Sunday , 1 August 2021
Home / Auto / Target Toyota Team Indonesia Taklukan Musim Balap 2019!
Para pebalap Toyota Team Indonesia 2019 bersama tim pendukungnya. Ist

Target Toyota Team Indonesia Taklukan Musim Balap 2019!

Jakarta, NextID – Sukses menutup tahun 2018 dengan segudang prestasi di dua Kejuaraan Nasional, Kejurnas Gymkhana dan Kejurnas Indonesia Touring Car Championship (ITCC) 1.600 Max, Toyota Team Indonesia (TTI) yang merupakan tim balap pabrikan Toyota siap mengarungi ketatnya persaingan di ajang balap Tanah Air.

Semangat bertarung TTI pun juga direfleksikan dengan melahirkan tagline baru yakni “Beyond Race.” Beyond Race meresapi nilai-nilai filosofi luhur, di mana TTI memiliki sistem organisasi yang terstruktur dan program-program yang siap dikembangkan sejalan dengan visi dan misi tim. Beyond Race juga merupakan cerminan DNA juara bagi TTI yang menghadirkan sebuah nilai lebih dari sekedar balapan.

Salah satu cara yang bisa diimplementasikan adalah melalui pengembangan program seperti coaching clinic, racing school maupun racing exhibition. Tentu program-program tersebut juga ditopang dengan kapabilitas semua pembalap TTI yang memiliki segudang prestasi di arena balap.

“Semangat Let’s Go Beyond yang dimiliki PT Toyota-Astra Motor (TAM), menjadi salah satu dasar pemilihan tagline baru kami. Dengan memilih tagline Beyond Race, merepresentasikan semangat balap kami sebagai tim pabrikan yang didukung penuh oleh para sponsor. Adapun Beyond Race yang kini menjadi identitas baru, saya percaya bahwa seluruh pembalap dan semua komponen tim yang ada di bawah naungan TTI memiliki semangat yang tinggi untuk berusaha dan meraih kemenangan di setiap ajang balap yang diikuti,” ucap Memet Djumhana, Direktur TTI, Rabu (13/3).

Tahun 2019 ini TTI juga melakukan penyegaran di dalam struktur pembalapnya. Selain merekrut dua pembalap baru Sabrina Sameh dan Herdiko Setya Putra untuk balapan di Kejurnas Gymkhana, TTI juga merekrut mantan pembalap Formula 1 Indonesia, Rio Haryanto yang bertindak sebagai penasihat.

Pebalap Baru
“Dengan masuknya Sabrina Sameh dan Herdiko Setya Putra, saya berharap mereka bisa dengan cepat beradaptasi terhadap tim. Semangat dan kerja keras yang tinggi dari kedua pembalap tersebut, saya yakin dapat memberikan kekuatan penuh untuk TTI pada musim 2019. Masuknya Rio Haryanto juga diharapkan bisa memberikan kontribusi yang baik untuk semua pembalap TTI dengan segudang pengalaman yang dimilikinya,” tambah Memet Djumhana.

Keberhasilan TTI dalam mengarungi setiap pertarungan juga tidak lepas dari peranan dua produk andalan dari TAM, seperti New Yaris dan New Agya 1.200 cc yang terbukti memiliki performa luar biasa ketika berada di atas lintasan balap. Ditambah dengan sentuhan modifikasi yang mumpuni untuk dua produk tersebut, semakin memberikan performa tak terkalahkan. Dari sisi kesiapan teknis mobil balap yang diturunkan oleh TTI, juga mendapat perhatian khusus lewat peran TRD Indonesia yang senantiasa mensupport dengan komponen racing yang memiliki performa tinggi.

“Di dunia global, Toyota turut berkiprah dalam ajang balap sejak awal 1970-an, dan TAM pun turut mendukung kegiatan balap Toyota di tanah air sejak kehadiran TTI di akhir 80an. Produk-produk Toyota memiliki durabilitas tinggi dan performa yang sangat memadai di dunia balap, sehingga sangat kompetitif. Terbukti melalui TTI, Toyota Yaris memperoleh juara di 2017 dan 2018, dan semoga tahun ini menggapai prestasi yang gemilang,” imbuh Franciscus Soerjopranoto, Executive GM TAM.

Lebarkan Sayap
TTI terus melebarkan sayapnya di ajang balap Tanah Air, salah satunya dengan berpartisipasi di Kejuaraan Nasional Speed Offroad. Dalam balapan tersebut, TTI telah mempersiapkan Toyota New Fortuner yang siap dikerahkan untuk berjibaku di atas lintasan tanah.

Sebelumnya, Toyota New Fortuner yang telah dikembangkan oleh TTI tersebut telah melakukan dua kali pengetesan di Sirkuit Offroad Tembong Jaya, Serang, Banten. Offroader asal negeri Jepang, Takuma Aoki yang juga merupakan mantan pembalap MotoGP, dan sebelumnya melakoni balapan Asia Cross Country Rally, akan menjadi offroader yang menggeber Toyota New Fortuner di ajang Kejuaraan Nasional Speed Offroad tersebut.

Secara keseluruhan, komposisi pembalap TTI musim ini diperkuat oleh dua pembalap yang akan berlaga di Indonesia Sentul Series of Motorsport (ISSOM), Haridarma Manoppo dan Demas Agil. Sedangkan di ajang balap Gymkhana, TTI diperkuat oleh Adrianza Yunial, Anjasara Wahyu, Herdiko Setya Putra dan Sabrina Sameh.

About Gatot Irawan

Check Also

Honda “Siap Perang” Jelang F1 Grand Prix Hungaria

Budapest, NextID – Tim balap Honda kembali bersiap untuk melakukan balapan F1 Grand Prix Hungaria …

Leave a Reply