Home / Auto / Lampu Rem Menyala Terus, Kenali Penyebabnya
Ada gangguan di switch jika lampu rem nyala terus. Ist

Lampu Rem Menyala Terus, Kenali Penyebabnya

Jakarta, NextID- Lampu rem merupakan alat komunikasi dengan pengendara lain terutama yang berada tepat di belakangnya. Apabila lampu rem mobil di depan menyala, berarti mobil tersebut sedang mengurangi kecepatan atau bahkan sedang berhenti.

Sedangkan kalau lampu rem tidak menyala, berarti mobil tersebut sedang tidak dalam pengurangan kecepatan. Jadi lampu rem sangat penting agar setiap pengendara yang ada di belakang mengetahui kalau mobil di depannya sedang menurunkan kecepatan.

Namun berbeda halnya dengan masalah lampu rem yang menyala terus. Efek yang paling dirasakan adalah kendaraan yang berada tepat di belakangnya. Ketika kondisi lampu rem mobil menyala secara terus-menerus, kemungkinan besar pengemudi kendaraan yang ada di belakang mobil tersebut akan mengalami kebingungan dan akan selalu bersiap-siap untuk menginjak rem juga agar dapat spontan menurun kecepatannya.

Namun, ketika tersadar bahwa lampu rem pada mobil di depan tidak kunjung mati, sebagai pengemudi di belakang mobil tersebut, sebaiknya kita ambil tindakan untuk pindah jalur atau jauhi jarak dari mobil tersebut. Karena, kemungkinan si pengemudi mobil yang bermasalah pada lampu remnya yang menyala terus tadi belum menyadari bahwa ada kelainan pada lampu remnya.

Tetapi setelah sampai di parkiran begitu kunci kontak di-off-kan dan turun dari mobil maka akan terlihat lampu rem tetap menyala terus. Perlu diketahui bahwa saat parkir dan lampu rem menyala secara terus-menerus dapat mengakibatkan battery mobil menjadi lemah yang berujung pada mobil tidak bisa di-starter.

Kendala pada lampu rem yang menyala terus, sering disebabkan karena switch lampu rem yang sudah rusak. Fungsi switch lampu rem ini adalah sama halnya dengan stop-kontak pada lampu listrik. Jika pedal rem diinjak, maka switch akan menghubungkan aliran listrik sehingga lampu rem akan menyala.

Begitu juga sebaliknya, saat pedal rem dilepas/ bebas maka switch rem akan memutuskan aliran listrik, sehingga lampu rem akan mati. Berbeda halnya jika switch rem rusak, maka aliran listrik diswitch lampu rem akan selalu terhubung, sehingga lampu rem akan menyala secara terus-menerus.

Kerusakan pada switch lampu rem biasanya akan selalu menghubungkan aliran listrik, sehingga mengakibatkan lampu rem menyala terus. Sebenarnya, justru akan lebih aman dibandingkan dengan kerusakan pada switch rem yang mengakibatkan lampu rem yang mati sama sekali.

Lokasi switch rem ada di bawah dashboard pada ujung pedal rem, menempel di plat besi yang menempel di body. Pada ujung bagian atas switch rem terdapat 2(dua) kabel yang masuk ke switch rem, nah kabel itulah yang akan diputus dan dihubungkan seiring dengan diinjak dan dilepaskannya pedal rem. Cara menggantinya, tinggal melepas socket kabel pada switch rem lalu melepas baut pengunci di-switch rem tersebut, setelah itu tinggal dikeluarkan untuk diganti dengan switch rem yang baru sesuai dengan type mobilnya.

Berhubung posisinya yang berada di bawah dashboard maka untuk melepasnya perlu cari posisi yang baik agar memudahkan dalam proses melepas ataupun memasang switch rem tersebut. Jika ingin praktis, maka bawalah ke bengkel kepercayaan Anda. (AstraWorld)

About Gatot Irawan

Check Also

Kolaborasi BMW Bestindo dan RS Premier Bintaro

Jakarta, NextID – President Director – PT Bestindo Car Utama (BMW Bestindo) Johannes Indratjuatja (kanan) …

Leave a Reply