Home / Auto / MMKSI Kembali Gelar Kontes Nasional 2020 untuk Tingkatkan SDM Dealer
Inilah pemenang di kategori PDCA, di mana pemenangnya adalah mereka mengusung konsep kaizen/PDCA (Plan-Do-Check-Action), yaitu perbaikan terus-menerus di area yang bersentuhan dengan kepuasan pelanggan, berdasarkan situasi aktual yang ada di dealer, mencakup nilai perbaikan berkesinambungan dan melibatkan elemen SDM lainnya, mulai dari level operasional hingga manajemen. Ist

MMKSI Kembali Gelar Kontes Nasional 2020 untuk Tingkatkan SDM Dealer

Jakarta, NextID – PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) berkomitmen untuk terus meningkatkan layanan terbaiknya di dealer resmi guna memberikan kenyaman dan kepuasan kepada para pelanggan. Salah satu pendekatan yang dilakukan oleh MMKSI dalam meningkatkan layanannya adalah dengan mempertajam performa Sumber Daya Manusia (SDM) di seluruh dealer di Indonesia melalui Kontes National 2020. Acara ini juga hadir sebagai sarana MMKSI untuk memberikan aresiasinya kepada SDM di dealer yang mampu memberikan kualitas dan performa maksimalnya.

“Kontes National ini merupakan program tahunan kami dan salah satu bentuk konsistensi dan komitmen MMKSI dalam meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia di dealer kami. Tujuan dari ajang ini juga sebagai salah satu cara kami untuk mengapresiasi kinerja dealer yang telah memberikan performa terbaiknya untuk para konsumen terutama di masa pandemi ini yang menuntut para dealer untuk tetap menyuguhkan layanan unggulannya ditengah adaptasinya terhadap batasan dan situasi yang tidak pasti. Kami berharap ajang ini dapat memotivasi para SDM di dealer untuk terus meningkatkan performa dan kualitas seluruh proses pelayanannya guna menciptakan kepuasan bagi para pelanggan,” ujar Naoya Nakamura, Presiden Direktur MMKSI, Sabtu (27/3).

Dalam ajang ini, MMKSI menguji kemampuan SDM dealer pada unsur layanan sales, after sales, serta customer satisfaction dan ajang ini memiliki 3 kontes utama yakni Sales Apraisal Program (SAP) yang ditujukan untuk tenaga penjual dengan 3 level berbeda (Sales Force, Sales Supervisor, dan Sales Manager), Dealer PDCA Contest ditujukan bagi Customer Satisfaction Officer (CSO), dan CS Performance Program untuk dealer dengan layanan penjualan dan purna jual terbaik.

Guna mendapatkan pemenang dalam kontes ini, MMKSI melakukan beberapa tahapan seleksi yang diselenggarakan secara virtual sepanjang tahun 2020 dan tanggal 26 Maret 2021 menjadi puncak dari acara tersebut yang dikemas dalam agenda “Virtual Awarding Contest 2020” di mana MMKSI memberikan penghargaan bagi pencapaian yang dicapai oleh dealer selama kontes berlangsung. Pelaksanaan program ini sejalan dengan tagline “Drive Your Ambition” di mana MMKSI berharap dapat mendorong dealer resmi Mitsubishi Motors di seluruh Indonesia untuk memiliki ambisi dalam menghasilkan SDM yang berkualitas.

Sales Appraisal Program

Kategori Sales Appraisal Program (SAP) dalam kontes nasional menjadi agenda tahunan MMKSI untuk memotivasi tenaga penjual dealer kendaraan penumpang (PC) mulai dari level Sales Force, Sales Supervisor, dan Sales Manager untuk terus meningkatkan kualitas dan kuantitas penjualan serta memberikan kepuasan dan loyalitas pelanggan Mitsubihi Motors.

Selain itu, terdapat juga kategori Best Seller Competition Light Vehicle (BSC LCV) yang merupakan penghargaan kepada tenaga penjual dari dealer Kendaraan Niaga ringan (LCV) dimana pemenangnya masing- masing dari 4 region.

Poin-poin yang dievaluasi dalam kategori SAP untuk tenaga penjual meliputi produktivitas penjualan seorang sales force yang didukung oleh pengetahuan produk yang baik, kemampuan berkomunikasi dalam menjelaskan produk, serta kualitas pelayanan yang maksimal kepada seluruh pelanggan Mitsubishi Motors.

Di level Sales Supervisor dan Sales Manager, aspek evaluasi lebih ditekankan pada kepemimpinan di dalam tim (Team Leadership) serta pencapaian target penjualan (Target Achievement).

CS Performance Program 2020

Pada kategori CS Performance program, Penghargaan diberikan kepada team dealer dengan performa terbaik dalam aspek layanan Penjualan maupun Purna Jual.

