Tuesday , 19 October 2021
Home / Auto / FORWOT Car of the Year 2016: Mitsubishi Pajero Sport
Mitsubishi Pajero Sport Ist

FORWOT Car of the Year 2016: Mitsubishi Pajero Sport

Jakarta, NextID – Mitsubishi Pajero Sport, salah satu kendaraan unggulan dari PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), distributor resmi kendaraan Mitsubishi di Indonesia dari Mitsubishi Motors Corporation (MMC), berhasil terpilih sebagai FORWOT Car of the Year (FCY) 2016.

FORWOT Car of the Year adalah ajang penghargaan yang diadakan oleh Forum Wartawan Otomotif (FORWOT) sejak tahun 2009. Di tahun ini, kendaraan yang masuk dalam penjurian merupakan model yang benar-benar baru (all-new) yang diluncurkan pada periode Agustus 2015 hingga Juli 2016. Tercatat 28 mobil dari 16 Agen Pemegang Merek (APM) yang lulus persyaratan dan menjadi nominasinya.

Sebelum terpilih menjadi pemenang, Pajero Sport harus menjalani penjurian ketat yang dimulai sejak awal September 2016. Dari 28 mobil yang menjadi nominasi, dikerucutkan menjadi 5 finalis berdasarkan hasil penjurian oleh 25 wartawan otomotif dari berbagai media massa nasional.

Indra Prabowo, Ketua Umum FORWOT menyebutkan, proses penjurian mengacu pada “Car of The Year” dari Car of The Year Committee (www.caroftheyear.org) yang dipakai untuk pemilihan mobil terbaik di Eropa, namun telah disesuaikan dengan kondisi pasar otomotif di Indonesia.

Setelah terpilih 5 finalis, dewan juri yang ditunjuk oleh FORWOT wajib memilih kembali mobil terbaik berdasarkan pertimbangan profesional mereka sebagai wartawan otomotif. Selain dari preferensi dewan juri terhadap mobil berdasarkan peliputannya, Car of The Year dengan sistem scoring berdasarkan beberapa aspek seperti desain, kenyamanan, keamanan, harga, handling¸performa, dan lain-lain.

Hasil akhir penjurian menyebutkan Mitsubishi Pajero Sport berhasil meraih 189,5 poin, unggul 49,5 poin dibanding pesaing terdekatnya dan dinobatkan sebagai FORWOT Car of the Year 2016. Penghargaan ini sekaligus menjadi penghargaan ke-31 untuk Pajero Sport, dan menjadi kali kedua terpilihnya Mitsubishi Pajero Sport sebagai Car of the Year.

Indra Prabowo, Ketua Umum FORWOT menyerahkan penghargaan FORWOT Car of the Year 2016 kepada Intan Vidiasari, Head of MMC Public Relations Department KTB, Kamis (22/9). Ist
Indra Prabowo, Ketua Umum FORWOT (kanan) menyerahkan penghargaan FORWOT Car of the Year 2016 kepada Intan Vidiasari, Head of MMC Public Relations Department KTB, Kamis (22/9). Ist

“Terima kasih kepada FORWOT atas penghargaan yang sangat bergengsi ini. Tentu ini menjadi tambahan prestasi untuk Pajero Sport yang telah mendapatkan sambutan yang sangat baik dari masyarakat, dibuktikan dengan penjualannya yang sudah meraih lebih dari 13.000 unit per Agustus lalu,” ujar Intan Vidiasari, Head of MMC Public Relations Department KTB, Kamis (22/9) di sela acara penghargaan.

Penghargaan ini, menurutnya, sangat penting, karena dilakukan oleh gabungan insan media otomotif yang tentu cakap di bidangnya, yang telah melakukan penilaian sangat objektif terhadap produk-produk baru yang diperkenalkan kepada masyarakat Indonesia di rentang tahun 2015-2016 ini.

“Kami persembahkan awards istimewa ini untuk rekan-rekan media massa sekalian sebagai ungkapan terima kasih atas dukungannya yang sangat besar untuk Pajero Sport dan produk kendaraan penumpang dari Mitsubishi Motors lain yang baru masuk kembali sebagai challanger di industri otomotif Indonesia,”  tutup Intan.

About Gatot Irawan

Check Also

GESITS Diekspor ke Senegal

Bogor, NextID – PT WIKA Industri Manufaktur (WIMA) melakukan ekspor perdana Motor Listrik GESITS ke …

Leave a Reply