Home / Auto / Kompetisi Mekanik Kelas Dunia di Era Pandemi
Kemenangan tim mekanik Isuzu Indonesia merupakan bukti Isuzu Indonesia terus-menerus berupaya memberikan pelayanan terbaik di after sales service Ist

Kompetisi Mekanik Kelas Dunia di Era Pandemi

Jakarta, NextID – Pada 27 November 2020, Isuzu Motor Ltd mengadakan kompetisi I-1 Grand Prix,  sebagai ajang kompetisi teknisi Isuzu Global dengan tujuan meningkatkan kemampuan teknik individu dan tim dari masing-masing dealer Isuzu Group. Kompetisi yang biasanya diadakan di Isuzu Manufacturing Service Training Center (MSTC), Fujisawa, Kanagawa, pada tahun 2020 ini harus dilaksanakan secara virtual atau e-competition dikarenakan pandemi Covid19. Hal ini didasarkan semangat Isuzu untuk tetap terus mengembangkan sumber daya manusia dan memberikan apresiasi yang tinggi khususnya kepada mekanik terbaiknya melalui kompetisi I-1GP.

Dibandingkan tahun sebelumnya tentu saja sistem perlombaan tahun ini terjadi perubahan. Pada tahun-tahun sebelumnya kompetisi dibedakan antara negara-negara maju dan negara berkembang, sedangkan pada tahun ini kompetisi yang diikuti oleh 44 negara (1 negara diwakilkan 2 mekanik) dari seluruh dunia tidak terdapat pemisahan kategori.

Dari Indonesia diwakilkan oleh Engkus Setiadi (Teknisi) dari Astra Isuzu Cirebon dan Rakhmad Bastian (Teknisi) dari dealer Dwijaya Isuzu Mojokerto. Pada tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya, tidak terdapat Coach dari PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI), hanya mekanik yang terjun langsung pada kompetisi.

Pada e-competition ini terdapat beberapa jenis kompetisi, yaitu

Technical Knowledge E-Competition, kompetisi kemampuan pengetahuan tentang teknik otomotif; dan Virtual Diagnosis E-Competition, yaitu kemampuan diagnosa dan problem solving atas trouble yang terjadi pada kendaraan (trouble pada kendaraan disimulasikan dalam bentuk virtual).

Untuk Kategori kompetisi dibagi menjadi team competition dan individual competition, di mana yang dikompetisikan sama yaitu tehnical knowledge dan virtual diagnosis, perbedaannya, untuk team adalah hasil akumulasi dari kedua technician, sedangkan individual adalan pencapaian nilai tertinggi dari masing-masing teknisi.

Pada Jumat (11/12) kemarin diumumkan Pemenang dari I-1GP untuk kategori

TEAM

  • Taiwan
  • Japan
  • Phillipines
  • Egypt
  • INDONESIA
  • Guatemala

INDIVIDUAL

  • Japan
  • Taiwan
  • Costa Rica
  • Phillipines
  • Taiwan
  • INDONESIA – atas nama Rakhmad Bastian

Terdapat satu lagi kategori lomba baru yang diadakan pada tahun ini yaitu Supporter Contest, di mana setiap negara diminta untuk membuat video kreatif yang bertemakan dukungan terhadap negara masing-masing yang berlaga di I-1GP, pemenang ditentukan oleh jumlah vote terbanyak selama periode tertentu. Indonesia mendapatkan Juara kedua setelah Bangladesh.

Benny Dwyanto, GM Service Divison PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) mengatakan, persiapan kompetisi I-1GP tahun ini lebih menantang daripada tahun-tahun sebelumnya, karena harus beradaptasi dengan cara yang baru. “Peserta ditantang untuk terbiasa dengan cara baru via digital, sehingga kemampuan diagnosa dan skill saja tidak mencukupi. Pada kompetisi ini, di mana tidak ada pengkategorian negara, maka semua negara memiliki kesempatan yang sama, everybody started from zero,” bebernya, Jumat (11/12).

Untuk pemilihan peserta pun IAMI harus melakukan adaptasi baru. Sebelumnya, IAMI  melaksanakan kompetisi yang sama untuk tingkat Nasional, di mana pemenang dari kompetisi ini harus melakukan masa karantina berlatih dan belajar selama 2 bulan. “Pada tahun ini karantina juga dilakukan secara virtual dari dealer masing-masing, yang dipandu oleh pelatih dari IAMI selama 6 minggu untuk selanjutnya diundang ke Training Center IAMI untuk masa pemantapan selama 2 minggu,” jelas Fuad Hasyim Training Center Head IAMI.

“Kemenangan tim mekanik Isuzu Indonesia merupakan bukti kami terus-menerus berupaya memberikan pelayanan terbaik di after sales service , didukung oleh mekanik-mekanik yang handal, kualitas yang diakui oleh international dan fokus kepada kebutuhan pelanggan dalam perjalanan bisnisnya,” ujar Ernando Demily President Director IAMI.

About Gatot Irawan

Check Also

Asyik, Distribusi Jimny 5-door Berjalan Lancar

Jakarta, NextID – Telah genap dua bulan sejak diluncurkan pada medio Februari lalu, PT Suzuki …

Leave a Reply