Monday , 29 November 2021
Home / LifeStyle / Leisure / Health / Tips Rajin Minum Air Putih
illustrasi perempuan minum air

Tips Rajin Minum Air Putih

Jakarta, NextID – Minum air sangat penting bagi kesehatan tubuh bahkan dokter menganjurkan untuk minum air putih sebanyak delapan liter perhari. Kekurangan air bisa menyebabkan tubuh dehidrasi, pusing dan lemas. Pakar fisiologi dari Universitas Arkansas, Stavros Kavouras mengatakan haus merupakan petanda awal tubuh mengalami dehidrasi. Rasa haus terjadi ketika tubuh mulai kehilangan 1-3 persen berat badannya karena menurunnya kadar air didalam tubuhnya.

“Dehidrasi ringan dapat menyebabkan konsentrasi berkurang. Janganlah menunggu tubuh mengalami dehidrasi untuk minum,” katanya.

Sayangnya, banyak orang yang masih malas minum air dan menunggu tubuh benar-benar haus. Berikut beberapa kiat supaya anda rajin minum air seperti dilansir, womenshealthmag :

1. Perasa alami. Air yang tidak memiliki rasa terasa membosankan dan hambar. Tambahkanlah perasa alami seperti irisan buah atau daun mint ke dalam gelas anda.

2. Makan pedas. Biasanya, orang akan minum lebih banyak setelah makan makanan pedas terlebih makanan pedas akan meningkatkan metabolisme anda.

3. Gunakan aplikasi ponsel pintar. Saat ini banyak aplikasi-aplikasi ponsel pintar yang mengingatkan anda untuk minum air. Anda dapat mengatur sistem reminder pada ponsel pintar untuk mengingatkan anda banyak minum air.

4. Dekatkan botol minum. Sebaiknya, anda memiliki botol air minum besar yang selalu anda bawa kemanapun anda pergi.

5. Berolahraga. Berolahraga dapat meningkatkan metabolisme di dalam tubuh dan menyebabkan tubuh berkeringat serta membuat tubuh haus. Di saat itu, tubuh membutuhkan banyak-banyak cairan. Sebelum berolahraga, anda sudah menyiapkan botol air minum terlebih dahulu.

6. Makan buah-buahan. Buah-buahan memiliki banyak kandungan air seperti melon, timun, seledri, bahkan makanan-makanan berkuah seperti sup.

8. Minum air sebelum sarapan. Menurut Obesity, minum air sebelum makan dapat mengurangi berat badan karena meminum air dapat membuat anda kenyang terlebih dahulu.

9. Langsung minum air. Meminum air sebelum beraktivitas dapat meningkatkan metabolisme dan membersihkan tubuh dari racun atau detoksifikasi.

About Adam Rizal

Check Also

MSG Pemicu Kanker, Benar atau Salah?

Jakarta, NextID – Penyedap rasa atau sering kita kenal dengan monosodium glutamat (MSG) sering kali …

Leave a Reply