Home / Auto / Profit PT Dyandra Media International Tbk Naik 200%
Dari kiri ke kanan : Adrian Herlambang (Direktur PT Dyandra Media International, Tbk/DMI), Sri Mulyani (Direktur DMI), dan Maryamto Sunu (Direktur Independen DMI). Ist

Profit PT Dyandra Media International Tbk Naik 200%

Denpasar, NextID – PT Dyandra Media International Tbk (DMI) menyelenggarakan public expose di Nusa Dua, Bali, Kamis (13/9). DMI memaparkan kinerja operasional dan keuangan semester satu 2018 sebagai bentuk transparansi kepada pemegang saham dan publik. Selain itu, agenda utama yang lain adalah menjelaskan strategi dalam usaha mengembangkan bisnis dan memperkuat eksistensi perseroan guna menarik calon-calon investor.

Dari segi kinerja operasional perseroan, terdapat empat segmen yang berkontribusi dalam pertumbuhan kinerja keuangan DMI, yaitu segmen penyelenggaraan acara dan pameran, penunjang acara dan pameran, ruang konvensi dan pameran, serta segmen hotel.

Pada segmen penyelenggaraan acara dan pameran, PT Dyandra Promosindo telah berhasil menyelenggarakan berbagai pameran bertaraf internasional, antara lain Indonesia International Furniture Expo (IFEX) pada 9―12 April 2018 di JIExpo Kemayoran yang meningkat dari sisi jumlah pengunjung dan total transaksi. Tahun 2017, terdapat 11.225 pengunjung dari 112 negara dengan total transaksi USD 1 miliar. Tahun ini, pengunjung tersebut meningkat menjadi 11.429 dari 114 negara dengan total transaksi mencapai US$ 1 miliar.

Di samping itu, ada juga Indonesia International Motor Show 2018 (IIMS) yang berlangsung 19―29 April 2018 di JIExpo Kemayoran. Jumlah dan transaksi penyelenggaraan IIMS pun meningkat signifikan. Tahun lalu, total 503.447 pengunjung dengan transaksi Rp 3,2 triliun. Tahun ini, jumlah pengunjung menjadi 526.431 dan total transaksi mencapai Rp 4,4 triliun.

Pun pada ajang Indonesian Petroleum Association Convention & Exhibition (IPA ConvEx) yang berlangsung 2―4 Mei 2018 di Jakarta Convention Center. Jumlah pengunjung meningkat dari 19.217 pada 2017 menjadi 23.097 pengunjung yang berasal dari 15 negara dengan jumlah 1.637 delegasi. Sehingga, total pengunjung IPA ConvEx tahun ini sekitar 24.000 atau tumbuh dari total pengunjung tahun sebelumnya yang hanya kira-kira 21.400-an saja.

Selain ketiga pameran tadi, perusahaan-perusahaan di bawah “payung” PT Dyandra Promosindo juga berpartisipasi dalam berbagai kegiatan di bidang entertainment dan event & brand activation. Beberapa di antaranya adalah konser INCUBUS Live in Jakarta, Disney on Ice 2018, MARKAS (Market x Komunitas), Mitsubishi Xpander Export Ceremony, BRI Sunday Fest 2018, dan Samsung Dealer Gathering.

Tidak hanya bergerak di bidang penyelenggaraan acara dan pameran, unit bisnis DMI, yaitu PT Dyamall Graha Utama, juga bergerak di bidang sarana penunjang acara dan pameran. Beberapa di antaranya adalah bisnis menyediakan ridging dan lighting untuk konser INCUBUS Live in Jakarta, bekerja sebagai kontraktor resmi pameran Inacraft 2018, serta kontrator untuk City Beautification in Jakarta & Palembang menjelang penyelenggaraan Asian Games 2018.

Lainnya adalah PT Nusa Dua Indonesia yang membawahi Dyandra Convention Center Surabaya dan Bali Nusa Dua Convention Center juga telah menjadi penunjang untuk segmen ruang konvensi dan pameran. Tahun ini, Dyandra Convention Center Surabaya merupakan tempat penyelenggaraan berbagai acara dan pameran, antara lain David Foster Concert, Mitsubishi Gathering, dan Round Table Wedding Reception.

Sedang Bali Nusa Dua Convention Center juga telah menaungi berbagai acara berskala nasional dan internasional, seperti Indonesia – Africa Forum, Food and Hotel Tourism Exhibition Bali, dan Social and Behavior Change Communication (SBCC) Summit 2018 yang dilengkapi dengan adanya Bali Nusa Dua Hotel sebagai sarana akomodasi untuk para peserta acara maupun wisatawan. Pada bulan Oktober mendatang, Bali Nusa Dua Convention Center akan menjadi tuan rumah untuk acara The Annual Meetings of the IMF and the World Bank Group (WBG).

Selama beberapa tahun, bisnis DMI juga telah merambah ke sektor perhotelan. Tujuh hotel berada di bawah kepemilikan DMI dengan total jumlah kamar mencapai 855 kamar. Tujuh hotel tersebut adalah Hotel Santika Cikarang, Hotel Santika Siligita Bali, Hotel Amaris Bandara, Hotel Amaris Panglima Polim, Hotel Amaris Thamrin City, Hotel Amaris Pekanbaru, dan Hotel Amaris Pratama Bali.

About Gatot Irawan

Check Also

Wow, Xenia ADS Baru Tampil Lebih Sporty di GIIAS 2024

Tangerang, NextID – Daihatsu hadirkan Xenia ADS dengan tampilan baru dan lebih sporty pada ajang …

Leave a Reply