Home / LifeStyle / Leisure / Health / Drugs & Desease / Tips Sikat Gigi Yang Benar
Ilustrasi perempuan menyikat gigi 3

Tips Sikat Gigi Yang Benar

Jakarta, NextID – Ahli konservasi gigi mengatakan tindakan yang dapat kita lakukan untuk mencegah gigi berlubang adalah menyikat gigi secara benar.

“Sikat gigi setelah sarapan dan malam sebelum tidur. Saat menyikat gigi, gerakan sikat gigi harus memutar, pelan, sampai merasa bersih,” kata Ahli Konservasi Gigi dari Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia, Dr. Ratna Meidyawati drg. SpKG(K), di Jakarta, Selasa.

Baca Juga : Tips makan di luar tanpa takut gemuk

Kemudian, untuk permukaan kunyah sebaiknya sikatlah dengan gerakan maju mundur. Untuk bagian bagian dalam dekat permukaan lidah dan langit-langit, sikatlah dengan gerakan mencungkil. Selain itu, jangan lupa menyikat bagian permukaan lidah karena merupakan tempat berkumpulnya bakteri. “Idealnya, sikat gigi dilakukan sekitar lima menit,” katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Head of Professional Relationship Oral Care, PT Unilever Indonesia, Tbk, drg. Ratu Mirah Afifah GCClinDent.,MDSc, mengungkapkan khusus untuk sikat gigi sebaiknya pilihlah yang bentuknya menyerupai kontur mulut. “Sikat gigi yang disarankan mengikuti kontur mulut manusia. Sikat gigi harus membersihkan seluruh bagian gigi, termasuk bagian dalam (lingua),” katanya.

Kemudian, jangan lupa mengganti sikat gigi setiap tiga bulan sekali atau ketik bulu sikat gigi sudah mengembang.

About Adam Rizal

Check Also

Gagal Ginjal sebagai Salah Satu Komplikasi COVID-19 pada Anak?

Oleh dr. Vidya Dewi Sutanto Jakarta, NextID – Ginjal merupakan organ yang memiliki fungsi penting …

Leave a Reply