Home / Auto / Touring Akbar BMW GS!
Tahun lalu, kegiatan itu dilakukan di Jawa Barat, dan sekarang kembali menyusuri wilayah itu. Dengan beragam jalur yang dihadapi, mulai dari jalanan lurus, tanjakan, turunan dan menikung, on-road dan off-road. Ist

Touring Akbar BMW GS!

Jakarta, NextID – BMW Motorrad Indonesia mengadakan sebuah touring sepeda motor unik yang dipadu dengan kegiatan menjelajah alam Indonesia sebagai sebuah kegiatan untuk memperingati 75 Tahun Indonesia merdeka dan 40 Tahun produksi tipe GS.

GS memiliki singkatan bahasa Jerman yaitu Gelande/Strasse (tanah/jalanan). Perpaduan turing dan perayaan kemerdekaan dirasa menarik untuk dapat menggelar kegiatan touring tahunan bertajuk BMW Motorrad Independence GS Funride 2020.

Berlangsung sejak 6 Agustus hingga 10 Agustus 2020, touring tersebut diikuti 20 peserta menggunakan berbagai tipe GS yang beredar di Tanah Air, mulai dari G 310 GS, F 750 GS dan F 850 GS dan R 1250 GS.

CEO Maxindo Moto-BMW Motorrad Indonesia, Joe Frans mengatakan, kegiatan rutin tahunan ini merupakan acara yang wajib dilakukan agar dapat memberikan sesuatu yang terbaik bagi pengguna BMW Motorrad.

“BMW GS ini motor yang sangat tangguh, perlulah diuji, di medan on-road dan juga off-road. Touring kali ini keduanya ada di dalam perjalanan ini,” imbuh Joe Frans.

Dia menambahkan, dalam perjalanan selama tiga hari itu, seluruh peserta menyusuri rute-rute eksotik di pesisir selatan Pulau Jawa. Selain menikmati beragam jalur menantang pemicu adrenalin, mereka akan disuguhi lokasi-lokasi menarik di sepanjang perjalanan.

“Tahun lalu, kegiatan itu kami lakukan di daerah Jawa Barat, dan sekarang kembali menyusuri wilayah itu. Dengan beragam jalur yang bakal dihadapi, mulai dari jalanan lurus, tanjakan, turunan dan menikung, on-road dan off-road, seluruh peserta bakal melihat secara langsung keindahan alam Indonesia,” imbuh Joe Frans.

Semua peserta bisa menikmati perjalanan ini karena melewati kebun teh, hutan, sawah, gunung, bukit, laut air terjun, lapangan terbang dan berakhir sungai. Ist

Di antara para peserta ada beberapa public figure yang tentunya tidak asing di layar kaca TV, turut ambil bagian dalam turing kali ini. Mereka adalah Nikita Mirzani, Ferry Maryadi, Kevin Julio dan Sabrina Sameh, serta Eddi Brokoli yang menginisiasi perjalanan kali ini.

Eddi mengatakan, dinamakan fun ride bertujuan untuk mengeksplorasi daerah-daerah wisata yang ada di wilayah Jawa Barat, seperti Ciwidey, Ranca Buaya, dan Santolo.

Menurutnya, rute-rute yang bakal dilewati oleh para peserta cukup mewakili rasa penasaran peserta akan ketangguhan BMW GS miliknya, baik di medan on-road maupun off-road.

“Kita juga memasuki spot yang belum diketahui masyarakat luas, yaitu Cigugur. Di sana terdapat sungai yang sangat bersih dan belum terjamah sama sekali, karena baru dibuka jalan ke dalamnya dengan jalur yang sangat menantang,” tambah Eddi.

“Semoga semua peserta bisa menikmati perjalanan ini karena melewati kebun teh, hutan, sawah, gunung, bukit, laut air terjun, lapangan terbang dan berakhir sungai. Semoga dapat fun ride-nya dan menyenangkan,” lanjutnya.

Seluruh peserta memulai perjalanan di hari pertama dari Ciwidey Valley Resort, Bandung, Jawa Barat, tepat pukul 07.00 WIB, dengan titik pemberhentian terakhir di Pantai Rancabuaya.

Sebelum perjalanan dimulai, para peserta melakukan pengecekan awal tunggangan masing-masing, sekaligus mempersiapkan riding gear yang nyaman dan aman (safety).

Setelah itu, perjalanan pun dimulai menyusuri perkebunan teh Rancabali di ketinggian 1.200 meter di bawah permukaan laut (mdpl) itu. Otomatis, hembusan angin sejuk terus menemani perjalanan seluruh peserta di kawasan tersebut.

Terus melewati jalanan berkelok-kelok ditemani hamparan persawahan yang indah di sisi kanan-kiri jalan, rombongan pun menuju check point pertama yaitu di Cidaun, untuk mengisi bahan bakar dan beristirahat sejenak.

Rehat selesai, rombongan kembali melanjutkan perjalanan menuju Negla Beach Resort, Pantai Ranca Buaya. Pantai ini kerap kali dijadikan destinasi pilihan bagi banyak orang yang menyukai petualangan berkendara, khususnya sepeda motor.

Sesampainya di sana, seluruh peserta kembali beristirahat dan makan siang, untuk nantinya dilanjutkan dengan agenda kegiatan seru. Dua item acara dilaksanakan yaitu fun race di area Santolo, Pameungpeuk.

Menggunakan area bekas landas pacu Pangkalan Udara Pameungpeuk (ex Santolo Airfield), diadakan permainan seru untuk seluruh peserta.

Usai permainan seru dilaksanakan, rombongan beranjak menuju titik akhir seluruh perjalanan yaitu menikmati matahari terbenam di atas Bukit Leuweung Datar.

Seluruh keindahan terbenamnya matahari di atas bukit itu diabadikan para peserta baik lewat kamera maupun gawai masing-masing, sebelum kembali menuju hotel.

Pantai ini kerap kali dijadikan destinasi pilihan bagi banyak orang yang menyukai petualangan berkendara, khususnya sepeda motor. Ist

Hari ke-2, Ranca Buaya – Batu Karas

Perjalanan di hari kedua, rombongan menuju Batu Karas, dengan melewati beberapa lokasi sebagai check point yaitu di Miramare – Pamayangsari dan Cigugur, di kawasan Pantai Pangandaran.

Cigugur dapat dikatakan sebagai daerah yang jarang disinggahi wisatawan, karena lokasinya hanya sedikit orang yang mengetahuinya. Trek tanah ‘bersahabat’ namun kecil plus dikelilingi hutan, menjadi pertimbangan wisatawan untuk mendatanginya.

Usai menikmati keindahan ‘surga’ yang tersembunyi tersebut, rombongan akhirnya menuju titik pamungkas seluruh perjalanan sejauh sekitar 200 km tersebut di Shane Josa Resort.

Acara ditutup dengan pesta barbeque, sekaligus memutar seluruh momen-momen terbaik lewat slide show foto dan video pilihan dari awal hingga akhir BMW Motorrad Independence GS Funride 2020.

About Gatot Irawan

Check Also

All New Honda Civic RS Tampil di Mandalika Track Day 2022

Kuta Mandalika, NextID – All New Honda Civic RS tampil menjadi Safety Car di acara …

Leave a Reply