Home / Tech / Computer / XL Gandeng Pemprov NTB Hadirkan XmartCities
Xmartcities Lombok :Direktur Digital Service XL ,Ongki Kurniawan, bersama Gubernur NTB, Dr.TGH. M. Zainul Madji dalam acara implementasi kerjasama Xmartcities Lombokdi Mataram. Kamis (11/2), XL dan Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) mulai mengimplementasi kerjasama XmartCities Lombok dalam empat layanan digital yang baru.

XL Gandeng Pemprov NTB Hadirkan XmartCities

Mataram, NextID – PT XL Axiata Tbk (XL) dan Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) mulai mengimplementasi kerja sama XmartCities Lombok dalam empat layanan digital. Keempat layanan tersebut adalah pemesanan pemakaman, pembayaran pajak kendaraan bermotor dengan XL Tunai, konten video dakwah bagi para ulama lokal, dan media komunikasi bagi panti asuhan.

Direktur Digital Services XL, Ongki Kurniawan dalam rilis yang diterima NextID mengatakan, “Keempat layanan digital yang kini bisa mulai dimanfaatkan oleh masyarakat ini akan mengantar Provinsi NTB menjadi salah satu provinsi terdepan dalam memanfaatkan solusi digital dalam mengatasi masalah sosial masyarakat, termasuk dalam menerapkan e-goverment. XL akan berusaha membantu pengembangan kerja sama ini di masa mendatang. XL mendukung program IBP (Internet Broadband Plan) & Smart City yang dicanangkan pemerintah, dengan memfasilitasi masyarakat Lombok dan sekitarnya untuk mendapatkan kemudahan terhadap informasi religi dan sosial,  melalui solusi digital dan jaringan 4G LTE XL.”
“Pada layanan pemesanan makam, masyarakat akan bisa menemukan fitur yang membantu dalam memilih lokasi makam berdasarkan daerah, mengetahui lokasi makam yang statusnya kosong atau sudah terisi, juga memilih dan memesan makam langsung dari aplikasi. Selanjutnya, masyarakat juga bisa mengetahui status pemesanan apakah berhasil dipesan dan sudah terbayar, serta mencari lokasi makam berdasarkan nama jenazah,” ujarnya seraya menambahkan masyarakat Lombok di lima wilayah bisa memesan lokasi pemakaman di melalui website http://xmartcitylombok.com/ atau aplikasi yang bisa diunduh di Google Play Store.
Selain reservasi makam, kata Ongki, XL juga membantu para ulama Lombok dalam melakukan aktivitas dakwah melalui media digital. Diharapkan, melalui media dahwah online ini, para ulama akan bisa menyebarkan materi dakwah dalam format video kepada masyarakat NTB.
Website Panti Asuhan
Pada kesempatan yang sama, Pemerintah Provinsi NTB dan XL juga meresmikan implementasi dari pembangunan website yang didedikasikan bagi kalangan panti asuhan di Lombok. Website ini diharapkan akan bermanfaat untuk mempermudah proses sosialisasi kepada masyarakat luas mengenai kondisi dan kebutuhan setiap panti asuhan di daerah tersebut. Selain itu, website ini sekaligus akan mempermudah masyarakat untuk bisa menyalurkan donasi kepada panti-panti tersebut.
Dalam pembangunan website ini, XL mendapatkan dukungan teknis secara penuh dari STIMIK Bumigora, Mataram. XL memang selalu menggandeng perguruan tinggi setempat dalam membangun saranan digital terkait program XmartCity dan XmartVillage di berbagai daerah. Terakhir, XL dan Pemerintah Provinsi NTB juga mulai mengimplementasikan kerja sama layanan XL Tunai untuk pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor. Melalui program ini, XL Tunai bisa menjawab kebutuhan Pemerintah Provinsi NTB untuk meningkatkan tingkat pembayaran pajak, sekaligus mempermudah masyarakat untuk melakukan pembayaran. Ini sekaligus yang pertama di Indonesia untuk model kerja sama layanan seperti ini.(Satoto Budi)

 

About Adam Rizal

Check Also

HondaJet Echelon: Jet Ringan dengan Teknologi Terdepan

Las Vegas, NextID – Honda Aircraft Company memperkenalkan pesawat jet terbaru dengan nama HondaJet Echelon …

Leave a Reply