Jakarta, NextID – Melewati periode sembilan bulan (Q3) 2016, penjualan Daihatsu terus meningkat bahkan menunjukkan angka permintaan pasar (retailsales) yang telah melampaui pasokan (wholesales). Periode Januari–September 2016, wholesales Daihatsu mencapai 133.556 unit, dengan pangsa pasar 17%, sementara retailsales mencapai 135.257 unit, dengan pangsa pasar 17,4%.
Ditinjau dari berbagai sudut, pencapaian selama sembilan bulan ini menunjukkan peningkatan yang cukup berarti. Wholesales naik 5% dan retailsales naik 10% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Pangsa pasar pun naik dari 16,6% menjadi 17% untuk wholesales dan dari 16,2% menjadi 17,4% untuk retailsales.
Wholesales Daihatsu Januari-September 2016 disumbang oleh tiga kontributor utama yakni Xenia, Ayla, dan Gran Max Pick Up (PU). Xenia mencapai 32.345 unit atau 24,2%, Ayla sebanyak 32.337 unit atau 24,2%, Gran Max Pick Up mencapai 27.792 unit atau 20,8%. Selanjutnya adalah Sigra sebesar 13.469 unit atau 10,1%, lalu Terios menyumbang 11.523 unit atau 8,6%, disusul Gran Max Mini Bus (MB) sebanyak 10.415 unit atau 7,8%, Luxio sebanyak 3.303 unit atau 2,5%, dan Sirion sebanyak 2.370 atau 1,8%.
Retailsales Daihatsu Januari-September 2016 tidak jauh berbeda dengan wholesales, dengan penopang utama Xenia, Ayla, dan Gran Max Pick Up (PU). Xenia berkontribusi terbanyak 35.172 unit atau 26 %, disusul Ayla 32.809 unit atau 24,3%, Gran Max Pick Up (PU) terjual 31.112 unit atau 23%. Kemudian Terios menyumbang 10.817 unit atau 8%, Gran Max Mini Bus 10.457 unit atau 7,7%, Sigra sebesar 9.277 unit atau 6,9%, Luxio sebanyak 3.292 unit atau 2,4%, dan Sirion sebanyak 2.320 unit atau 1,7%.
“Kami terus bersyukur, Daihatsu berhasil mencapai angka penjualan yang semakin baik. Apalagi melihat penjualan Astra Daihatsu Sigra yang telah mencapai 13.469 unit untuk wholesales dan 9.277 unit untuk retailsales. Kami berterimakasih kepada para pelanggan yang telah memberikan kepercayaan kepada produk Daihatsu.” ungkap Amelia Tjandra, Direktur Marketing ADM, RAbu (12/10).