Sunday , 8 September 2024
Home / LifeStyle / Leisure / Corp / “Entrepreneur” Muda Berkompetisi
Para finalis AHMBS 2016 berfoto bersama Prof Dr Ing H Bacharuddin Jusuf Habibie (tengah) dan manajemen AHM seusai acara motivasi kepada siswa-siswi peserta AHMBS di kediaman Prof Dr Ing H Bacharuddin Jusuf Habibie, Kuningan (7/8). Ist

“Entrepreneur” Muda Berkompetisi

Jakarta, NextID – Program CSR PT Astra Honda Motor (AHM) unik dan menarik. Contohnya, Astra Honda Motor Best Student (AHMBS) 2016 yang sudah berlangsung 14 kali. Uniknya karena temanya yakni enterpreneur (kewirausahaan). Sebanyak 69 calon enterpreneur muda dari berbagai wilayah di Indonesia yang tergabung dalam Astra Honda Motor Best Student (AHMBS) 2016 berkompetisi memaparkan ide dan kreativitasnya menawarkan inovasi untuk memberikan manfaat bagi masyarakat dan lingkungannya.

AHMBS 2016 mengumpulkan siswa-siswi terbaik tingkat SMA melalui proses seleksi ketat yang dilakukan oleh jaringan main dealer sepeda motor Honda di seluruh Indonesia. Dari 573 peserta dari 301 sekolah yang mengikuti seleksi tahun ini, terpilih 69 finalis yang telah memaparkan karya tulis bertema entrepreneur. Karya mereka dinilai dari sisi keunikan ide wirausaha, proses perencanaan, proses eksekusi jual beli, laporan keuangan, hingga skema mempertahankan dan mengembangkan usahanya.

Dalam Final AHMBS 2016 tingkat nasional yang berlangsung di Jakarta, tergali informasi beraneka bakat wirausaha dari anak muda dari berbagai penjuru negeri. Beberapa ide wirausaha muncul dari semangat membangun daerah, di antaranya seperti ide siswa Bengkulu Selatan membuat tas dari limbah labu kayu sebagai cinderamata khas daerah, ide siswa Denpasar membuat Boreh Bali Aroma Terapi untuk mempopulerkan kembali pengobatan tradisional Bali, hingga ide siswa Jambi untuk membuat lotion anti nyamuk khas Jambi dari limbah biji duku.

Direktur PT Astra Honda Motor (AHM) David Budiono (kanan) berfoto bersama pemenang AHMBS Wendi dari SMKN 1 Pangkal Pinang sesaat setelah penyerahaan piagam pada acara final AHMBS 2016 di La Piaza, Kelapa Gading (7/8).
Direktur PT Astra Honda Motor (AHM) David Budiono (kanan) berfoto bersama pemenang AHMBS Wendi dari SMKN 1 Pangkal Pinang sesaat setelah penyerahaan piagam pada acara final AHMBS 2016 di La Piaza, Kelapa Gading (7/8).

Inspirasi wirausaha para peserta AHMBS juga muncul di bidang kuliner. Dari Makassar, muncul ide membuat es krim dari sayuran, dari Yogyakarta ada ide inovasi menu bakpia yang dibuat dari daun kelor, dari Semarang terdapat ide kreatif pembuatan kerupuk dari kulit mangga, dari Selat Panjang Riau lahir ide pembuatan mie sagu.

Tak hanya itu, dari ranah teknologi pertanian dan peternakan jugamuncul perhatian para siswa AHM Best Student yang tercermin dariide pembuatan pupuk dari enceng gondok di Banjarbaru dan pupuk dari kulit kerang di Jakarta. Dari Payakumbuh muncul pula ide pembuatan biogas dari kotoran ayam.

Deputy Head of Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin menyatakan program AHMBS tahun ini diproyeksikan untuk mendorong lahirnya generasi muda kreatif yang bisa memberikan manfaat buat sesama. “Program ini diharapkan dapat mengeksplorasi ide wirausaha muda dengan segala inovasi dan keunikannya, sekaligus menjadi sarana saling bertukar dan memperkaya pengetahuan antarsiswa,” ujarnya, Minggu (7/8) di Jakarta.

Yang menarik, program kali ini para peserta diajak berkunjung ke kediaman mantan Presiden RI ke-3, BJ Habibie pada Minggu (7/8), di mana para peserta mendapatkan motivasi dari beliau dan diajak berkeliling. Mereka juga sebelumnya sempat nonton fim “Rudi Habibie.” Sosok Habibie selaku negarawan bisa menjadi panutan dan motivator bagi generasi muda.

Kontribusi besar Habibie bagi bangsa melalui beragam karyanya memberikan inspirasi bagi mereka untuk mengembangkan bakat wirausaha untuk kemajuan bangsa. “Inspirasi dan motivasi Pak Habibie akan mengantarkan anak-anak muda ini untuk terus berkreasi dan berkontribusi terhadap kemajuanbangsa,” tutup Ahmad Muhibbuddin.

 

About Gatot Irawan

Check Also

Anak Indonesia Menjadi Pemenang Utama pada Ajang TDCAC ke-17 di Jepang

Jakarta, NextID – Kabar gembira dari ajang Toyota Dream Car Art Contest (TDCAC) ke-17 tingkat global yang …

Leave a Reply