Tuesday , 21 September 2021
Home / Auto / Aman Parkir di Lantai Atas atau Basement
Perkara tips aman parkir sudah dipahami, namun jika terjadi seperti ini, pasrah. Ist

Aman Parkir di Lantai Atas atau Basement

Jakarta, NextID – Semakin sempitnya lahan parkir yang tersedia di gedung-gedung atapun di pusat perbelanjaan, pengelola gedung menyiasati ruang parkir dengan cara bertingkat atau parkir basement. Kedua tipe parkir ini buat beberapa pengemudi akan merasa direpotkan, karena harus mengendarai mobilnya di jalan yang hanya cukup untuk ukuran mobil, menikung menurun ataupun menanjak.

Sebagai pengemudi, anda harus dapat menyikapinya dengan baik, yaitu dengan mengasah kemampuan yang lebih baik dalam mengendarai mobil, sehingga saat menuju parkir pada tempat seperti disebutkan tadi tidak mengalami kekhawatiran yang berlebih.

Meningkatkan kewaspadaan ketika berkendara pada jalan yang akan dilalui, merupakan cara yang efektif untuk dapat menghindari kecelakaan. Namun dari sisi lain, perlu anda ketahui juga hal-hal penting yang perlu dilakukan agar dapat menaklukan jalan yang sempit, menikung dan menanjak /menurun.

Berikut berikan beberapa tips mengemudi yang aman saat mencari ruang parkir di lokasi basement maupun di lantai atas.
– Pertama, gunakanlah gigi transmisi terendah (posisi gigi 1) saat menanjak ataupun menurun. Pada gigi transmisi terendah, torsi yang dihasilkan besar sehingga mobil dapat melaju pada medan yang menanjak dengan mudah atau membantu fungsi pengereman saat posisi jalan menurun. Untuk transmisi otomatik, gunakan posisi L atau 2. Berkendaralah pada kecepatan rendah di putaran mesin yang konstan.

– Kemudian, nyalakan lampu depan apabila jalan yang dilalui kurang penerangan, agar pembatas jalan, rambu-rambu dan tikungan akan terlihat lebih jelas.

– Selain itu, saat kendaraan anda melaju, perhatikan rambu-rambu dan pembatas jalur di jalan menuju parkir basement atau lantai atas. Hal ini kami sarankan karena bidang jalan pada lokasi parkir yang dimaksud biasanya sempit dan satu sisi jalur berlawanan digunakan kendaraan lain. Jadi anda harus benar benar memperhatikan hal – hal tersebut di atas.

– Jaga jarak aman dengan kendaraan lain di depan, sebagai antisipasi jika kendaraan di depan anda sulit menanjak dan tetiba mundur.

– Perhatikan “convex mirror” atau kaca cembung yang disediakan pengelola gedung, sehingga anda mengetahui posisi kendaraan lain yang akan melintas di persimpangan.
Setelah sampai di parkiran dan sebelum meninggalkan kendaraan pastikan semua pintu telah terkunci dan perhatikan tanda atau lokasi tempat parkir anda sehingga memudahkan pencarian saat anda kembali ke mobil.

Yang menarik dan di luar dugaan jika terjadi hujan besar dan air melimpah ke lahan parkir gedung, yang menyebabkan banjir dan merendam mobil. Jika ini terjadi sudah bukan kehendak kita, namun kehendak-Nya. (AstraWorld)

 

About Gatot Irawan

Check Also

HRSC 2 Lahirkan Juara Baru!

Jakarta, NextID – Babak ketiga dari Honda Racing Simulator Championship (HRSC) musim kedua baru saja …

Leave a Reply