Home / Tech / Hino Connect, Sentuhan Personal dengan Teknologi Informasi.
New Dutro_HD Dump, pun siap menggunakan B30. Ist

Hino Connect, Sentuhan Personal dengan Teknologi Informasi.

Jakarta, NextID – Hino mendukung setiap kelancaran dari bisnis pelanggan, ini merupakan filosofi dasar dari Total Support yang selalu Hino pegang teguh untuk kemajuan dan tumbuh bersama dalam bisnis antara Hino dan pelanggan. Memasuki tahun 2020, Hino melengkapi produknya dengan Hino Connect yaitu sebuah fitur telematics system yang memberikan efisensi bisnis. Dimana dengan Hino Connect, customer dapat lebih mudah mengatur manajemen operasional armadanya. Customer dengan mudah dapat mengetahui lokasi armadanya sehingga dapat memprediksi waktu tiba di tujuan atau Expected to Arrive (ETA) dengan demikian akan meningkatkan efisiensi armada.

Selain manajemen operasional, fitur Hino Connect juga membantu dalam manajemen pengemudi, dimana dengan fitur ini menghasilkan data – data seperti perilaku supir mengemudi, durasi waktu mengemudi, dan mendeteksi kondisi kendaraan berhenti atau bergerak. Dengan manajemen pengemudi ini memberikan keuntungan bagi customer karena data – data yang dihasilkan berguna untuk meningkatkan efisiensi biaya operasional seperti bahan bakar

Tidak hanya dua aspek diatas, Hino Connect juga memiliki kelebihan untuk manajemen kendaraan. Customer dapat memperoleh pengingat untuk perawatan berkala armadanya, karena Hino Connect akan memberikan data jarak tempuh setiap unit, sehingga perawatan kendaraan dapat dilakukan secara tepat waktu dan kendaraan Hino akan terus terjaga dan terawat tanpa khawatir lupa melakukan servis kendaraan. Dengan fitur – fitur mumpuni yang dimiliki oleh Hino Connect membuat armada semakin terawat, harga jual semakin meningkat dan bisnis semakin kuat.

Fitur Hino Connect sudah tersemat pada kendaraan Hino di tahun produksi 2020 atau VIN 2020. Fitur ini dapat digunakan secara gratis oleh konsumen selama 5 tahun dan didukung juga oleh tenaga – tenaga su  pporting yang terdapat pada dealer – dealer, dimana setiap dealer memiliki Hino Telematic Officer (HTO) yang siap melayani segala kebutuhan mengenai Hino Connect.

Lebih Nyaman

Selain kedua kesiapan produk Hino di atas yaitu B30 dan Hino Connect. Pada tahun ini, Hino terus melakukan improvement pada fitur-fitur kendaraan di tahun 2020. Seperti pada line up produk untuk segmen bisnis cargo, baik itu Hino Dutro maupun Hino Ranger sudah dilengkapi dengan rear camera yang membantu pengemudi melihat kondisi di belakang kendaraan. Rear camera ini membantu pengemudi ketika mundur atau parkir sehingga lebih aman dan mencegah kecelakaan kerja ketika loading barang.

Pada Hino Ranger juga diaplikasikan side under mirror untuk mengurangi bagian yang tidak terlihat atau blind spot, hal ini untuk membantu keselamatan bagi pengendara di sekitarnya dan juga keamanan pengemudi itu sendiri. Khusus kendaraan Hino Ranger segmen kargo yang umumnya melakukan perjalanan jarak jauh untuk mengantar logistik keberbagai tempat di penjuru Indonesia. Hino juga melengkapi untuk varian ini dengan Air Seat Suspension, sehingga pengemudi dapat mengatur sendiri kursi kemudinya untuk mendapatkan kenyamanan selama di perjalanan dan tentu ini berguna untuk mengurangi lelah ketika mengemudi.

Hino merupakan produsen kendaraan komersial pertama di dunia yang mengembangkan mesin common rail. Sejak tahun 1995 Hino Motor Limited (HML), Japan terus mengembangkan mesin Hino common rail untuk menghasilkan efisiensi bahan bakar yang lebih baik. Customer tidak perlu khawatir akan ketangguhan dan efisiensi mesin common rail Hino, karena ini sudah dibuktikan pada  produk-produk yang sudah beroperasi di Indonesia. Seperti Hino Bus RN 285 common rail yang dimiliki oleh PO Sinar Jaya dan PO Harapan Jaya, armada-armadanya berhasil menempuh jarak 1.000.000 KM tanpa sekalipun dilakukan over haul. Bus-bus ini merupakan kendaraan yang setiap harinya menempuh rute Tol Trans Jawa yang melayani berbagai tujuan ke kota – kota di Pulau Jawa.

Selain bus, Hino700 series juga tidak pernah mengalami kendala yang berarti, sejak tahun 2011 menggunakan mesin common rail di area pertambangan, truk ini tidak pernah mengalami kendala sama sekali ketika beroperasi. Begitupun dengan Hino Dutro yang sedang dalam tahap uji menggunakan mesin common rail, di mana hasil uji yang dilakukan sejak April 2019, Hino Dutro berhasil dan memperoleh hasil yang baik untuk mengangkut beban yang berat dan jarak tempuh yang jauh. Hasil ini membuat Hino tidak perlu diragukan lagi mengenai kualitas dan ketangguhannya dalam mesin common rail, sehingga customer tidak perlu khawatir lagi karena mesin common rail Hino lebih efisien.

mengungkapkan “Kami memiliki rasa optimisme di 2020 akan lebih baik lagi. Fokus pemerintah dalam pembangunan infrastruktur, kami yakini dapat memberi dampak pada naiknya penjualan. Target kami ditahun ini bisa mempertahankan posisi sebagai market leader dengan market share untuk Ranger 65% dan Dutro tumbuh menguasai 25%,” ujar Masato Uchida, COO HMSI, Kamis (23/1).

 

About Gatot Irawan

Check Also

HondaJet Echelon: Jet Ringan dengan Teknologi Terdepan

Las Vegas, NextID – Honda Aircraft Company memperkenalkan pesawat jet terbaru dengan nama HondaJet Echelon …

Leave a Reply