Jakarta, NextID – Electronic City terpilih sebagai salah satu brand di WOW 300 dalam gelaran The 1st WOW Brand Festive Day 2016. Pilihan ini dijatuhkan pada Electronic City karena peritel elektronik ini memiliki fans yang baik sehingga mendapatkan nilai Brand Advocacy Ratio (BAR) tertinggi di Indonesia. Prestasi lain yang diraih oleh Electronic City pada event itu yaitu terpilihnya Manael Sudarman selaku General Manager Marketing Communications sebagai salah satu dari 30 orang peraih penghargaan ‘Indonesia Brand Champions: Best 30 Managers’, yaitu penghargaan yang diperuntukkan bagi Brand Manager terpilih anggota WOW Brand 300.
Menurut Hermawan Kartajaya, Founder & Chairman of MarkPlus, Inc., terpilihnya Electronic City tidak terlepas dari keberhasilan brand Electronic City menjadi pemenang di survei WOW Brand yang dilakukan di 18 kota Indonesia sepanjang 2015 oleh MarkPlus, Inc.. Berdasarkan hasil survei tersebut, Electronic City berhasil mencapai Brand Advocacy Ratio (BAR) 0.92 yang merupakan sebuah prestasi hebat ditengah fragmentasi pasar dan ini merupakan modal untuk mencapai loyalitas cukup besar. Nilai BAR (Brand Advocate Ratio yaitu rasio antara nilai advocacy spontan terhadap nilai awareness spontan dimana angka yang paling ideal adalah 1 yang berarti jumlah orang yang mengetahui brand sama dengan jumlah orang yang merekomendasikan brand tersebut.
“WOW Brand merupakan konsep pemasaran mutakhir dari MarkPlus, Inc. yang dikembangkan untuk merespon perubahan customer path di era konektivitas 5A/WOW Marketing di Era New Wave atau AWARE, APPEAL, ASK, ACT, ADVOCATE. Pada bulan September 2015 lalu PT Electronic City Indonesia Tbk telah berhasil kembali meraih penghargaan INDONESIA WOW BRAND 2015: Residential Property Developer, Shopping Mall & Retail, Kategori Electronic Store untuk kedua kalinya,” ujarnya dalam rilis yang diterima NextID, Selasa (8/3).
“Sebagai salah satu brand didalam WOW Brand 300 sekaligus menjadi anggota Brand for Good Club merupakan kebanggan sekaligus juga tantangan tersendiri bagi Electronic City. Sebagai salah satu brand dengan nilai Brand Advocate Ratio (BAR) tertinggi di Indonesia, kami percaya bahwa persepsi brand yang baik merupakan proses end-to-end yang terus berjalan dan tidak berhenti walaupun setelah pembelian selesai dilakukan.
Ditengah kondisi market yang sulit saat ini, BAR merupakan salah satu tolak ukur keberhasilan komunikasi pemasaran yang sudah kami lakukan selama ini. dari sebuah brand dapat dilihat dari keefektifan strategi yang pemasaran yang sudah kami jalakan. Hal ini sangatlah penting karena strategi yang baik akan memunculkan rekomendasi yang baik pula dari konsumen terhadap brand kami. ” ujar Manael Sudarman, General Manager Marketing Communications PT Electronic City Indonesia Tbk.
“Usia 14 Tahun dalam perjalanan bisnis industri retail elektronik modern di Indonesia, WOW Brand merupakan bentuk penghargaan dan juga penyemangat kami agar dapat selalu berusaha meningkatkan kualitas pelayanan yang lebih baik sehingga dapat meningkatkan jumlah fans dan menjadi brand yang direkomendasikan oleh fans kami.” pungkas Manael.(Satoto Budi)