Sunday , 8 September 2024
Home / LifeStyle / Property / House / Tips Renovasi Kamar Mandi yang Murah Meriah
Kamar Mandi 6

Tips Renovasi Kamar Mandi yang Murah Meriah

Jakarta, NextID – Renovasi rumah tidak bisa dihindari ketika kerusakan datang. Merenovasi rumah membutuhkan dana pengeluaran yang banyak. Karena itu, pemilik rumah harus mempertimbangkan dan merencanaan proses renovasinya dengan matang. Apalagi, jika renovasi dilakukan pada ruang-ruang penting seperti kamar mandi. Tanpa perencanaan, biaya renovasi bisa menggembung dan pemilik rumah kesulitan mengatur kegiatan sehari-hari. Sebaiknya, anda menyiapkan daftar belanja sejak enam bulan sebelum renovasi.

Enam bulan sebelum renovasi

Pertama, anda harus mencari referensi. Temukan desain yang tepat untuk kamar mandi yang ingin direnovasi. Bukalah halaman demi halaman majalah desain, buat ‘papan ide’ atau media sosial seperti Pinterest untuk mengumpulkan sumber inspirasi anda. Menghubungi desainer juga bukan ide yang buruk. “Sebaiknya anda menggunakan catatan kecil untuk mengomentari bagian terbaik pada setiap ide desain kamar mandi. Konsultasi dengan tenaga profesional akan menghemat waktu anda,” kata Desainer Holly Rickert seperti dikutip Elle Decor.

Kedua, cobalah mencari referensi mengenai kontraktor atau tukang bangunan yang terpercaya. Anda bisa menanyakan kepada teman, kolega, atau toko perkakas dan bahan bangunan yang biasanya memiliki kontak tukang bangunan. Ketiga, mulailah menggambar atau merancang kamar mandi anda. Jangan lupa menyertakan ruang penyimpanan, lokasi toilet, wastafel, pancuran, dan bathtub. Pastikan penempatannya sesuai dengan sistem plumbing atau saluran air di rumah anda.

Kamar Mandi 2
Kamar Mandi 2

Tiga bulan sebelum renovasi

Mulailah realistis dengan anggaran renovasi rumah. Renovasi bisa menghabiskan jutaan bahkan puluhan juta rupiah untuk pembelian toilet, keramik, bahan-bahan bangunan, serta membayar tenaga tukang. Karena itu, pastikan alokasi dana yang mampu anda keluarkan untuk renovasi. Anda bisa saja mendapatkan tampilan kamar mandi sesuai keinginan anda. Caranya, anda bisa menyurvei toko-toko bangunan, dan tidak perlu membeli barang mahal.

Saat ini banyak keramik dan alat-alat mandi hasil replika barang mewah. Misalnya, keramik yang tampak seperti marmer. Tentu saja, kualitasnya berbeda dari yang asli.Mulailah menghubungi dan mempekerjakan kontraktor. Seharusnya, kontraktor profesional dapat menyediakan jadwal kerja dan material yang diperlukan. Bersama sang kontraktor, anda bisa menyesuaikan anggaran yang mampu anda penuhi dan anggaran hasil rancangan sang kontraktor.

Dua bulan sebelum renovasi

Dua bulan sebelum renovasi, mulailah membeli keramik, keran, dan alat-alat lainnya. Umumnya, keramik siap pakai bisa anda bawa pulang saat pembelian. Namun, jika anda membeli keramik pesanan buatan tangan secara khusus, anda membutuhkan waktu sekitar 12 minggu. Alangkah baiknya, anda pastikan terlebih dahulu keramik tiba di rumah anda sekitar depalan bulan sebelum renovasi.

Kamar Mandi 11
Kamar Mandi 11

Satu bulan sebelum renovasi

Satu bulan sebelum renovasi, keluarkan barang-barang, seperti sabun, lemari obat, cermin, dan barang-barang lainnya. Anda juga bisa mengisi waktu dengan mencari aksesori kamar mandi, seperti gantungan handuk, tempat tisu kamar mandi, atau wadah sabun. Di bulan yang sama, pilih warna cat yang akan anda gunakan.

Saat renovasi

Terakhir, pada saat renovasi, pastikan anda mengecek kondisi proyek secara berkala. Pastikan komunikasi terus berjalan. Kemudian, pastikan juga anda tidak kaku dalam pengambilan keputusan. Anda akan menemukan banyak hal yang berbeda dari rancangan proyek. Pastikan kontraktor atau tukang bangunan yang anda percaya selalu meminta saran atau berkoordinasi dengan anda sebelum mengambil keputusan.

About Adam Rizal

Check Also

Metland Puri Menghadirkan Fasilitas Baru Puri Junction

Jakarta, TheNext – Metland Puri, sebuah kawasan perumahan yang terkenal dengan fasilitasnya yang lengkap, telah …

Leave a Reply