Wednesday , 20 October 2021
Home / Auto / Sistem Airbag Takata Bermasalah – Toyota Recall Vios, Yaris, Corolla, Alphard, Camry dan Nav1
F. Soerjopranoto, Executive GM PT Toyota Astra Motor. Ist

Sistem Airbag Takata Bermasalah – Toyota Recall Vios, Yaris, Corolla, Alphard, Camry dan Nav1

Jakarta, NextID – Akibat bermasalahnya inflator pada sistem airbag (kantung  udara) yang disematkan Toyota  untuk mobil yang diproduksinya,  Toyota  terpaksa melakukan  recall terhadap  beberapa line-up  yang  saat ini banyak digunakan konsumennya di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Selain Yaris dan Vios,  line-up yang akan ditarik Toyota adalah Corolla, Alphard, Camry dan Nav1 dengan tahun produksi tertentu.

Recall dilakukan Toyota karena pihak Takata Corporation telah mengumumkan telah ditemukannya kesalahan pada inflator airbag produksi mereka dan berpotensi menimbulkan pecahan logam yang akan menyebar dan bisa mengancam keselamatan pengendara/penumpang mobil saat airbag tersebut mengembang ketika terjadi benturan akibat tabrakan. Sementara hingga saat ini, Takata sendiri juga belum belum menemukan penyebab pasti timbulnya masalah pada inflator airbag tersebut.

Menurut Executive GM PT Toyota Astra Motor (TAM), masalah ini tidak hanya dialami  mobil-mobil Toyota saja melainkan juga pada merk-merk lain yang menggunakan inflator airbag Takata. “Sebagai agen pemegang merk Toyota di Indonesia, kami sangat peduli untuk penanganan masalah ini agar konsumen tidak dirugikan atau menjadi korban. Karena itu, kami senantiasa meningkatkan awareness pemilik maupun pengguna mobil-mobil tersebut untuk mengecek langsung kendaraannya melalui layanan yang sudah kami sediakan, termasuk dengan mendatangi  langsung ke bengkel-bengkel resmi Toyota,” ujarnya,  pada kesempatan terpisah, beberapa waktu lalu.

Menurut data, di Indonesia sendiri jumlah kendaraan yang terindikasi mengalami masalah sistem airbag Takata sudah mencapai ratusan ribu unit yang berasal dari berbagai merek. Selain Toyota, tercatat  antara lain Honda, Nissan, Mazda, Mitsubishi. Mobil yang terindentifikasi itu berasal dari berbagai model dan tahun pembuatan atau produksi.

Khusus mobil Toyota, selain Toyota Vios dengan tahun produksi 2006-2012 dan Yaris produksi tahun 2006-2012, mobil lainnya yang mengalami masalah pada sistem airbag adalah Toyota Corolla  buatan tahun 2001-2012,  Alphard  tahun 2010-2012, Camry 2002-2004 dan Toyota Nav1  produksi 2012.  Melalui upaya-upaya yang dilakukan, TAM berharap proses pergantian inflator bermasalah pada sistem airbag Takata di mobil Toyota yang ada di Indonesia bisa  dituntaskan segera.

“Melalui berbagai upaya yang memudahkan pelanggan, termasuk  kampanye yang sedang TAM lakukan saat ini, kami berharap  proses pergantian inflator Takata terhadap mobil Toyota yang ada di Indonesia bisa 100 persen selesai hingga akhir tahun ini,” ujar Soerjopranoto.

About Gatot Irawan

Check Also

Sambut World Superbike di Indonesia, IMI dan Dyandra Promosindo Tawarkan Paket “Sultan”

Jakarta, NextID –  Gelaran ajang balap motor internasional, World Superbike (WorldSBK) akan menyambangi Indonesia sebagai destinasi akhir …

Leave a Reply