Home / Auto / TRABAS Punya Pengurus Baru!
Pengurus TRABAS 2020-2023 dilantik. Ist

TRABAS Punya Pengurus Baru!

Jakarta, Tahun 2020 ini merupakan ulang tahun perak (25 tahun) TRABAS (Trail Adventure Bandung Assosiation) – Komunitas Motor Trail pertama di Indonesia. Berdiri sejak 1995 tepatnya 15 September. Pendirinya 5 orang, yaitu Jerry Sigit (Jerry Snake), Soebhan MD (Hans Modja), Iwan Sumekar (Ableh), Arya Kamijaya (almarhum) dan Adi Siswandi (almarhum). TRABAS telah memiliki anggota lebih dari 1.000 orang yang berasal dari berbagai daerah, baik di Jawa Barat, Indonesia maupun luar negeri.

TRABAS adalah komunitas trail pertama yang melakukan perekrutan anggota baru dengan pendidikan dan latihan (Diklat Trabas). TRABAS sudah memiliki 10 angkatan, yang tiap anggota dibekali banyak pengetahuan cara bermain motor trail yang aman.

TRABAS bukan hanya sekadar komunitas hobi motor trail saja, tetapi TRABAS juga menjaga lingkungan, membantu melindungi hutan atau wilayah yang tidak diperbolehkan dan di sisi sosial selalu membantu korban bencana alam, masyarakat di sekitar pegunungan yang sering terlewati.

Sejarah kembali terukir setelah H. Rio Teguh Pribadi terpilih secara aklamasi menjadi Ketua Umum TRABAS 2020-2023 pada Musyawarah Anggota TRABAS 2020 yang dilaksanakan pada 16 September 2020 di Gedung Senbik Bandung.

Tetapi barulah pada Jumat, 13 November 2020 Pengurus TRABAS 2020-2023 dilantik dan siap membantu mewujudkan visi dan misi kepengurusan yang baru ini dilaksanakan di Hotel Grand Serela Bandung.

“Kepengurusan kami tidak hanya diisi oleh anggota senior tetapi angkatan muda pun saya libatkan sebagai tahap regenerasi untuk ke depan. Dengan menyesuaikan kebutuhan struktur organisasi kepengurusan lebih spesifik, berharap lebih dinamis dan bermanfaat untuk anggota dan masyarakat,” papar Rio Teguh yang pernah menjadi Ketua IMI Jabar 2012-2016.

Dalam pidato perdananya dihadapan pendiri, dewan penasihat dan Pembina, Rio meyampaikan apresiasi kepada para pendiri dan para ketua sebelumnya yang telah membawa TRABAS menjadi sebesar ini dan dia berkeinginan membawa TRABAS menjadi semakin lebih baik untuk ke depan dengan program kerja yang sudah diagendakan, mulai dari menjadikan TRABAS memiliki sumber pendapatan sendiri, melaksanakan kegiatan-kegiatan yang lebih menarik untuk anggota dan masyarakat penghobi motor trail.

Selain itu Rio Teguh membeberkan misi komunitas, di antaranya mengoptimalkan kegiatan sosial, kegiatan internal dan eksternal serta memperbanyak kegiatan seperti Trabas Merdeka, Enduro Race dan Ulin Bareng. Menurutnya, peranan media, baik media sosial di internal maupun eksternal serta media-media lainnya akan menginformasikan TRABAS lebih dikenal secara positif oleh masyarakat umum. Bersinergi dengan program pemerintah yang sifatnya daerah maupun nasional, contohnya dengan BNBP sebagai team gabungan.

About Gatot Irawan

Check Also

Dealer Baru 3S Fuso di Tulang Bawang, Lampung

Lampung, NextID – PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), distributor kendaraan niaga Mitsubishi Fuso …

Leave a Reply