Home / Auto / Hino Produksi Kembali Bus CNG
Hino kembali memproduksi bus berbahan gas alam terkompresi tipe RK CNG. Acara peresmiannya berlangsung Jumat (27/11) di pabriknya di Kawasan Kota Bukit Indah, Purwakarta.

Hino Produksi Kembali Bus CNG

Bus berbahan gas pasarnya menjanjikan. Tak heran jika PT Hino Motors Manufacturing Indonesia (HMMI) kembali membuat bus berbahan bakar gas alam terkompresi, atau Compressed Natural Gas (CNG) di pabrik Hino, Kawasan Kota Bukit Indah, Purwakarta.

Produksi kembali Bus Hino CNG ini diresmikan langsung oleh I Gusti Putu Suryawirawan, Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika, Kementerian Perindustrian dan dihadiri oleh Toshiro Mizutani – Presiden Komisaris HMMI, Soebronto Laras – Komisaris HMMI, Kazushi Ehara – Presiden Direktur HMMI, Hiroo Kayanoki – Presiden Direktur PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) dan beserta jajaran direksi Hino dan tamu undangan lain..

Bus CNG Hino mulai diproduksi kembali Jumat (27/11), dan Hino merupakan produsen bus pertama dan satu-satunya yang berhasil memproduksi Bus CNG di Indonesia. “Saya berharap, bus ini dapat menjadi solusi dalam membantu pemerintah dalam menghadirkan transportasi massal yang nyaman bagi warga. Produksi ulang Bus Hino CNG juga sebagai bentuk dukungan kami dalam membantu program pemerintah menciptakan langit yang biru dengan memberikan kendaraan ramah lingkungan,” ungkap Kazushi Ehara.

Sebelumnya, Hino sudah pernah memproduksi Bus CNG. “Bus berbahan bakar CNG sudah cukup familiar bagi kami karena sudah pernah mensuplai CNG Bus ke Transjakarta sejak tahun 2007. Hino memiliki pengalaman dan teknologi yang mumpuni untuk menghasilkan Bus CNG yang aman, nyaman dengan daya angkut penumpang yang cukup besar,” timpal Hiroo Kayanoki.

Bus ini, lanjutnya, mempunyai spesifikasi yang sesuai dengan regulasi pemerintah. “Untuk itu, kami siap kembali melayani permintaan dan memenuhi kebutuhan dari instasi pemerintah maupun swasta. Selain itu kami juga memiliki layanan purna jual yang sepenuhnya mendukung kelancaran operasional Bus Hino CNG ini,” terangnya.

Bus Hino CNG yang diproduksi ialah tipe RK CNG dengan kapasitas 80 penumpang. Bus ini memiliki mesin 6 silinder berkapasitas 7.961 cc dengan dilengkapi turbocharger dan intercooler yang mampu melahirkan tenaga 260 PS dan menghasilkan suara yang lembut dan getaran yang halus. Spesifikasi mesinnya memastikan gas buang yang dihasilkan ramah lingkungan.

Bus bermesin belakang ini disematkan transmisi otomatis 6 percepatan sehingga mengurangi kelelahan bagi pengemudi dan lebih nyaman dikendarai dan tentunya lincah bermanuver di jalan perkotaan. Untuk sisi keamanan, bus ini ditanamkan sistem pengereman Full Air Brake sehingga membuat daya pengereman yang lebih responsif serta mudah dalam perawatan.

About Gatot Irawan

Check Also

Wow, Xenia ADS Baru Tampil Lebih Sporty di GIIAS 2024

Tangerang, NextID – Daihatsu hadirkan Xenia ADS dengan tampilan baru dan lebih sporty pada ajang …

Leave a Reply