Home / Auto / Tim UD Trucks Indonesia Jawara di Jepang
Tim Kerak Telur dari Indonesia meraih juara di ajang UD Trucks Gemba Challenge 2016 yang digelar di Jepang. Ist

Tim UD Trucks Indonesia Jawara di Jepang

Jakarta, NextID – Final kejuaraan UD Trucks Gemba Challenge 2016 – kompetisi kejuaraan final global purna jual bagi para mekanik, digelar di Ageo Jepang pada 15-16 November, 2016. Sekitar 1.156 peserta mengikuti pertandingan yang digelar oleh UD Trucks setiap 2 tahun sekali ini. Tim Kerak Telur dari Astra International UD Trucks Indonesia berhasil merebut juara pertama.

Pertama kali diadakan pada 2014, tahun ini menandai tahun kedua UD Trucks menggelar kompetisi Gemba Challenge bagi para mekanik UD Trucks di seluruh dunia, termasuk Asia, dan Afrika. Tim dari Thailand, Hong Kong, Taiwan dan negara-negara di kawasan Afrika bagian selatan bergabung dengan kompetisi untuk pertama kalinya.

Tujuan dari UD Gemba Challenge adalah untuk mengembangkan keterampilan, semangat tim dan kebanggaan di antara UD personal aftermarket garis depan. “Ini merupakan kegiatan penting untuk memelihara semangat UD Gemba dalam menjalankan brand promise UD Trucks, Going The Extra Mile dan nilai inti dari “Ultimate Dependability.”

Kompetisi tahun ini dimulai pada Juni, diikuti oleh 289 tim dari seluruh dunia, yang setiap tim terdiri dari 4 mekanik, dengan dua putaran teori yang diadakan secara online.

“Angka tahun ini mengalami pertambahan yang pesat dibanding dengan 2 tahun sebelumnya yakni 185 tim, jadi terjadi peningkatan sebesar 57%. Hal ini yang membuat kompeitisi memiliki tantangan yang lebih besar bagi para peserta dari Indonesia, akan tetapi kami bangga Indonesia terpilih menjadi juara pertama”, ujar Ali Rachman, Head of Competence Development UD Trucks Indonesia, Kamis (17/11).

Tahap final kompetisi yang di gelar secara langsung di UD Experience Center di kantor pusat perusahaan di Ageo, mencakup beberapa mata pelajaran yang diadu di dalam 6 stasiun. Hadir di kompetisi ini sebanyak 11 tim, dua dari Indonesia, dua tim dari Thailand, empat tim dari Jepang, satu tim dari Malaysia, Taiwan, dan  Afrika Selatan BB Truck & Tractor Polokwane, pemenang Gemba Tantangan 2014, juga kembali untuk tahap akhir untuk mempertahankan gelar mereka.

Tim Kerak Telur dari Astra International UD Trucks Indonesia yang terdiri dari 4 peserta: Frize Dian Anggi Pratama, Rachmat Ary Wibowo, Tri Mulyono, Stephanus Budi terpilih sebagai juara pertama dan juara terbaik Quester, diikuti oleh tim Poso dari Jepang sebagai juara 2, dan tim Lobster dari Thailand sebagai juara 3.

“Tantangannya tidak hanya menguji kemampuan individu para mekanik, ahli komponen dan perwakilan layanan pelanggan, tetapi juga mempromosikan semangat tim dengan mendorong tim untuk memecahkan masalah bersama-sama. Yang diutamakan bukan waktu peneyelesaiannya, akan tetapi mekanisme penyelesaian yang setara dengan standard UD Trucks, dan kami terbukti mampu setara dengan standard UD Trucks secara international,” ujar S. Purbo Yuwono, Service Department Head Astra International UD Trucks Indonesia, yang juga ketua Tim Kerak Telur,

Untuk dapat menyelesaikan 6 stasiun yang di uji dalam pertandingan Gemba Challenge yakni: Diagnostics, Brakes, Electricks, Engine, Transmission, dan Commercial, diperlukan waktu pelatihan sekurangnya 50.000 jam. Hal ini disamping  pekerjaan utama yang para mekanik lakukan. Oleh karena itu, pertandingan Gemba Challenge dilaksanakan setiap 2 tahun sekali.

About Gatot Irawan

Check Also

Wow, Xenia ADS Baru Tampil Lebih Sporty di GIIAS 2024

Tangerang, NextID – Daihatsu hadirkan Xenia ADS dengan tampilan baru dan lebih sporty pada ajang …

Leave a Reply