Home / Auto / Daihatsu Berkomitmen Produksi Mobil yang Ramah Lingkungan
Daihatsu Rocky, salah satu produk yang menerapan platform baru berbasis DNGA (Daihatsu New Global Architechture), sehingga kendaraan memiliki bobot yang lebih ringan, tangguh, dan hemat bahan bakar; serta penggunaan material yang tepat agar lebih ramah lingkungan sesuai dengan regulasi negara tujuan. Ist

Daihatsu Berkomitmen Produksi Mobil yang Ramah Lingkungan

Jakarta, NextID – Daihatsu Indonesia menggelar acara menarik pada Jumat (19/2) secara virtual, bertema “Kebijakan Uji Emisi & Sales Update Januari 2021.” Di acara tersebut terungkap Daihatsu selalu berusaha memberikan produk terbaik dengan standar kualitas global berteknologi terkini, fun to drive, mudah dalam perawatan, harga terjangkau, serta selalu mengembangkan kendaraan dengan tingkat emisi serendah mungkin agar lebih ramah lingkungan, sehingga dapat berkontribusi dalam mewariskan lingkungan dan udara bumi yang lebih sehat untuk generasi masa depan.

Keseriusan Daihatsu, bentang Soni Satriya, Executive Coordinator Engineering Division R&D (Research & Development) PT Astra Daihatsu Motor (ADM), dalam mengembangkan kendaraan ramah lingkungan diimplementasikan melalui 2 cara. Pertama, dengan menyediakan fasilitas uji emisi yang terdapat di ADM, yang telah bersertifikasi internasional, dan menjadi satu-satunya fasilitas uji emisi yang terlengkap dan pertama di Indonesia sampai dengan EURO 6, sehingga Daihatsu menjamin semua modelnya telah lulus tes uji emisi dan ramah lingkungan. “Hal ini dibuktikan melalui produk ADM yang telah dieskpor sampai ke 75 negara di dunia mulai dari Asia, Timur Tengah, Afrika, hingga Amerika Latin dimana tiap negara memiliki regulasi standar emisi yang berbeda,” sebut Sony Satriya.

Kedua, lanjutnya, menerapkan Green Technology secara global pada produk Daihatsu, seperti Super Intelligent Catalyst yang mampu melakukan self regeneration, sehingga bebas perawatan; penerapan platform baru berbasis DNGA (Daihatsu New Global Architechture), sehingga kendaraan Daihatsu memiliki bobot yang lebih ringan, tangguh, dan hemat bahan bakar; serta penggunaan material yang tepat agar lebih ramah lingkungan sesuai dengan regulasi negara tujuan.

Selain fasilitas dan teknologi terkini yang dimiliki, Daihatsu juga berikan beberapa tips untuk mengajak pelanggan turut aktif berkendara yang ramah lingkungan ala Daihatsu dengan cara:

  • Perawatan berkala tepat waktu, seperti mengganti oli tepat waktu, penggantian filter udara tepat waktu, membersihkan kerak ruang bakar, selalu perika tekanan ban
  • Menggunakan bahan bakar berkualitas, yaitu bahan bakar tanpa timbal, dan memilih RON bahan bakar sesuai rekomendasi
  • Menerapkan teknik mengemudi Eco-driving, seperti menggunakan fitur Eco-driving, mengoptimalkan penggunaan AC, menghindari akselerasi mendadak, mengurangi kondisi idle
  • Memilih rute jalan yang efisien, memiliki alternatif rute jalan lain, dan tercepat, serta menghindari kemacetan

Komitmen Daihatsu ini sejalan dengan Peraturan Gubernur Nomor 66 Tahun 2020, Pemerintah DKI Jakarta yang mewajibkan kendaraan bermotor yang beroperasi di DKI Jakarta, lulus uji emisi Gas Buang kendaraan, dan mulai berlaku pada 24 Januari 2021 lalu.

“Daihatsu berkomitmen untuk memberikan produk dengan standar kualitas global yang terbaik untuk pelanggan, dan lingkungan. Kami berharap, melalui sharing informasi ini, pelanggan juga dapat menerapkan tips berkendala yang ramah lingkungan ala Daihatsu agar pelanggan dapat berkendara secara aman, nyaman, dan juga membawa dampak positif untuk lingkungan kita agar lebih sehat,” ujar  Sony Satriya.

Penjualan Naik

Sementara itu di acara yang sama Hendrayadi Lastiyoso dari PT Astra International – Daihatsu Sales Operation (AI-DSO), memaparkan performa penjualan Daihatsu menutup bulan Januari 2021. Daihatsu merilis capaian penjualannya dengan catatan yang cukup baik di tengah kondisi pandemi Covid-19 yang masih berlangsung hingga saat ini. Capaian ini diharapkan menjadi langkah awal yang baik dan menjadi sinyal positif untuk pemulihan pasar otomotif tahun 2021 ini.

Dalam 2 tahun terakhir, pasar otomotif pada 2020 mengalami penurunan sebesar 45% bila dibandingkan dengan 2019 akibat kondisi pandemi. Berdasarkan data Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia), pasar otomotif diperkirakan akan naik 30% dengan volume total sebanyak 750 ribu unit pada 2021 dibanding 2020 dengan volume sekitar 570 ribuan. Namun peningkatan pasar otomotif tahun 2021 ini belum dapat sepenuhnya normal kembali level market-nya seperti pada 2019 lalu.

“Secara nasional, penjualan ritel otomotif Indonesia pada Januari 2021 mencapai sekitar 53 ribu unit atau turun sekitar 21,4% dibandingkan pada Desember 2020 sekitar 68 ribu unit. Sementara itu, untuk penjualan ritel Daihatsu mencapai 9.528 unit, atau naik sebesar 3,5% daripada Desember 2020 sebanyak 9.203 unit,” papar Hendrayadi.

Gran Max Pick-Up, salah satu model yang mendominasi penjualan.

Dari peningkatan penjualan ritel di atas, juga berdampak pada kenaikan market share Daihatsu pada Januari 2021 dengan kontribusi market share sebesar17,6%, naik sebesar 4,2% dibanding Desember 2020 lalu sebesar 13,4%.

Sebagaimana diketahui, penjualan ritel Daihatsu pada Januari 2021 didominasi oleh 3 model utama, yaitu Gran Max Pick-Up sebanyak 3.046 unit atau berkontribusi sekitar 32%, disusul Sigra 2.218 (23,3%), dan Terios 1.377 unit (14,5%). Kemudian, menyusul Ayla sebanyak 1.187 unit (12,5%), Gran Max Mini Bus 868 unit (9,1%), Xenia 654 unit, dan model lainnya, yakni Luxio, dan Sirion sebanyak 178 unit (1,9%).

Sebagaimana diketahui, secara nasional capaian penjualan 2020 lalu juga menjadi catatan penting bagi Daihatsu, karena berhasil mempertahankan posisi ranking 2 selama 12 tahun berturut-turut dalam penjualan ritel otomotif nasional sejak 2009.

“Daihatsu bersyukur dapat mengawali tahun 2021 dengan pencapaian yang lebih baik dibandingkan bulan Desember 2020 lalu dengan kenaikan penjualan ritel sebesar 3,5% dan kenaikan market share 4,2%. Kami yakin, pasar otomotif tahun ini akan lebih baik daripada tahun sebelumnya,” tutupnya.

About Gatot Irawan

Check Also

All New Honda Civic RS Tampil di Mandalika Track Day 2022

Kuta Mandalika, NextID – All New Honda Civic RS tampil menjadi Safety Car di acara …

Leave a Reply