Home / Auto / Mitsubishi Motors dan Pemerintah Indonesia Sepakati Kendaraan Listrik!
Salah satu model kendaraan listrik Mitsubishi yang bakal hadir untuk pemerintah Indonesia: SUV Outlander PHEV (Plug-in Hybrid Electric Vehicle). Ist

Mitsubishi Motors dan Pemerintah Indonesia Sepakati Kendaraan Listrik!

Tokyo, NextID – Mitsubishi Motors Corporation (MMC), Senin (11/12) mengumumkan penandatanganan nota kesepahaman dengan pemerintah Indonesia terkait pengembangan penggunaan dan ketersediaan kendaraan listrik di Indonesia.

Dalam pengumuman tersebut MMC akan mendukung ambisi Pemerintah Indonesia untuk mendorong pengembangan kendaraan listrik sebagai bagian dari strategi untuk mengurangi emisi CO2. Langkah terkait yang akan diambil Pemerintah akan meliputi eksplorasi berbagai kebijakan baru dan program insentif untuk mendorong penggunaan kendaraan listrik bagi pengemudi dan produsen. “Pemerintah Indonesia dan MMC juga akan melakukan studi bersama untuk menguji efisiensi penggunaan kendaraan listrik di Indonesia.

MMC akan memberikan kontribusi langsung terhadap transisi Indonesia menuju era “ekonomi rendah karbon” (low carbon economy) dengan menyediakan 10 kendaraan listrik yang terdiri atas 8 unit SUV Outlander PHEV (Plug-in Hybrid Electric Vehicle) dan 2 unit kendaraan listrik murni i-MiEV serta 4 unit pengisian daya (charging units) kepada Kementerian Perindustrian Republik Indonesia dan berbagai organisasi lainnya termasuk Universitas/Perguruan Tinggi Nasional dan lembaga penelitian.

“Nota kesepahaman ini merupakan bentuk kepercayaan Pemerintah Indonesia kepada teknologi listrik Mitsubishi Motors. Pengumuman ini sekaligus menunjukan pentingnya Indonesia bagi Mitsubishi Motors dalam rencana pertumbuhan di masa depan. Kami senang dapat berperan dalam membantu mengurangi emisi di Indonesia dan mendukung transisi ke era ekonomi rendah karbon” ungkap Osamu Masuko, CEO Mitsubishi Motors Corporation.

Nota kesepahaman ini menunjukan komitmen jangka panjang Mitsubishi Motors terhadap Indonesia. Perusahaan ini telah masuk ke pasar Indonesia sejak 46 tahun lalu, dan pada awal tahun ini membuka pabrik perakitan baru untuk kendaraan penumpang di daerah Bekasi, Jawa Barat. Pabrik tersebut direncanakan menyediakan lebih dari 3.000 pekerjaan dengan kapasitas produksi maksimum saat ini hingga 160.000 kendaraan per tahun.

“Pembukaan pabrik perakitan di Bekasi menunjukan bahwa Indonesia telah menjadi pusat produksi utama Mitsubishi Motors, sekaligus menjadi pusat kegiatan seluruh kawasan ASEAN,” sebut Masuko.

Tentang MMC
Mitsubishi Motors adalah perusahaan mobil Jepang yang memiliki keunggulan kompetitif dalam SUV dan truk pick-up, kendaraan listrik dan plug-in hybrid dan juga pada kawasan ASEAN. Perusahaan ini meluncurkan i-MiEV, kendaraan listrik produksi massal pertama di tahun 2009, yang diikuti dengan Outlander PHEV pada 2013, yang menjadi pemimpin pasar plug-in hybrid di Jepang dan Eropa.

Mitsubishi memiliki 30.000 karyawan, memiliki jejak global dan fasilitas produksi di Jepang, Thailand, China, Indonesia, Filipina dan Rusia. Model seperti Pajero Sport, Triton dan Outlander memainkan peran utama dalam mencapai pertumbuhannya. Volume penjualan global pada tahun fiskal 2016 adalah 926.000 unit. Sedangkan angka penjualan bersih Mitsubishi untuk tahun fiskal 2016 adalah 1,9 triliun yen.

About Gatot Irawan

Check Also

Silaturahmi Pakai Mobil Hybrid Toyota, Siapa Takut?

Jakarta, NextID – Saat ini salah satu dealer Toyota yakni Auto2000 memasarkan tidak kurang dari …

Leave a Reply