Home / Auto / Temu Pelaku Industri Otomotif Indonesia dengan Menperin
Kementerian Perindustrian gagas acara denganpelaku industri otomotif Indonesia. Ist

Temu Pelaku Industri Otomotif Indonesia dengan Menperin

Jakarta, NextID – Dalam rangka mencapai upaya maksimal untuk meningkatkan pertumbuhan dan memperkuat industri otomotif, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) bekerja sama dengan Gabungan Industri Otomotif Indonesia (GAIKINDO), menggagas pertemuan dengan seluruh pimpinan perusahaan industri otomotif dan Agen Pemegang Merek (APM) di Indonesia.

Pertemuan yang berlangsung pada Kamis (21/7) bertujuan untuk mendapatkan masukan mengenai upaya peningkatan investasi pengembangan dan pencapaian tujuan roadmap industri otomotif Indonesia. Acara ini dipimpin oleh langsung oleh Menperin RI Saleh Husin yang didampingi oleh Inspektur Jenderal Kemenperin Sorjono dan diikuti oleh seluruh penanggung jawab Agen Pemegang Merek (APM) di Indonesia yang juga merupakan anggota GAIKINDO.

Kemenperin mengatakan, target peningkatan produksi tersebut perlu dibarengi dengan target peningkatan investasi yang masuk ke indonesia. Dengan harapan dapat memberikan multiplier effect yang lebih besar dalam mendorong perekonomian nasional untuk menjadi lebih baik. Dalam sambutannya, Menteri Perindustrian menyampaikan  industri otomotif Indonesia merupakan salah satu industri andalan yang memiliki peran besar dalam PDB nasional.

Menteri menjelaskan tantangan selanjutnya adalah peningkatan ekspor kendaraan bermotor, di mana Kemenperin tengah merencanakan upaya yang harus dilakukan agar jumlah ekspor yang tahun lalu mencapai 207 ribu unit dapat meningkat sebanyak 100% hingga 300% sesuai dengan yang diharapkan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

Saleh Husein mengatakan, upaya peningkatan ekspor ini dibarengi dengan menambah investasi di Indonesia khususnya untuk produk-produk global dan komponen utama untuk memperkuat daya saing.  “Melakukan aktifitas promosi diperlukan untuk memperkenalkan potensi industri nasional dan pasar domestik serta menunjukkan kepada dunia internasional bahwa Indonesia dapat diperhitungkan sebagai tujuan investasi,” ujarnya.

Guna mendukung tujuan tersebut, Kementerian Perindustrian RI memberikan dukungannya kepada GAIKINDO yang dalam pelaksanaan pameran otomotif  berskala internasional yakni GIIAS (GAIKINDO Internasional Auto Show ) 2016. “Saya memesankan agar pada pameran ini semakin banyak diperkenalkan kepada masyarakat produk-produk mobil yang ramah lingkungan, yang memiliki emisi karbon yang rendah serta konsumsi bahan bakar yang efisien,” ujar Saleh Husin dihadapan seluruh pimpinan perusahaan APM di Indonesia.

Pameran otomotif GAIKINDO sudah sejak 2006 terdaftar pada asosiasi dunia OICA (Organisation Internationale des Constructeurs d’ Automobiles), yang menjadikan GIIAS sebagai bagian dari rangkaian pameran otomotif dunia sehingga dapat disejajarkan dengan pameran otomotif dunia lainnya, seperti Geneve Motor Show, Detroit Auto Show (NAIAS), Frankfurt Motor Show, dan juga Tokyo Motor Show.

“Tujuan dari GIIAS adalah untuk lebih mengukuhkan pelaksanaan pameran otomotif Indonesia di panggung dunia, dengan menjadi bagian dari pameran otomotif internasional GIIAS dapat menjadi ajang yang menunjukkan industri otomotif Indonesia pada dunia,” timpal Ketua Umum GAIKINDO, Yohanes Nangoi.

 

About Gatot Irawan

Check Also

Silaturahmi Pakai Mobil Hybrid Toyota, Siapa Takut?

Jakarta, NextID – Saat ini salah satu dealer Toyota yakni Auto2000 memasarkan tidak kurang dari …

Leave a Reply