Inilah pemenang Best Seller Competition LCV. Ist

Peserta CS Performance 2020 dibagi kedalam 4 grade berdasarkan volume penjualan di tahun 2019. Masing – masing Grade A hingga C untuk dealer kendaran penumpang (PC) dan Grade D khusus untuk dealer kendaraan Niaga ringan (LCV). Total peserta CS Performance program 2020 sebanyak 153 dealer di mana 116 dealer Kendaraan penumpang (PC) dan 37 Dealer Niaga Ringan (LCV).

Evaluasi CS Performance 2020, dibagi ke dalam 3 tahapan berdasarkan penilaian Telesurvey dan program MMKSI (SSI/CSI), keikutsertaan PDCA Contest, serta Self Audit yang dilakukan secara virtual.

Dealer PDCA Contest

Dealer PDCA Contest (Customer Satisfaction Officer) yang dilaksanakan tiap tahun bertujuan untuk meningkatkan kualitas layanan di dealer melalui CSO sebagai agen yang membawa perubahan. Kontes ini mengusung konsep kaizen/PDCA (Plan-Do-Check-Action), yaitu perbaikan terus-menerus di area yang bersentuhan dengan kepuasan pelanggan, berdasarkan situasi aktual yang ada di dealer, mencakup nilai perbaikan berkesinambungan dan melibatkan elemen SDM lainnya, mulai dari level operasional hingga manajemen.

Dalam kontes ini, CSO harus mampu menganalisa celah yang dapat diperbaiki berdasarkan observasi kondisi di dealer dengan data-data yang tersedia (termasuk suara pelanggan), membuat & menjalankan rencana perbaikan di dealer, lalu mengevaluasi hasil perbaikan yang sudah dijalankan.

Seluruh proses kontes dan penjurian tahun ini telah dilakukan secara terpisah hingga awal Maret 2021. Nama pemenang diumumkan pada sesi awarding ceremony dan penghargaan diserahkan secara terpisah ke masing masing dealer pemenang.

Daftar Pemenang Sales Appraisal Program:

Sales Force

  • Juara 1 Tia Puspita Sari dari dealer PT Sun Star Prima Motor – Fatmawati
  • Juara 2 Ahmad Permana dari dealer PT Bumen Redja Abadi – Sidoarjo
  • Juara 3 Wawan kurniawan  dari dealer PT Suryaputra Sarana – Cirebon

Sales Supervisor

  • Juara 1 Dani Ferdinand dari dealer PT Wicaksana Berlian Motors – Bandung (A. Yani)
  • Juara 2 Indah Astuti dari dealer PT Barito Berlian Motor – Banjarbaru
  • Juara 3 Adek Siti Rahmadani PT Suka Fajar – Pekanbaru

Sales Manager

  • Juara 1 Indah Novita dari dealer PT Bumen Redja Abadi  – Tebet
  • Juara 2 Restu Dian Andriana dari dealer PT Sun Star Motor – Solo
  • Juara 3 Fenty Zahra dari dealer PT Bumen Redja Abadi – Denpasar (Gatsu)

BSC LCV

  • Juara Reg. 1 Silvia Chandra dari dealer PT DIPO – Pluit
  • Juara Reg. 2 Nur Aziz dari dealer PT Bumen Redja Abadi – Magelang
  • Juara Reg. 3 Ayang Nadia dari dealer PT Sardana Indah Berlian Motor – Medan
  • Juara Reg. 4 Hamri dari dealer PT Mahakam Berlian Samjaya – Samarinda (Sempaja)

Daftar Pemenang Dealer PDCA Contest 2020

  • Juara – Grade A, Fairuz dari dealer PT. Sun Star Motor  – Solo (Kol. Sutarto)
  • Juara – Grade B, Sri Utami dari dealer PT. Sun Star Motor – Kediri
  • Juara – Grade C, Nazar Reagan dari dealer PT. Bosowa Berlian Motor – Manado
  • Juara – Grade D, Rustin Mei Arista dari dealer PT. Srikandi Diamond Indah Motor  – Tuban

Daftar Pemenang Dealer CS Performance 2021

  • Juara Nasional – Vina Febriana dari dealer PT. Sun Star Motor – Probolinggo
  • Juara – Grade A, Fairuz dari dealer PT. Sun Star Motor  – Solo (Kol. Sutarto)
  • Juara – Grade B, Yulistia Fatmawati dari dealer PT. Bumen Redja Abadi – Sidoarjo
  • Juara – Grade C, Vina Febriana dari dealer PT. Sun Star Motor – Probolinggo
  • Juara – Grade D, Irine Nurul Fiani dari dealer PT. Sun Star Motor – Sidoarjo

About Gatot Irawan

Check Also

All New Honda Civic RS Tampil di Mandalika Track Day 2022

Kuta Mandalika, NextID – All New Honda Civic RS tampil menjadi Safety Car di acara …

Leave a Reply