Home / Tech / Computer / Dapat Layanan 4G LTE untuk Wisatawan di Belitung
Presiden Direktur XL, Dian Siswarini memanjat menara BTS 4G di area Tanjung Tinggi, Belitung, Selasa (8/3). Sejak pekan lalu, pelanggan XL dan masyarakat Belitung telah bisa menikmati dan memanfaatkan layanan internet cepat 4G LTE. Peresmian layanan ini bertepatan dengan momentum jelang melintasnya Gerhana Matahari Total di atas Belitung. Dengan demikian para wisatawan bisa mengabadikan dan menyebarkan peristiwa alam yang sangat langka tersebut ke seluruh penjuru dunia dengan layanan internet cepat yang berkualitas dari XL.

Dapat Layanan 4G LTE untuk Wisatawan di Belitung

Jakarta, NextID – PT XL Axiata Tbk (XL) meresmikan layanan 4G LTE di Belitung. Peresmian layanan 4G LTE ini dilakukan untuk menyambut datangnya Gerhana Matahari Total (GMT), dimana Belitung menjadi salah satu lokasi perlintasannya. “Implementasi 4G LTE ini sekaligus menjadi respon kami atas penetapan Belitung sebagai salah satu destinasi wisata nasional unggulan oleh pemerintah. Apalagi kali ini Belitung menjadi sorotan dunia karena menjadi salah satu spot terbaik untuk mengamati Gerhana Matahari Total. Kami berharap, dengan layanan internet cepat 4G LTE dari XL, kepopuleran Belitung akan semakin mendunia,” papar Presiden Direktur XL Dian Siswarini, Selasa (8/3), usai meresmikan layanan 4G LTE bersama Bupati Belitung H Sahani Saleh.
Menurut Dian, untuk mendukung layanan 4G LTE ini, pada tahap awal XL menempatkan 10 BTS 4G. Wilayah yang akan terkaver adalah Tanjung Pandan, area Tanjung Binga hingga Tanjung Tinggi, dan Manggar di wilayah Belitung Timur. XL telah menyiapkan jaringan 4G LTE sejak satu bulan terakhir agar segera dapat dinikmati oleh masyarakat dan wisatawan yang datang ke Pulau Belitung.
“Masyarakat Belitung sudah bisa memanfaatkan layanan internet cepat 4G LTE sejak Sabtu, 5 Maret 2016. Tentu saja para wisatawan yang berkunjung ke pulau ini juga bisa mendapatkan akses internet cepat ini. Kebetulan area yang sudah tercover memang sebagian besar merupakan wilayah yang menjadi destinasi wisata dan pusat kegiatan masyarakat setempat,” tuturnya.
Ditambahkan, petugas XL di Belitung akan terus mendorong dan mempermudah pelanggan untuk mengganti kartu SIM lama dengan SIM 4G LTE. Selain kemudahan, XL juga menawarkan program menarik dan bermanfaat bagi pelanggan yang telah mengganti kartu SIM lama ke SIM 4G LTE. XL menawarkan bonus kuota internet sebesar 3GB (di jaringan 3G/4G) bagi pelanggan yang sudah meng-upgrade kartunya.
Tidak hanya itu, lanjut Dian, pihaknya juga akan memanfaatkan momentum kunjungan wisatawan menyaksikan GMT dengan menyiapkan open booth di Pantai Tanjung Kelayang dari tgl 6 – 9 Maret 2016, agar pelanggan bisa lebih dekat mengganti kartu SIM lama dengan SIM 4G LTE. “Kami tidak ragu terhadap Belitung, karena saat ini sekitar 85% pengguna layanan seluler menggunakan kartu XL,” ujarnya.
Siap Layani Wisatawan
Selain Belitung, layanan 4G LTE dari XL juga siap melayani pelanggan dan masyarakat yang menyaksikan peristiwa alam langka GMT di sejumlah area yang dilintasi. Area-area tersebut adalah Palembang, Bangka dan Belitung, Palangkaraya dan Sampit – Kalimantan Tengah, Balikpapan – Kalimantan Timur, Palu dan Poso – Sulawesi Tengah. Kualitas jaringan XL di area-area tersebut cukup baik. Semuanya sudah terlayani dengan 3G, dan bahkan di Palembang dan Belitung sudah terlayani 4G LTE.
Bahkan, untuk beberapa area utama, XL juga telah melakukan optimasi kekuatan jaringan sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Area yang dimaksud seperti lokasi-lokasi yang akan menjadi spot pengamatan GMT, lokasi festival, dan berbagai ragam keramaian lainnya dalam rangka menyambut GMT. Sejumlah daerah diinformasikan memang menyelenggarakan berbagai acara keramaian.

About Adam Rizal

Check Also

Isuzu MU-X 2024 & Isuzu D-Max SC 2024 Tampil Lebih Tangguh & Gagah

PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) secara resmi memperkenalkan Isuzu MU-X 2024 dan Isuzu D-Max …

Leave a Reply