Home / Auto / Tips Antisipasi Hydroplanning Saat Berkendara
Peserta Daihatsu Auto Clinic 2018 berfoto bersama Manajemen Daihatsu. Ist

Tips Antisipasi Hydroplanning Saat Berkendara

Karawang, NextID – Daihatsu kembali menggelar sharing edukasi kendaraan bagi Sahabat klub Daihatsu melalui ajang Daihatsu Club Auto Clinic 2018 dengan tema Defensive Driving for Daihatsu Club. Program yang telah menginjak tahun kedua ini diadakan dalam 7 batch dan di dukung oleh GT-Radial.

Pada 25 Agustus 2018, Daihatsu mengadakan program Daihatsu Club Auto Clinic yang diikuti oleh Avanza Xenia Indonesia Club (AXIC), Taruna Owners (TO), dan Charade Classy Winner (C2W) Community di Karawang, dengan tema sharing mengenai “Antisipasi Hydroplanning Saat Berkendara.”

“Hydroplanning terjadi pada saat berkendara di jalanan basah, yang menyebabkan ban mengambang (tidak menyentuh jalan) ketika melewati genangan air, yang paling terburuk dapat mengakibatkan kendaraan kehilangan kendali,” jelas Budi Mahendra selaku Executive Coordinator CSVC division PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

Daihatsu Club Auto Clinic kali ini, akan dibagi menjadi 2 sesi yaitu in-class sharing dan practice. Dalam sesi ini peserta diberikan materi mengenai hal-hal yang harus diperhatikan pada ban sehingga berkendara menjadi aman dan nyaman.

Berikut penjelasannya :
1) Kecepatan
Ketika hujan sebaiknya kecepatan maksimal kendaraan 70 km/jam, dan perhatikan kecepatan kendaraan di sekitar. Hal ini dilakukan untuk meminimalisasi terjadinya selip pada kondisi jalan basah.
2) Kondisi Ban
Pada musim hujan, ban yang prima adalah hal yang sangatpenting, sehingga sebelum berkendara sebaiknya memeriksa kembangan ban mobil dalam keadaan baik. Saat membeli ban pilihlah ban yang direkomendasikan untuk permukaan kering dan basah.
3) TekananAngin
Sebelum berkendara, sebaiknya memeriksa tekanan angin pada ban, apakah sudah sesuai dengan standar tekanan angin yang ditetapkan (sesuai dengan spesifikasi standar masing-masing kendaraan)

Berikuta testimony dari Sahabat Klub yang mengikuti Auto Clinic :
Juniadhi Caniago, pengguna Xenia Sporty tahun 2013 yang memilih beli Xenia karena irit di kantong dan mudah perawatannya. “Saya ikut acara ini tadinya hanya ingin gathering bersama klub AXIC, tapi ternyata saya dapat banyak ilmu baru tentang keamanan berkendara, gak rugi jauh-jauh keKarawang,” ujar warga BSD ini.

About Gatot Irawan

Check Also

IMI Tak Rekomendasi Balap Motor Digelar di Sirkuit Formula E..!

Jakarta, NextID – Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran baru saja mengungkapkan keinginannya untuk untuk …

Leave a Reply