Tuesday , 19 October 2021
Home / Auto / Indonesia Masuk 5 Besar VISTA 2016
Inilah tim Volvo Indonesia yang diwakili oleh Red Borneo, yang masuk dalam 5 besar VISTA 2016. Ist

Indonesia Masuk 5 Besar VISTA 2016

Jakarta, NextID – Regu Red Borneo dari PT Ekadharma Jaya Sakti menjadi salah satu peserta ajang final VISTA 2016. VISTA yang kepanjangan dari  Volvo International Service Training Award – adalah kompetisi bagi personal bengkel dalam jaringan pelayanan global Volvo Trucks dan Volvo Bus, yang dimulai sejak 1957 di Swedia.

Saat ini VISTA menjadi ajang  kompetisi personil bengkel terbesar di dunia, diikuti oleh lebih dari 18.000 peserta dari 96 negara. Setiap tim terdiri dari 2-4 orang dan kompetisi dimulai dengan tiga sesi pertanyaan teoritis yang dijawab oleh regu mereka sendiri. Setelah putaran itu, regu terbaik melanjutkan ke semi-final regional, sebanyak 32 tim lolos ke putaran final global yang diadakan di Gothenburg, Swedia.

Nasib tim Indonesia menggembirakan karena setelah melalui 2 ronde penjurian, mereka lolos menjadi pemenang kelima dalam ajang tersebut, yang diumumkan pada 1 Juni lalu. Sementara itu regu Harju dari Finlandia di urutan pertama, diikuti berturut-turut Zarren (Belgia), de Fietsemakers (Belanda), dan Riga (Latvia).

Menurut siaran pers (7/6), dikatakan ini merupakan suatu tonggak sejarah dalam pertandingan yang telah berlangsung selama 40 tahun terakhir ini, karena belum pernah ada regu dari Asia yang masuk menjadi 5 besar dalam kejuaraan ini. “Ini merupakan prestasi yang sungguh luar biasa, saya sangat bangga dan bahagia bisa membawa dan mendukung regu Indonesia sampai di tahap ini,” kata Hans Boren, Director Aftermarket Service and Network Development Volvo Trucks Indonesia.

“VISTA merupakan kompetisi yang sangat sulit. Jika ingin berhasil dalam kompetisi ini, diperlukan waktu pelatihan yang konsisten setiap hari. Bahkan sampai detik terakhir dalam kompetisi ini, masih ada sesuatu yang bisa dipelajari, maka untuk meraih lima besar, merupakan suatu prestasi yang luar biasa,” lanjutnya.

Bagian pertama dari kompetisi ini sudah terselenggara pada 2015 yakni pada September, dan November, lalu pada Februari 2016. Di sini para peserta diwajibkan menjawab pertanyaan teori dalam tiga putaran. Setelah itu, regu terbaik diadu kembali dalam kompetisi final regional yang diselenggarakan oleh masing-masing negara pada bulan April 2016. Dari sana tersaring 32 regu yang lolos ke putaran final global di Gothenburg yang digelar 31 Mei – 1 Juni 2016.

Tujuan utama dari VISTA adalah untuk mengembangkan dan meningkatkan keingintahuan para peserta, meningkatkan ketrampilan dan kemampuan untuk bekerja sama. Pada saatnya, pertandingan ini secara otomatis menghasilkan peningkatan kualitas dalam pekerjaan yang dilakukan di dalam bengkel manapun di seluruh dunia. Sehingga akhirnya, tersampaikan tujuan akhir VISTA yang fokusnya lebih untuk kontribusi untuk meningkatkan pelayanan dan kepuasan pelanggan.

“VISTA adalah cara untuk menunjukkan betapa kami menghargai kerja keras yang dilakukan oleh para pekerja di bengkel kami di seluruh dunia. Ini juga merupakan cara bagi kita untuk berinvestasi dalam fitur yang dinilai paling penting oleh pelanggan kami – pelayanan kelas dunia, ” kata Claes Nilsson, Presiden Volvo.

About Gatot Irawan

Check Also

40 Tahun Inovasi dan Kesuksesan Peugeot Sport

Jakarta, NextID – Peugeot Global terus melakukan langkah inovasi. Tidak terkecuali pada divisi Peugeot Sport …

Leave a Reply