Home / Auto / Anak Indonesia Kembali Berjaya di Lomba Gambar Internasional di Jepang

Anak Indonesia Kembali Berjaya di Lomba Gambar Internasional di Jepang

Jakarta, NextID – Damion Deven, anak berusia 10 tahun asal Surabaya, berhasil meraih penghargaan tertinggi Gold Medal di ajang lomba gambar internasional Toyota Dream Car Art Contest (TDCAC) di Jepang.

Kemenangan Gold Medal oleh Damion ini adalah untuk pertama kali diperoleh anak Indonesia di kategori anak usia 8—11 tahun. Penghargaan diberikan langsung oleh Didier Leroy, Vice President Toyota Motor Corporation Japan, pada 29 Agustus 2019 di Jepang.

Karya Damion berjudul “Dare Duck Car” dinilai unik dan menarik oleh tim juri TDCAC. Idenya berawal dari Indonesia yang merupakan negara kepulauan dengan kondisi alam yang beragam. Damion mempunyai banyak teman yang tinggal di daerah pedesaan dan mereka harus berjalan cukup jauh untuk sampai ke sekolah, bahkan beberapa di antaranya harus menyeberangi sungai.

Hal inilah yang melahirkan ide bagi Damion untuk menggambar mobil impian yang dapat membantu mereka. Dalam impiannya, Damion ingin mobil yang disebut “Dare Duck Car” ini kuat dan kuat dan tahan terhadap perubahan iklim dan mampu melewati berbagai medan yang sulit, baik di darat, air, dan udara.

Damion Deven peraih penghargaan tertinggi Gold Medal di ajang lomba gambar internasional Toyota Dream Car Art Contest (TDCAC) di Jepang. Ist
Damion Deven peraih penghargaan tertinggi Gold Medal di ajang lomba gambar internasional Toyota Dream Car Art Contest (TDCAC) di Jepang. Ist

“Selain itu, mobil impian saya pasti lucu, aman dan nyaman untuk anak-anak karena mobil ini akan membawa teman-teman saya ke sekolah. Jika tidak digunakan sebagai mobil sekolah, mobil ini bisa menjadi mobil wisata. Dengan mobil ini wisatawan dapat berkeliling menikmati keindahan alam di daerah yang sulit dijangkau,” menurut Damion.

Kreatif dan Imajinatif

Vice President Director PT Toyota-Astra Motor, Henry Tanoto, memberikan apresiasi terhadap daya imajinasi dan kreativitas Damion yang terlibat dalam ajang Toyota Dream Car Art Contest 2019.

“Kami ucapkan selamat kepada Damion atas prestasi luar biasanya di Jepang. Penghargaan ini semakin terasa spesial karena Damion berhasil mengharumkan nama Indonesia dalam suasana perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-74. Semoga prestasi Damion dapat mendorong anak-anak Indonesia lainnya untuk terus mengembangkan bakat seninya,” ujar Henry.

Sebelum memenangkan penghargaan di tingkat global ini, Damion harus melalui dua tahapan seleksi penyaringan pada ajang Local Contest di Indonesia dan World Contest TDCAC di Jepang.

Pada ajang Local Contest di Indonesia, Toyota Indonesia memilih 9 pemenang untuk 3 kategori usia, yaitu 3 pemenang untuk usia di bawah 8 tahun, 3 pemenang di usia 8—11 tahun, dan 3 pemenang di usia 12—15 tahun.

Damion sendiri merupakan pemenang pertama di kategori usia 8—11 tahun dan juga terpilih sebagai Finalist Global Award TDCAC yang mewakili nama Indonesia untuk bersaing dengan  total 950.000 karya dari 86 negara di dunia.

Inisiatif Toyota Group

TDCAC diselenggarakan sebagai bagian dari inisiatif kontribusi sosial yang dilakukan oleh Toyota Group. TDCAC merupakan aktivitas global Toyota yang mengajak anak-anak di seluruh dunia dan khususnya di Indonesia, untuk berbagi ide mengenai mobilitas masa depan dengan cara menggambar mobil impiannya.

Sejak digelar pertama kali oleh Toyota Motor Corporation pada 2004, Indonesia beberapa kali berpartisipasi pada World Contest TDCAC yaitu pada 2008, 2011, 2012, 2015, 2016, 2017, 2018, dan 2019.

Dari keikutsertaan di World Contest, Indonesia berhasil menorehkan prestasi yang baik. Tahun lalu, Xylone Margareth Andariska, anak umur 7 tahun dari Surabaya, berhasil memperoleh Gold Medal di kategori usia di bawah 8 tahun dan penghargaan tertinggi Engineering Award, di mana karya gambarnya dibuatkan miniatur diorama oleh tim engineer dari Toyota Japan.

Inilah juri dan peserta Toyota Dream Car Art Contest (TDCAC) di Jepang.  Ist
Inilah juri dan peserta Toyota Dream Car Art Contest (TDCAC) di Jepang. Ist

 

About Gatot Irawan

Check Also

Bridgestone Indonesia Raih Penghargaan ‘Change the World 2023’

Jakarta, NextID –  PT Bridgestone Tire Indonesia (Bridgestone Indonesia) meraih penghargaan ‘Change the World 2023’ …

Leave a Reply