Saturday , 18 September 2021
Home / LifeStyle / Leisure / Health / Tips Makan di Luar, Tanpa Takut Kegemukan
Ilustrasi makan di luar 1

Tips Makan di Luar, Tanpa Takut Kegemukan

Jakarta, NextID – Saat melakukan diet, anda harus memiliki komitmen yang teguh. Namun, ada satu kesempatan yang bisa merusak komitmen diet seperti undangan makan bersama atau menghadiri sebuah pesta. Menurut pakar fitnes dan nutrisi asal Amerika Serikat JJ Virgin, makanan-makanan restoran sering kali mengandung kalori yang banyak.

Virgin mengatakan makanan salad mungkin terdengar sehat dengan komposisi sayur, buah kering, atau kacang. Namun, salad memiliki saus yang kaya kalori dan lemak.  “Jumlah kalori keju pada salad setara dengan kalori pada burger keju atau gorengan dalam porsi yang sama,” katanya seperti dilansir The Huffington Post. Virgin memberikan beberapa tips sehingga anda tidak perlu takut makan di luar :

1. Jangan terlalu terpaku pada menu restoran

Menu-menu restoran hanyalah rekomendasi.  Anda bisa meminta pramusaji untuk mengganti bahan-bahan di dalam supaya lebih sehat. Misalnya, ada menu bayam dan salmon dengan keju, anda bisa meminta untuk mengganti kejunya dengan sayuran.

2. Mulai dengan salad

Makanlah salad terlebih dulu karena dapat menekan nafsu makan. Namun, pastikan dressing yang anda gunakan adalah cuka atau minyak zaitun saja.

3. Makanan yang digoreng

Makanan yang digoreng mengandung lebih banyak lemak sehingga lebih baik anda memesan makanan dengan cara direbus, dibakar, atau dipanggang.

4. Tanyalah detail penyajian

Anda tidak mengerti soal penyajian dari makanan yang dipesan. Maka, tanyalah terlebih dahulu supaya tidak menyesal saat makan misalnya ada pelengkap sajian yang tinggi lemak jenuh bahkan menyebabkan alergi.

5. Sadar diri

Jika tujuan makan malam adalah untuk merayakan sesuatu, maka fokuslah terhadap yang dirayakan bukan makanannya. Anda bisa memperbanyak pembicaraan dengan teman-teman makan malam daripada sibuk memperhatikan makanan.

6. Kurangi porsinya

Menu di restoran disajikan dalam porsi besar. Sebaiknya anda memesan setengah porsi saja atau membaginya ke teman.

About Adam Rizal

Check Also

MSG Pemicu Kanker, Benar atau Salah?

Jakarta, NextID – Penyedap rasa atau sering kita kenal dengan monosodium glutamat (MSG) sering kali …

Leave a Reply