Home / LifeStyle / Leisure / Corp / Konservasi Penyu Daihatsu Raih Penghargaan di Astra Corporate Affairs
Konservasi Penyu untuk Indonesia di Pantai Pasir Jambak. Ist

Konservasi Penyu Daihatsu Raih Penghargaan di Astra Corporate Affairs

Jakarta, NextID – PT Astra International Tbk selenggarakan penghargaan Astra Corporate Affairs Awards 2020 secara virtual, pada Jumat, 8 Januari 2021, Ajang ini merupakan momen bergengsi pemberian apresiasi bagi seluruh inovasi program unggulan di bawah Corporate Affairs Grup Astra di bidang EHS (Environment, Health, & Safety), CSR (Corporate Social Responsibility), Security, dan Corporate Communication.

Tahun ini PT Astra Daihatsu Motor (ADM) meraih penghargaan pada kategori AFC (Astra Friendly Company), dalam sub kategori Conservation and Biodiversity, dengan mengusung program Penyu Untuk Indonesia. Program ini merupakan salah satu program CSR unggulan ADM dalam pelestarian Penyu sebagai satwa langka yang hampir punah.

Daihatsu telah memulai keseriusannya dalam mendukung pelestarian penyu di Indonesia ini sejak tahun 2011. Dalam sepuluh tahun, Daihatsu sudah merangkul enam konservasi penyu di berbagai wilayah Indonesia, yakni: Perancak, Bali; Batu Hiu, Pangandaran; Pasir Jambak, Padang; Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu; Pantai Binasi, Tapanuli Utara; dan Alun Utara, Bengkulu.

Piagam yang diraih ADM pada gelaran Astra Corporate Affairs Awards 2020. Ist

Secara konsisten, Daihatsu memberikan dukungan bagi konservasi-konservasi penyu mitra Daihatsu melalui pembangunan fasilitas dan dukungan usaha bagi masyarakat setempat. Dengan adanya konservasi ini, selain mendukung pelestarian penyu di Indonesia, juga menjadi tempat wisata dan edukasi bagi pengunjung.

“Saya sangat senang ada konservasi penyu di Pasir Jambak, setiap hari libur bisa ajak keluarga main ke pantai, dan ikut melepas penyu saat ada yang menetas. Yang paling menarik itu di sini adalah cerita perjuangan mendirikan konservasi penyu ini, luar biasa..!” ujar Linda (53), seorang warga Padang yang sangat peduli dengan pelestarian penyu.

Dia beserta keluarga sering berpartisipasi untuk pelestarian penyu di Kota Padang. “Saya salut, Daihatsu ikut  membantu pelestarian penyu di Kota Padang, semoga terus menerus memberikan perhatian untuk konservasi penyu,” ucapnya.

Untuk tetap menjaga awareness masyarakat, khususnya di masa pandemi ini, Daihatsu secara aktif terus mengajak masyarakat untuk mengenal lebih dekat dan memahami pentingnya pelestarian penyu di Indonesia menggunakan wadah digital. Berbagai informasi disampaikan melalui Instagram @daihatsuind, mulai dari pengetahuan tentang penyu dan kehidupannya, dan memperkenalkan konservasi penyu mitra Daihatsu serta aktivitas dan fasilitas yang ada di dalamnya.

“Tentunya Daihatsu akan terus berinovasi dalam mengembangkan program Penyu Untuk Indonesia. Bekerja sama dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan, serta Balai Taman Nasional Kepulauan Seribu, Daihatsu terus berkomitmen menjaga dan melestarikan salah satu warisan dunia dan ikon keanekaragaman hayati Indonesia ini,” ujar Yoga D. Suryawan, Kepala Divisi General Affairs ADM, Rabu (20/1).

About Gatot Irawan

Check Also

Daihatsu Luncurkan Fasilitas Pelatihan Manufaktur Jawa Barat dan Yogyakarta

Jakarta, NextID – PT Astra Daihatsu Motor (ADM) meresmikan fasilitas DOJO Center atau pusat pelatihan …

Leave a Reply