6 Maret untuk pemilik sepeda motor ini memberikan layanan pemeriksanaan kendaraan yang terdampak banjir secara gratis, diskon biaya pengangkutan kendaraan, serta diskon suku cadang kendaraan.

SCRC senantiasa siaga membantu warga yang terdampak banjir di manapun. Ist

SCRC sendiri diresmikan pada 28 September 2019 di Jakarta sebagai organisasi klub otomotif yang berfokus pada layanan di bidang sosial dan kemanusiaan yang beranggotakan 14 klub mobil Suzuki resmi dan 300 anggota yang tersebar di seluruh Indonesia. Dalam menjalankan fungsinya sebagai tim rescue bagi masyarakat, SCRC selalu berkoordinasi dengan BNPB dan Basarnas terkait efektivitas pendataan serta rekomendasi prioritas agar bantuan yang diberikan tepat sasaran.

“SCRC juga akan terus berupaya menjadi mitra strategis bagi masyarakat, lembaga bencana nasional serta Pemerintah baik tingkat daerah maupun pusat untuk dapat membantu mengurangi beban sesama,” papar Rachmat Keliek Pangestu.

Tentang Suzuki Club Reaksi Cepat

Dibeberkannya, SCRC merupakan komunitas sosial yang terdiri dari 14 Klub Resmi Mobil Suzuki yang diwadahi PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) sebagai Agen Pemegang Merek (APM) Suzuki di Indonesia. Berdiri sejak 28 September 2019.

SCRC kini memiliki lebih dari 30.000 anggota yang tersebar di seluruh Indonesia dan fokus kepada kegiatan pokok di bidang Sosial Kebencanaan dengan bentuk khas kegiatan berupa kolaborasi penanganan bencana yang dijalankan oleh 14 klub Suzuki di berbagai wilayah jika terjadi bencana. Untuk keterangan lebih lanjut, silakan menghubungi Rachmat (Keliek) Pangestu lewat email: info@scrc.or.id atau 085211969627 (WA).

About Gatot Irawan

Check Also

Dealer Baru 3S Fuso di Tulang Bawang, Lampung

Lampung, NextID – PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), distributor kendaraan niaga Mitsubishi Fuso …

Leave a Reply