Wednesday , 22 September 2021
Home / Tech / Computer / RI Gelar E-Commerce Terbesar

RI Gelar E-Commerce Terbesar

“Indonesia E-Commerce Summit & Expo (IESE)” digelar pada 27 – 29 April di  Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD, Tangerang.
“Indonesia E-Commerce Summit & Expo (IESE)” digelar pada 27 – 29 April di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD, Tangerang.

 

Jakarta, NextID  –Industri e-commerce di Indonesia diprediksi terus tumbuh secara signifikan dalam beberapa tahun mendatang hingga mencapai USD 130 miliar pada 2020. Angka ini menempatkan Indonesia sebagai salah satu kekuatan ekonomi digital terbesar dunia.

Awal tahun 2016 ini, industri e-commerce Indonesia memasuki babak baru setelah pemerintah mengeluarkan peta jalan yang akan menjadi landasan pembangunan industri e-commerce ke depan. Peta jalan tersebut mencakup tujuh aspek strategis, yakni logistik, pendanaan, perlindungan konsumen, infrastruktur komunikasi, perpajakan, pengembangan SDM, serta cyber security. Seluruh komponen tersebut merupakan faktor krusial bagi kemajuan industri e-commerce nasional.

Dengan kerja keras dan sinergi berbagai elemen ekosistem, industri e-commerce dapat membawa perubahan signifikan bagi perekonomian Indonesia. Menurut McKinsey Global Institute, UKM yang beralih ke arah digital akan mendapat tingkat pertumbuhan dua kali lipat dibanding mereka yang tidak masuk ke ranah digital. Saat ini Indonesia memiliki sekitar 56 juta UKM dan menjadi salah satu kontributor terbesar ekonomi dengan kontribusi sebesar 55,6% terhadap PDB nasional.

“Kami berharap e-commerce bisa memberikan kontribusi positif bagi pertumbuhan ekonomi nasional dan membantu para pelakunya untuk lebih mandiri secara ekonomi” terang Daniel Tumiwa, Ketua Umum Indonesia E-Commerce Association (IdEA).

Di tengah euforia positif ini, Indonesia akan menyelenggarakan perhelatan e-commerce terbesar “Indonesia E-Commerce Summit & Expo (IESE)” pada 27 – 29 April di  Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD, Tangerang. Sebagai forum pertemuan bergengsi para pemangku kepentingan industri, Summit dan Workshop selama 3 hari ini akan menampilkan 72 pembicara baik dari lokal maupun internasional, serta lebih dari 150 eksibitor. Acara ini diprakarsai oleh Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA) bersama Dyandra Promosindo, serta didukung oleh Kementrian Perdagangan, Kementrian Komunikasi dan Informatika, dan Badan Ekonomi Kreatif.

Mengangkat tema “The New Digital Energy of Asia”,. IESE 2016 rencananya akan dibuka oleh Presiden RI, Joko Widodo, serta menghadirkan pembicara kaliber nasional dan internasional yang merupakan tokoh-tokoh penting industri e-commerce dan ekosistem pendukungnya. Sebut saja Roger Egan – CEO & Co-Founder Redmart, Rajan Anandan – Vice President SEA & India Google, Mitch Barns – Global CEO Nielsen, Rudiantara – Menteri Kominfo RI, Thomas Lembong – Menteri Perdagangan RI, Triawan Munaf – Kepala Badan Ekonomi Kreatif, dan masih banyak lagi.

About Murizal Hamzah

Check Also

Scuderia Alphatauri Pertahankan Pierre Gasly dan Yuki Tsunoda untuk Musim 2022

Faenza, NextID – Scuderia AlphaTauri mengumumkan untuk mempertahankan duet pembalapnya, yaitu Pierre Gasly dan Yuki …

Leave a Reply