Home / Auto / Waspada, Honda Raih 21,9% Pangsa Pasar!
Salah satu model yang berkontribusi besar pada penjualan Honda saat ini, HR-V. Ist

Waspada, Honda Raih 21,9% Pangsa Pasar!

Jakarta, NextID – Pada dua bulan pertama di tahun 2016, Honda tercatat telah mengantongi penjualan sebanyak 37.904 unit mobil di Indonesia, dengan pangsa pasar mencapai 21,9% dari seluruh total pasar otomotif nasional. Penjualan Honda tersebut meningkat sebesar 24% dibanding penjualan pada periode yang sama di tahun 2015, yang tercatat sebesar 30.537 unit.

Sepanjang bulan Februari 2016 sendiri, Honda membukukan penjualan sebesar 18.500 unit. Pencapaian tersebut terutama didukung penjualan model-model terbaru Honda, di antaranya BR-V yang kembali menjadi penyumbang penjualan terbanyak untuk Honda.

BR-V menyumbang penjualan sebanyak 5.575 unit di bulan Februari. Dalam dua bulan pertama penjualannya, Crossover SUV dari Honda ini telah meraih total penjualan mencapai 12.202 unit, dan memimpin pasar Low SUV dengan pangsa pasar sebesar 51%.

Masih dari segmen Low SUV, HR-V 1.5L berada di urutan kedua untuk penjualan Honda dengan total 3.096 unit di bulan Februari 2016. Di tahun 2016 ini,  HR-V 1.5 liter telah mencatat total penjualan 6.445 unit, dengan market share sebesar 27% di kelasnya. Sementara HR-V 1.8L meraih penjualan sebesar 1.130 unit pada bulan Februari 2016, dengan total penjualan 1.627 unit di tahun 2016 dan meraih pangsa pasar 13% di segmen SUV.

Honda HR-V juga menjadi  menjadi penyumbang penjualaan signifikan Honda.  Ist
Honda HR-V juga menjadi menjadi penyumbang penjualaan signifikan Honda. Ist

New Mobilio mengalami peningkatan penjualan setelah mengalami penyegaran pada awal tahun 2016 lalu. Di bulan Februari 2016, New Mobilio mencatat penjualan sebesar 3.825 unit, meningkat 31,7% dibanding penjualan di bulan Januari 2016. Dengan demikian, total penjualannya di tahun 2016 telah mencapai 6.729 unit dengan market share 17% di segmen Low MPV.

Beralih ke segmen LCGC Honda,  Brio Satya memperoleh penjualan sebesar 2.055 unit pada bulan Februari 2016, dengan total penjualan 3.973 unit selama 2016 dan meraih market share 14% di kelasnya. Sementara New Brio terus memimpin di segmen City Car dengan pangsa pasar 35%, dengan total penjualan 1.523 unit di tahun 2016. Penjualan New  Brio pada bulan Februari 2016 sendiri tercatat sebanyak 796 unit.

Jazz mencatat angka penjualan 1.021 unit di Februari 2016 dengan total penjualan selama tahun 2016 sebesar 2.449 unit dan pangsa pasar 37% di segmen Hatchback. Model lainnya, CR-V memperoleh penjualan 761 unit di bulan Februari 2016, dengan total penjualan sebesar 1.627 unit  selama tahun 2016 dan market share sebesar 13% di segmen SUV.

Freed mencatat penjualan sebesar 128 unit pada Februari 2016, dengan total penjualan 415 unit di tahun 2016 dan pangsa pasar 3% di segmen MPV. Sementara City meraih penjualan 113 unit di Februari 2016, dengan total penjualan 159 unit dan market share sebesar 31% di segmennya.

“Secara keseluruhan, penjualan produk-produk Honda menunjukkan tren penjualan yang positif di bulan kedua 2016 ini, sehingga berkontribusi terhadap pangsa pasar yang cukup tinggi yang berhasil diraih Honda hingga saat ini. Dengan tingkat pemesanan terhadap model-model baru yang masih tinggi serta berbagai penyegaran produk yang akan kami lakukan, kami berharap tren penjualan ini akan terus konsisten hingga bulan-bulan selanjutnya,” ungkap Jonfis Fandy, Marketing & Aftersales Service Director PT Honda Prospect Motor, Senin (14/3). (tot)

About Gatot Irawan

Check Also

Asyiknya Naik Motocompacto di Booth Honda

Tangerang, NextID – Selain menampilkan teknologi dalam berbagai model mobil, PT Honda Prospect Motor juga …

Leave a Reply