Sunday , 1 August 2021
Home / Auto / “Setiap Orang Bisa Balap”
Adu lihai dan jago dalam balapan satu merek: Brio. Ist

“Setiap Orang Bisa Balap”

Jakarta, NextID – Judul di atas aslinya “Everyone Can Race” memang slogan anyar dari PT Honda Prospect Motor (HPM) yang menawarkan program khusus pembelian All New Brio yang bakal dipakai balapan Honda Brio Speed Challenge (HBSC) pada 2020 mendatang.

Nah, gelaran adu balap mobil yang sering diikuti Honda, apakah mampu mendongkrak penjualan? Inilah jawaban Yulian Karfili – Public Relation & Digital Manager HPM di tengah acara BSD Grand Prix, Minggu (1/12). “Eksistensi Honda di kancah motorsport sama sekali tidak ada urusannya dengan penjualan produk. Honda aktif di kancah balap karena DNA Honda lebih mengarah ke sporty dan racing,” tegas Arfi, panggilannya.

“Honda itu pertama ikut balapan untuk mengembangkan teknologi, maka dibuatlah mobil dan memang selalu diuji di lintasan balap,” ujarnya.

Nah, tambah Arfi, ajang balap menjadi wadah dalam mengembangkan karakter produk Honda. Jadi, balap itu  wadah yang tepat dalam mengembangkan mobil sehingga punya karakter sporty tapi juga bisa dipakai untuk sehari-hari,” bebernya.

Pada program “Everyone Can Race” – tak hanya menghadirkan produk dengan karakter racing, juga menawarkan pecinta Honda bisa menjajal balapan profesional, begitu menurut Arfi. “Kami ingin semua orang bisa ikut balapan makanya kita kenalkan Everyone Can Race. Tujuannya agar semua orang bisa merasakan karakter mobil yang sporty,” tandasnya.

Nasib Brio di HBSC

Ini menjadi menarik ketika Honda Brio Speed Challenge (HBSC) 2020 digelar nanti maka seluruh peserta diwajibkan menggunakan generasi terbaru yakni All New Brio. Dalam tanya jawab, Catra Chrisandi, juara HBSC kelas Rookie sudah memikirkan alternatifnya. Dia berencana untuk mengembalikan Brio balapnya ke kondisi standar lagi agar bisa untuk harian atau dijual kembali.

“Memang ini disayangkan. Padahal saya mengembangan mobil Brio saya untuk balap, sudah sangat memuaskan. Tetapi karena ketentuannya sudah begitu, apa boleh buat,” ujarnya.

“Pada HBSC 2020 karena Brio wajib ganti dengan yang baru, maka rencana saya mobil yang sekarang saya bikin standar untuk pakai harian, atau saya saya jual untuk modal beli yang baru,” kata Catra.

All New Brio versi untuk balap diperkenalkan  di Sentul.  Ist
All New Brio versi untuk balap diperkenalkan di Sentul. Ist

Regulasi HBSC sendiri tidak memperbolehkan peserta memodifikasi mesin mobilnya. Semua mobil balap Brio di HBSC memakai mesin standar sehingga saat dikembalikan ke kondisi standar mobil tersebut masih memiliki value yang masih tinggi.

Adhi Pharama, Communication Strategy Manager HPM, menjelaskan terkait soal itu. Pihaknya sebagai penyelenggara HBSC menjelaskan alasan mewajibkan peserta menggunakan All New Brio menampilkan produk yang saat ini dijual.

HPM sudah mempersiapkan ini dua tahun, sejak All New Brio itu launching di 2018 di GIIAS. “Kami ingin para pembalap sudah bisa memakai yang baru. Jadi balapan nanti sesuai dengan kondisi produk yang kita jual sekarang,” tandas Adhi Parama.

Victory Lap Civic Type R

Di ajang BSD Grand Prix ini yang menarik HPM mengajak komunitas pemilik Honda Civic Type R menjajal sirkuit jalan raya di arena tersebut, yang berlangsung di pergelaran seri terakhir ISSOM 2019.

Sebanyak 10 unit mobil Honda Civic Type R dari komunitas “R Club” yang dibentuk pada 2017, berpartisipasi untuk menyelesaikan 2 putaran di sirkuit baru yang untuk pertamakali digunaan untuk ajang ISSOM ini.

Sebelumnya, HPM juga pernah mengajak komuitas R Club menjajal lintasan balap di Sirkuit Internasional Sentul pada musim balap ISSOM 2017 dan sirkuit BSD pada 2018.

Sepuluh unit  Honda Civic sType R  Sebelum melakukan victory lap di BSD Grand Prix., Ist
Sepuluh unit Honda Civic sType R Sebelum melakukan victory lap di BSD Grand Prix., Ist

Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director HPM mengatakan, komunitas merupakan bagian penting dari keluarga Honda di Indonesia. “Kami selalu memberikan pengalaman berkesan yang sesuai dengan karakter mobil yang mereka miliki. Karena lahir di lintasan balap, maka acara victory lap di sirkuit balap menjadi ajang yang sesuai untuk merasakan pengalaman dan perorma Civic type R,” ujarnya.

Civic Type R merupakan mobil pengembangan dari generasi ke-10 Honda Civic. Sedan sport ini tercatat sebagai pemegang rekor mobil penggerak roda depan tercepat di Melbourne, Australia setelah mencatat lap time 2 menit 35,207 detik. Di Indonesia, Civic Type R sendiri sudah terjual 119 unit sejak diluncurkan pada 2017!

About Gatot Irawan

Check Also

Honda “Siap Perang” Jelang F1 Grand Prix Hungaria

Budapest, NextID – Tim balap Honda kembali bersiap untuk melakukan balapan F1 Grand Prix Hungaria …

Leave a Reply