Wednesday , 9 October 2024
Home / Auto / Honda Berkibar!
Honda BR-V masih berjaya di segmennya dan menjadi kontributor terbesar penjualan. Ist

Honda Berkibar!

Jakarta, NextID – Hingga Juni 2016, PT Honda Prospect Motor (HPM) berhasil meraih pangsa pasar sebesar 20,6% dari total pasar otomotif di Indonesia, dengan penjualan sebesar 109.662 unit mobil. Atau,  meningkat tajam dibanding akhir tahun 2015 lalu, yang tercatat sebesar 15%.

Pada Juni 2016 sendiri, Honda mengumpulkan penjualan sebanyak 19.472 unit, meningkat 11,7% dibanding penjualan bulan sebelumnya yang tercatat sebanyak 17.427 unit. Selain berhasil meningkatkan pangsa pasarnya secara total, Honda juga berhasil meraih posisi market leader melalui beberapa produknya di berbagai segmen, yaitu BR-V yang berada pada segmen Low SUV, Brio pada segmen City Car, Jazz pada segmen Hatchback dan CR-Z pada segmen Sport.

BR-V yang berada pada segmen Low SUV masih menjadi kontributor terbesar untuk penjualan Honda. Dengan penjualan total dari Januari hingga Juni 2016 sebesar 29.347 unit, BR-V meraih market share sebesar 42% dan menjadi market leaderdi LSUV. BR-V sendiri meraih total penjualan sebesar 2.262 unit pada Juni 2016.

Sementara itu, Brio menjadi market leader di segmen City Car setelah meraih total penjualan sebesar 3.605 unit pada periode Januari hingga Juni 2016 dengan market share 32%. Sementara Brio RS sendiri terjual sebanyak 1.624 unit pada Juni 2016.

Dari segmen Hatchback, Jazz menjadi market leader dengan total penjualan sepanjang pertengahan tahun 2016 sebesar 9.793 unit, dan market share sebesar 45%. Pada Juni sendiri Jazz telah membukukan penjualan sebesar 1.492 unit.

CR-Z menjadi market leader di segmen Sport setelah membukukan penjualan total sebesar 82 unit dengan market sharesebesar 50% pada periode Januari hingga Juni 2016. CR-Z sendiri telah terjual sebanyak 7 unit pada Juni.

Selain keempat produk yang menjadi market leader tersebut, Honda juga meraih penjualan yang cukup baik melalui produk-produk lainnya. Dari segmen LCGC, Brio Satya telah membukukan total penjualan sebanyak 11.385 unit dengan market sharesebesar 13% sejak Januari hingga Juni 2016. Pada Juni sendiri, New Brio Satya telah terjual sebanyak 5.231 unit, meningkat 314% dibandingkan bulan sebelumnya yaitu sebesar 1.263 unit.

Pada segmen Low SUV, HR-V 1.5L telah membukukan penjualan total sejak Januari hingga Juni 2016 sebanyak 20.027 unit dengan market share sebesar 29%. Pada Juni 2016 sendiri HR-V 1.5L telah terjual sebanyak 3.996 unit, meningkat 30.6% dibandingkan bulan sebelumnya yaitu sebesar 3.058 unit.

Sementara itu, varian lain dari HR-V yaitu HR-V 1.8L telah terjual sebanyak 5.687 unit dengan market share sebesar 14% pada periode Januari hingga Juni 2016.  HR-V 1.8L terjual sebanyak 576 unit pada bulan Juni 2016.

Mobilio yang berada pada segmen Low MPV telah membukukan penjualan total pada bulan Januari hingga Juni 2016 sebanyak 23.705 unit dengan market share sebesar 17%. Pada Juni 2016 Mobilio telah terjual sebanyak 3.280 unit.

Dari segmen SUV, CR-V telah membukukan total penjualan sebanyak 4.268 unit dengan market share sebanyak 11% di sepanjang bulan Januari hingga Juni 2016. Pada Juni, CR-V telah terjual sebanyak 665 unit.

All New Civic Turbo telah mencatat total penjualan sebanyak 357 unit dengan market share sebesar 41%. Pada Juni sendiri, Civic mencatat penjualan sebanyak 108 unit. Pada segmen Mid Sedan, Accord yang baru didistribusikan pada Juni 2016 membukukan penjualan total sebanyak 122 unit.

Pada segmen Mini Sedan, City telah membukukan total penjualan sebanyak 551 unit dengan market share sebesar 16% dari Januari hingga Juni 2016. Pada Juni 2016 City telah membukukan penjualan sebesar 102 unit. Sementara itu Odyssey telah membukukan penjualan total sebanyak 116 unit dengan market share sebesar 4%. Pada Juni, Odyssey telah terjual sebanyak 7 unit.

Marketing & After Sales Service Director PT Honda Prospect Motor, Jonfis Fandy mengatakan, meski kondisi pasar masih cenderung stagnan hingga pertengahan tahun ini, Honda justru dapat mencapai pertumbuhan penjualan dan meningkatkan pangsa pasarnya secara signifikan.

“Tak hanya itu, beberapa produk utama Honda juga mampu meraih posisi market leader sehingga menunjukkan minat yang masih kuat dari konsumen untuk produk-produk Honda. Tren yang positif ini akan kami pertahankan dengan menawarkan produk-produk yang segar dan paket pembiayaan dan purna jual yang atraktif  untuk konsumen,” ujarnya, Selasa (19/7).

About Gatot Irawan

Check Also

Peresmian Sembilan Diler BYD Arista Secara Sontak!

Jakarta, NextID – PT BYD Motor Indonesia bersama PT Arista Elektrika Indonesia (Arista Group) pada Senin (7/10) meresmikan …

Leave a Reply