Wednesday , 22 September 2021
Home / Auto / Raja MPV: Kijang Innova dan Avanza

Raja MPV: Kijang Innova dan Avanza

Jakarta, NextID -Toyota Avanza dan Toyota Kijang Innova, berhasil membawa Toyota merajai segmen MPV di pasar otomotif nasional. Sepanjang tahun lalu, MPV menjadi kontributor terbesar dengan total penjualan 176.326 unit (wholesales) atau berkontribusi sekitar 54,79% dari total penjualan Toyota.

Menurut siaran pers PT Toyota Astra Motor (TAM) yang diterima NextID, Kamis (4/2), kinerja segmen MPV Toyota didukung oleh Avanza yang membukukan total penjualan 129.205 unit (wholesales) dan market shares 46,4% dan Kijang Innova dengan total penjualan 43.444 unit (wholesales) dengan market shares 88,9%. “Pencapaian ini, semakin mempertegas dominasi Toyota pada kategori MPV yang merupakan tulang punggung industri otomotif Indonesia.,” tulis TAM.

Tahun lalu, untuk memenuhi kebutuhan pasar dan sebagai apresiasi kepada pelanggan, Toyota melakukan inovasi dan pengembangan pada produk Grand New Avanza dan Grand New Veloz yang dilengkapi dengan teknologi mesin baru Dual VVT-i. Tidak hanya itu, Toyota juga meluncurkan generasi terbaru dari keluarga Toyota Kijang, yaitu All New Kijang Innova.

Sementara itu, sepanjang tahun lalu Fortuner membukukan total penjualan 9.587 unit dengan pangsa pasar 22,6% di segmen high MPV, sedangkan Rush membukukan total penjualan 26.848 unit dengan pangsa pasar mencapai 36,5%.

Di lain pihak, Astra Toyota AGYA juga membukukan kinerja penjualan yang menggembirakan sepanjang tahun lalu. Pada 2015, AGYA mencatatkan total penjualan 57.646 unit dengan market shares 39,5% di segmen entry hatchback.  (tot)

 

About Gatot Irawan

Check Also

All New Honda BR-V Makin Canggih dan Keren!

Jakarta, NextID – PT Honda Prospect Motor (HPM) memperkenalkan All New Honda BR-V generasi kedua …

Leave a Reply