Home / Auto / Jelang Musim Balap F1 2019, Honda Mulai Uji Mobil Balapnya

Jelang Musim Balap F1 2019, Honda Mulai Uji Mobil Balapnya

Jepang, NextID – Untuk persiapan ajang balap FIA Formula One World Championship 2019 yang akan berlangsung bersamaan dengan Australian Grand Prix di Melbourne pada 17 Maret, seluruh tim F1 kini memiliki waktu 8 hari untuk melakukan pengujian terhadap mobil balapnya dari 18 – 21 Februari, serta dari 26 Februari – 1 Maret. Percobaan tersebut akan dilakukan di Sirkuit Catalunya yang berlokasi di kota Barcelona, Spanyol.

Tahun ini, untuk pertama kali Honda akan mendukung dua tim sekaligus yakni Red Bull Scuderia Toro Rosso dan Aston Martin Red Bull Racing. Dalam waktu yang singkat sejak berakhirnya musim balap tahun lalu, Honda telah bekerja keras merancang dan membangun mesin untuk mendukung kedua tim tersebut.

Red Bull Toro Rosso Honda
Tim Red Bull Toro Rosso Honda akan diperkuat oleh dua pembalap muda, yakni Daniil Kyvat dari Rusia dan Alexander Albon dari Thailand yang telah memenangkan kejuaraan F2 di posisi ketiga pada 2018 lalu.
Franz Tost selaku Team Principal dari Red Bull Toro Rosso Honda mengatakan, kepindahannya ke Honda pada tahun lalu merupakan keputusan yang baik, dan pihaknya berharap kerja sama ini dapat terjalin dalam waktu yang lama.

“Di sini kami berlomba dengan waktu, dan hanya dalam satu tahun Honda mampu membuat kemajuan yang sekali lagi membuktikan komitmen mereka terhadap kerja sama ini. Dengan didukung sinergi yang bagus, pengetahuan teknis yang baik serta para pembalap muda berbakat, saya yakin kami memiliki posisi yang kuat dalam menghadapi kompetisi balap nanti,” ujarnya, Selasa (19/2).

Aston Martin Red Bull Racing
Sementara itu, tim Aston Martin Red Bull Racing akan didukung oleh dua pembalap ternama yakni Max Verstappen dari Belanda yang sebelumnya menduduki posisi ke-4 dalam F1 2018, serta Pierre Gasly dari Perancis yang menduduki posisi ke-15 di ajang yang sama tahun lalu.

Red Bull Toro Rosso Honda  Ist
Red Bull Toro Rosso Honda Ist

Christian Horner sebagai Team Principal dari Aston Martin Red Bull Racing mengatakan, penggantian mesin memiliki dampak yang signifikan terhadap tim, namun pihaknya tetap antusias dan optimis. “Bersama Honda, kami memiliki rekan dengan semangat yang sama dalam menghadapi berbagai tantangan di Formula One. Para desainer dan insinyur kami telah bekerja sama dengan Honda untuk memadukan sasis dan mesin, dan kedua belah pihak telah melakukan usaha terbaiknya di sepanjang musim dingin,” ujarya.

“Selama 12 bulan terakhir, kami melakukan kerja sama di antara Red Bull Technology, Honda dan Toro Rosso pada bagian drivetrain yang secara signifikan membantu proses integrasi. Namun, ujian yang sesungguhnya baru akan terlihat saat kami berkompetisi melawan pembalap lainnya di atas sirkuit,” tuturnya.

Horner menambahkan, akan mencatat performa mobil saat pengujian berlangsung, namun belum dapat melihat sejauh mana kemajuan yang dicapai hingga balapan yang kedua atau ketiga. “Tujuan kami adalah untuk mempertahankan performa yang konsisten di seluruh medan sirkuit, dan semoga dengan horsepower yang lebih besar dari tahun lalu juga dapat mengejar ketertinggalan kami dengan lawan. Terlepas dari itu, kami percaya diri bahwa kerja sama yang potensial ini dapat membawa kemajuan yang konsisten,” sebutnya.

Sementara itu, Katsuhide Moriyama sebagai Chief Officer for Brand and Communication Operations Honda Motor Co., Ltd mengatakan, aAjang balap Formula One akan dimulai sebentar lagi dan pihaknya telah mencapai tahap final dari persiapan, dengan sesi pertama yang terdiri dari delapan hari percobaan di sirkuit Barcelona. “Tahun ini akan menjadi momen penting bagi Honda, seiring dengan dimulainya musim kelima di bawah regulasi PU,” ujarnya.

Menurut Moriyama, pihaknya memulai kerja sama dengan Scuderia Toro Rosso dan telah mencapai kemajuan yang memuaskan. Namun, hasil di tahun lalu memperlihatkan masih tertinggal dari para pabrikan top PU dalam aspek performa dan reliabilitas.

“Tahun ini, kami juga memulai kerja sama dengan Aston Martin Red Bull Racing sebagai salah satu tim terbaik yang telah memenangkan banyak kejuaraan. Wajar saja kalau kami merasa tertekan di kompetisi ini, namun kami menjadikan hal itu sebagai motivasi untuk menjadi lebih baik dan mencapai hasil yang memuaskan bersama tim Red Bull,” imbuhnya.

Dia melanjutkan, prioritas saat ini adalah mengejar ketertinggalan dengan pembalap lainnya, dan semoga kedua tim yang didukung dapat memberikan hasil yang lebih baik dari tahun lalu. “Kami akan mengumpulkan sebanyak mungkin data yang dibutuhkan dalam pengujian ini, sekaligus bersiap-siap menghadapi ronde pertama di Australia pada pertengahan Maret,” tutupnya.

About Gatot Irawan

Check Also

Dealer Baru 3S Fuso di Tulang Bawang, Lampung

Lampung, NextID – PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), distributor kendaraan niaga Mitsubishi Fuso …

Leave a Reply