Home / Auto / Pangsa Pasar Daihatsu Naik Jadi 17,2%
Amelia Tjandra, Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor. Ist

Pangsa Pasar Daihatsu Naik Jadi 17,2%

Jakarta, NetID – Daihatsu kembali meng-update pencapaian penjualannya selama 7 bulan. Tercatat pada periode Januari – Juli 2019, total angka retail sales Daihatsu yang mencapai 100.831 unit, dan whole sales sebesar 100.036 unit.

Terkait pasar otomotif secara nasional, penjualan retail sales hingga Juli 2019 mencapai lebih dari 587 ribu unit atau turun sekitar 11% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Tidak berbeda, untuk whole sales nasional berada di angka lebih dari 570 ribu unit, turun sekitar 13,7% dibanding periode yang sama tahun lalu.

Selama periode 7 bulanan, penjualan Daihatsu secara total juga mengalami penurunan kuantitas jika dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Walaupun pasar otomotif dan angka penjualan Daihatsu sedang menurun, pangsa pasar Daihatsu secara nasional mengalami kenaikan, dan berkontribusi sebesar 17,2% untuk retail sales, dan whole sales sebesar 17,5%.

Untuk retail sales, Daihatsu masih didominasi Sigra dengan torehan 29.923 unit (30%), diikuti oleh Gran Max (PU) 19.658 unit (19%,), dan Xenia 14.102 unit (14%). Untuk penjualan Ayla, dan Terios berada di kisaran angka lebih dari 12 ribu unit dengan kontribusi sekitar 12-14%.

Gran Max pick up menyumbang penjualan yang bagus walau bukan di urutan pertama, yakni sebesar 19.658 unit. Ist
Gran Max pick up menyumbang penjualan yang bagus walau bukan di urutan pertama, yakni sebesar 19.658 unit. Ist

“Di tengah lesunya pasar mobil Indonesia yang turun 11,1%, kami bersyukur Daihatsu turun hanya 9,6%, sehingga secara market share Daihatsu naik sebesar 0,3% menjadi 17,2%,” ujar Amelia Tjandra, Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

About Gatot Irawan

Check Also

Asyiknya Naik Motocompacto di Booth Honda

Tangerang, NextID – Selain menampilkan teknologi dalam berbagai model mobil, PT Honda Prospect Motor juga …

Leave a Reply