Home / Auto / Yaris Jawara di Ajang Motorsport Global WRC 2019
Toyota Yaris berhasil mengukir sejarah dengan mengamankan gelar juara dunia perdana mereka pada ajang FIA World Rally Championship. Ist

Yaris Jawara di Ajang Motorsport Global WRC 2019

Jakarta, NetID – Tidak hanya berhasil meraih geluar juara nasional ajang motorsport domestik, pembalap Toyota GAZOO Racing (TGR) Ott Tänak yang menggunakan Toyota Yaris juga memenangkan ajang motorsport bergengsi tingkat dunia yaitu FIA World Rally Championship (WRC) pada Minggu (27/10).

Pembalap Toyota GAZOO Racing World Rally Team Ott Tänak bersama co-driver Martin Järveoja yang menggunakan Toyota Yaris berhasil mengukir sejarah dengan mengamankan gelar juara dunia perdana mereka pada ajang FIA World Rally Championship setelah meraih posisi kedua pada Rally de España yang berlangsung selama 3 hari. Kemenangan Tänak dan Järveoja ini merupakan kali pertama dua orang berkebangsaan Estonia berhasil bekerja sama dan meraih juara dunia pada ajang WRC. Selain itu kemenangan ini adalah kali ke-5 di mana pembalap Toyota meraih driver title setelah pertama kali diraih oleh Didier Auriol pada tahun 1994.

Berhasil memenangkan 6 dari 12 seri rally, Tänak telah mengamankan penghujung musim balap 2019 dengan keunggulan sebanyak 28 poin pada klasemen. Pada Rally de España yang menghadirkan berbagai jenis lintasan, awalnya Tänak hanya mampu mencatatkan waktu 5 besar di hari pertama saat melalui lintasan berjenis gravel, sebelum akhirnya mencatatkan waktu 3 besar setelah berhasil memenangkan 4 stage di lintasan berjenis asphalt secara berturut-turut.

Pembalap Toyota GAZOO Racing World Rally Team Ott Tänak bersama co-driver Martin Järveoja.  Ist
Pembalap Toyota GAZOO Racing World Rally Team Ott Tänak bersama co-driver Martin Järveoja. Ist

Pada hari Minggu (27/10), Tänak yang menggunakan Toyota Yaris melalui lintasan sepanjang 20,72 kilometer dengan catatan waku terbaik dimana dia lebih cepat 3,6 detik dari pembalap lainnya. Dengan hasil ini Tänak tidak hanya berhasil meraih bonus sebanyak 5 poin, tapi juga berhasil menaikkan peringkatnya ke posisi ke-2.

Sementara itu pembalap Toyota GAZOO Racing World Rally Team lainnya yaitu Jari-Matti Latvala berhasil finis di posisi ke-5. Hasil baik ini sangat penting untuk mengamankan manufacturers’ championship points, di mana saat ini Toyota memiliki peluang untuk menjadi juara dunia di putaran final di Australia yang akan berlangsung pada 14 – 17 November 2019 mendatang.

 

About Gatot Irawan

Check Also

Dealer Baru 3S Fuso di Tulang Bawang, Lampung

Lampung, NextID – PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), distributor kendaraan niaga Mitsubishi Fuso …

Leave a Reply