Tuesday , 27 February 2024
Home / Auto / Isuzu “Mengigal” via New Giga!
Peluncuran New Isuzu Giga di Jakarta, riuh menandakan pasar kendaraan komersial sedang menggeliat! Ist

Isuzu “Mengigal” via New Giga!

Jakarta, NextID – Pasar otomotif khususnya di komersial diyakini bertumbuh berkat dampak pembangunan infrastruktur. Sektor ini kini makin menjanjikan. Tak heran jika pelaku bisnis di bidang ini, khususnya Isuzu mengambil momen ini untuk merebut kesempatan. Siapa tahu peluang ini berpihak kepad Isuzu.

Via PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) awal tahun ini mengungkapkan di 2019 akan ada 5 produk baru yang diluncurkan, dan salah satunya adalah New Isuzu Giga yang diluncurkan Kamis (24/1) pagi di Senayan, Jakarta Selatan.

Peluncuran kendaraan jenis tractor head ini untuk menjawab sekaligus solusi bagi para pebinis yang membutuhkan kendaraan niaga dengan kapasitas angkut lebih besar ketimbang truk rigid. Ini sekaligus mendukung peraturan pemerintah melalui Dirjen Perhubungan yang tidak memperbolehkan truk memuat barang bawaan berlebih atau overload.

Dirjen Perhubungan Darat pernah mengeluhkan mahalnya biaya perbaikan jalan di Indonesia akibat banyaknya trukk overload yang melintas. Biaya yang dikeluarkan Pemerintah mencapai Rp 43 triliun selama satu tahun di tahun 2017 saja. Menurut aturan pemerintah, sebuah kendaraan truk medium duty dengan 2 axle, maksimal gross vehicle weight atau GVW yang diizinkan adalah 16 ton dan truk medium duty 3 axle maksimal GVW-nya adalah 26 ton.

Tapi pada faktanya penggunaan truck dapat seberat 22 ton bahkan sampai 46 ton untuk truck 6×2. Pemerintah pun kemudian membatasi muatan tonase truk serta dimensinya yang boleh melintas di jalan raya dan jalan tol.

Mengatasi hal itu, Isuzu Indonesia memperkenalkan truk terbaru New Isuzu Giga tractor head. Truk ini ditawarkan dalam empat varian sekaligus. Yakni, Isuzu Giga GXZ 60 K ABS (N), Isuzu GVZ 34 K HP ABS (N), Isuzu GVR 34 J HP ABS (N) dan Isuzu Giga FVR 34 P TH (N).

“Isuzu terus mengembangkan produk yang fit dengan customer dan juga fit dengan peraturan pemerintah, sehingga customer kami tidak perlu kahwatir lagi dalam mempekerjakan unit Isuzu,” sebut Ernando Demily selaku President Director IAMI di Jakarta, Kamis (24/1).

New Isuzu Giga dan model,saling memperkuat citra? Ist
New Isuzu Giga dan model,saling memperkuat citra? Ist

Ernando Demily menjelaskan, New Giga Tractor Head layak menjadi jawaban problem truk overload di jalan, karena berdasarkan peraturan titik sumbu beban yang diperbolehkan maka sebuah sebuah tractor head dapat menanggung beban 32,7-46,1 ton.

Dia menjelaskan, di masa datang pada tahun 2021 akan diterapkan peraturan Euro 4 untuk kendaraan diesel. Perbedaan yang paling menonjol di New Giga Tractor Head dibandingkan generasi sebelumnya adalah hadirnya fitur Full Air Brake, ABS dan Seat Suspension.

Varian GXZ 60 K ABS (N) dilengkapi dengan feature Anti-Lock Brake System (ABS) dan sudah menggunakan mesin baru yaitu 6NX1-TCS dengan tenaga 345 PS dan torsi maksimum 135 Kgm.

“Dengan spesifikasi tersebut unit ini cocok untuk beroperasi di segment oil dan gas dengan GCW 46.1 Ton dapat memuat 32.000 liter dan juga cocok untuk segmentfreight dan forwarder dengan 40 feet container,” jelasnya lagi.

Ernando memastikan penjualan 4 varian New Giga tractor head ini didukung oleh 107 outlet Isuzu di seluruh Indonesia, 28 Satellite, serta lebih dari 950 mekanik terlatih dengan 2.384-part network yang tersebar di 355 kota di seluruh Indonesia.

Layanan purna jual ini juga didukung oleh 12 Parts Depo yang tersebar di Medan, Pekanbaru, Surabaya, Samarinda, Banjarmasin, Makasar, Lampung, Semarang, Palembang, Manado serta Bali.

About Gatot Irawan

Check Also

AHM Buka Pendaftaran Mudik dan Balik Bareng Honda

Jakarta, NextID – Di tengah hiruk pikuk IIMS 2024, PT Astra Honda Motor (AHM) membuka kesempatan …

Leave a Reply