Sunday , 8 September 2024
Home / Tech / Gadget / Kembangkan loT, XL Bidik 200 Ribu Pelanggan Baru

Kembangkan loT, XL Bidik 200 Ribu Pelanggan Baru

Jakarta, NextID – PT XL Axiata Tbk (XL) semakin serius mengembangkan bisnis Internet of Thing (IoT) di 2016 ini. Dengan terobosan ini, XL menargetkan setidaknya akan mampu menambah 200 ribu pelanggan IoT yang baru hingga akhir tahun nanti.

Vice President Digital Services Business XL, Rafael Jeffry A. Sani, mengatakan dalam rilis yang diterima NextID, “Kemajuan teknologi digital yang sangat pesat menjadi tantangan bagi XL untuk terus mengembangkan bisnis IoT yang mampu memberikan solusi bagi semua kalangan. Layanan IoT kini muncul sebagai solusi yang menjadi trend di hampir semua sektor bisnis. IoT telah menggabungkan dunia fisik dengan dunia digital, yang selanjutnya menawarkan sejumlah peluang dan tantangan baru bagi kalangan bisnis, pemerintahan, dan juga konsumen perorangan.”

Rafael Jeffry A. Sani menambahkan, untuk 2016, XL menargetkan meraih sekitar 200 ribu pelanggan baru untuk layanan IoT. Untuk itu, XL sudah menyiapkan “senjata”. XL berusaha selalu selangkah lebih maju dibandingkan pelaku bisnis lainnya. Ketika mereka masih berfokus dengan komunikasi device to device (M2M), XL sudah mengembangkan lagi ekosistem dengan menyiapkan single platform yang sudah dilengkapi dengan Aplikasi, device, network, yang di butuhkan oleh pelanggan.

Dalam implementasinya, ada beberapa layanan yang sudah dipersiapkan guna menghadapi tahun 2016. Pertama, “Yubox”. Solusi ini menawarkan kemampuan dalam menyediakan koneksi internet wifi plus konten hiburan berupa musik, video, games, serta aplikasi yang dapat diakses atau diunduh secara gratis. Saat ini  “Yubox” sedang di uji coba pada sarana transportasi umum kereta api, bus, serta armada “GrabCar” dari Grab Indonesia.

Kedua, lanjut Rafael, “Savvy Smarthome”. Solusi ini merupakan solusi yang menghadirkan kenyamanan dan keamanan pada rumah tinggal. Dengan mengandalkan sensor-sensor yang terintegrasi dengan aplikasi digital, sehingga memudahkan kita untuk memantau keadaan rumah. Saat ini, layanan inovatif ini sedang ujicoba di apartemen The Residence at Synthesis Square dan akan dikembangkan juga untuk Apartemen Bassura City.

XL_IOT2 : seorang model menunjukkan layanan “Yubox” melalui ponsel di Jakarta. Rabu (6/4).
XL_IOT2 : seorang model menunjukkan layanan “Yubox” melalui ponsel di Jakarta. Rabu (6/4).

 

Selanjutnya, ada juga solusi “Smartcity”. Solusi berupa platform ini akan menawarkan kemudahan bagi  pemerintah daerah dan warganya untuk bisa mempermudah akses informasi seputar kebijakan pemerintah setempat mengenai berbagai sektor, kondisi kota, layanan publik, termasuk juga upaya menggalang partisipasi publik dalam proses pembangunan daerah. Terakhir, layanan “Agnosthings”. Melalui solusi ini, pelanggan atau masyarakat bisa mengetahui informasi seputar kota, seperti antara lain lokasi rumah sakit terdekat, kantor polisi, halte bus, stasiun kereta, dan juga kantor layanan publik, semacam kantor pajak, layanan listrik dan air.

Tidak hanya itu, kata dia, XL juga akan terus mengembangkan pasar dengan menyasar ke sektor industri yang baru. XL akan masuk ke sektor logistik, transportasi, utility, finansial, smart cities, layanan publik, manufaktur, dan supply chain. Pasar pelanggan sektoor retail juga akan semakin dikembangkan mulai kuartal ketiga. XL berharap, tahun ini bisa pendapatan dari IoT bisa tumbuh 2 kali dari tahun sebelumnya.

Untuk kalangan industri, XL juga masih menawarkan solusi untuk tujuan efisiensi, yang memang menjadi kebutuhan mereka. Solusi untuk efisiensi sudah diusung XL sejak awal layanan IoT masih sebagai layanan M2M (machine to machine).

Seperti diketahui, hingga kuartal pertama 2016, layanan IoT XL memiliki sekitar 650 ribu pelanggan. Sebagian besar merupakan pelanggan dari lini bisnis, terutama sektor otomotif, utility, serta finansial dan perbankan. Ada 6 produk yang sudah ditawarkan, yaitu Yubox, SIMPLY, SAVVY Smarthome, Multi Carrier Access (MCA), XLocate, dan Xmart City.(Satoto Budi)

About Murizal Hamzah

Check Also

Honda Raih Penghargaan Most Popular Brand dari Jawa Pos

Jakarta, NextID – PT Honda Prospect Motor meraih penghargaan bergengsi sebagai “Most Popular Brand” pada …

Leave a Reply