Wednesday , 22 September 2021
Home / Auto / Inilah “Jeroan” Honda CBR500R
Tampil dengan ubahan yang signifikan, membuat Honda CBR500R tampil dengan karakter berbeda. Ist

Inilah “Jeroan” Honda CBR500R

Honda CBR500R yang diluncurkan Jumat (26/2) di Jakarta, dilengkapi dengan mesin 8-valve liquid-cooled parallel twin mampu menghasilan layout yang memberikan keseimbangan sempurna untuk ukuran tubuh dan performa yang fleksibel.  Proporsi segitiga daricrankshaftmain shaft dan countershaft setipe dengan mesin Honda four-cylinder RR dan didukung banyak dari struktur dalam dan rekayasa teknik  diadopsi langsung dari CBR600RR dan CBR1000RR.

Ukuran diameter dan langkah model ini 67 mm x 66.8 mm; cranckshaft pins dengan sudut 180O dan primary couple-balancer diposisikan di belakang silinder, sangat dekat dengan pusat gravitasi motor ini.  Primary danbalancer gear berbentuk gerigi untuk meminimalisir suara.  Crank counterweight di desain dengan bentuk khusus untuk couple-balance dan beban ringan mesin untuk bergerak bebas dan lincah.

PGM-FI fuel injection menghasilkan performa menakjubkan dan tenaga mencapai puncak 35kW  tiba di 8.500 rpm di torsi 43Nm pada 7.000 rpm.

Mesin ini berfungsi untuk memberikan penekanan yang melibatkan kekuatan rangka yang dilengkapi dengan 4 frame hanger yang ada di cylinder head.  Di dalam mesin, cylinder head menggunakan roller rocker arm, penyetelan katup tipe shim berproses menghasilkan tekanan yang rendah di valve-spring dan mengurangi gesekan.  Cam chaintanpa suara (rantai SV) dengan permukaan dari pins yang telah dilumuri dengan Vanadium untuk mengurangi gesekan dan meningkatkan perlindungan dari debu.  Katup inlet berdiameter 26,0 mm dengan katup pembuangan berdiameter 21,5 mm.

Diameter piston yang berukuran 67 mm sangat identik dengan CBR600RR. Bentuk piston sesuai dengan yang diaplikasikan di CBR1000RR untuk mengurangi tingkat kebisingan piston saat di rpm tinggi.  Gesekan dikurangi dengan penambahan tekstur di pinggir piston (sentuhan di area permukaan ini mampu menghasilkan jarak antara oli untuk memberikan pelumasan optimal).

Crankcase memanfaatkan gaya sentrifugal menghasilkan dinding bertekstur tipis, dan nilai diameter sama seperti CBR600RR membantu menjadi compact dan ringan.  Desain internal mengurangi  kehilangan pemompaan yang dihasilkan dari sudut 180° dari urutan pengapian. Dengan menggunakan struktur dinding yang sama dengan CBR1000RR, pemompaan oli meningkatkan kinerja aerasi dengan mengurangi gesekan; air yang menggenangi ini akan mengurangi gerakan oli saat belokan tajam dan pengereman.  Kapasitas oli adalah 3,2 liter.

Kotak transmisi 6 percepatan serupa dengan RR yang menggunakan transmisi yang sama sesuai desain swing arm dan mekanisme yang saling bertautan.  Perubahan di 2016 in akan membuat berkendara di perkotaan lebih nyaman, shift drum stopper spring loads telah diperbaiki sejalan dengan perubahan bentuk dari shift drum pusat.  Hasilnya perpindahan gigi yang lebih halus dan mudah.

Rute aliran gas dari kotak udara ke saluran pembuangan langsung dan piringan di dalam kotak udara memisahkan putaran udara ke setiap silinder.  Desain knalpot terbaru dengan desain 2 ruang internal dipadukan dengan pipa penghubung berlubang; secara bentuk lebih pendek (ditambah dengan sentralisasi massa), lebih ringan 2 kilogram dan menghasilkan suara raungan yang mengesankan saat menarik tuas gas.

CBR500R memiliki diameter besi 35 mm tipe diamond-tube sebagai rangka utama yang ringan dan kuat dengan penyelerasan yang sesuai memberikan kenyamanan bagi pengendara di berbagai kondisi jalanan.  Bentuk dan posisi dari engine mount ditambah dengan keseimbangan kekuatan rangka mampu mengurangi getaran.

Pengendalian Sempurna

Jarak sumbu roda 1410 mm dengan sudut kemiringan supensi depan dan trail telah disesuaikan di 25,5°/102 mm menghasilkan kelincahan dan pengendalian yang sempurna. Sentralisasi massa di mana mesin sangat dekat dengan titik swingarm pivot memberikan kelincahaan saat bermanuver dan optimalisasi distribusi beban depan/belakang menghasilkan stabilitas sempurna.

Dengan berat kotor 194 kg, ketinggian jok 785 mm, membuat CBR500R sangat mudah dikendalikan dan posisi berkendara yang sporti memberikan kenyamanan pengendara dengan postur tubuh yang berbeda berkat posisi stang yang relatif tinggi.

Dimensi keseluruhan model ini adalah 2081 mm x 756 mm x 1150 mm dan jarak ke tanah 140 mm.  Kapasitas tangki sebesar 16,7 liter sudah termasuk penyimpanan cadangan.

Suspensi depan teleskopik berukuran 41 mm dan 120 mm stroke memberikan pengendalian sempurna dan di tahun 2016 ini model CBR500R dilengkapi dengan suspensi yang bisa diatur tingkat redamannya serta penyematan warna biru di sisi atas suspensi yang memberikan kesan mewah dan modern.

Suspensi Pro-Link disematkan di sisi belakang dengan pengaturan hingga 9 tingkatan bekerja melalui box-section swingarm besi yang kuat.  Sensasi berkendara sempurna dihasilkan dari 520 sealed chain.

Honda CBR500R dipasarkan dengan harga OTR (DKI Jakarta) Rp 144.000.000,- telah dilengkapi dengan teknologi ABS untuk kenyamanan dan keamanan optimal. (tot)

 

 

About Gatot Irawan

Check Also

All New Honda BR-V Makin Canggih dan Keren!

Jakarta, NextID – PT Honda Prospect Motor (HPM) memperkenalkan All New Honda BR-V generasi kedua …

Leave a Reply