Home / Tech / Computer / Apple Luncurkan iOS 9
Ilustrasi iOS 9 1

Apple Luncurkan iOS 9

Apple meluncurkan sistem operasi iOS 9 terbaru dengan sejumlah fitur terbaru untuk pengguna iPhone dan iPad. Sistem operasi iOS 9 memiliki kapasitas yang lebih “ringan” dengan ukuran 1,3 GB, dibandingkan dengan kapasitas pendahulunya iOS 8 yang berbobot 4,58 GB.

Pembaruan sistem operasi  iOS 9 memungkinkan perangkat iPad Air 2 dan iPad Mini 4 untuk mengoperasikan beberapa aplikasi pada waktu bersamaan dengan fitur “Slide View”. Fitur itu memungkinkan pengguna membuka dua aplikasi berdampingan dalam satu layar. Fitur multitasking lainnya “Slide Over” dan “Picture in Picture” juga hadir untuk iPad Air 2, iPad Mini 4, iPad Air, iPad Mini 2 dan iPad Mini 3.

Fitur “Slide Over” memungkinkan pengguna membuka aplikasi tanpa harus menutup aplikasi pertama dan “Picture in Picture” memungkinkan pengguna memutar video di dalam aplikasi yang sedang berjalan. Fitur berbasis suara Siri menjadi lebih proaktif di dalam iOS 9 dengan tampilan pencarian yang hadir di kiri bawah layar home screen.

Fitur Siri juga dapat mengatur jadwal dari surat elektronik (surel) atau email hanya dengan menyebutkan tanggal, Siri akan mencatat acara tersebut. Contoh, surel yang berisi informasi penerbangan dapat masuk ke dalam agenda kalender dan Siri akan mengingatkan untuk berangkat ke bandara. Tidak hanya itu, Siri juga akan menghitung waktu dan jarak tempuh bandara untuk mempertimbangkan lalu lintas menuju bandara. Aplikasi News berganti nama dengan Newsstand untuk mengakomodasi agensi berita yang bekerja sama dengan Apple.

Fitur iOS 9 lainnya adalah penghemat daya baterai. Fitur itu mampu menambah daya tahan hingga satu jam. Lebih dari itu, iOS 9 juga menghadirkan fitur Low Power Mode yang mampu memperpanjang “hidup” perangkat iOS hingga 3 jam. Update iOS 9 tersedia untuk perangkat Apple mulai iPhone 4S hingga iPhone generasi terbaru, dan mulai iPad 2 hingga yang terbaru iPad Pro, demikian Phone Arena, Senin (12/10).

Apple mengklaim lebih dari 50 persen perangkat Apple yang kompatibel telah menjalankan sistem operasi iOS 9. “iOS 9 mendapat sambutan yang menakjubkan, paling banyak diunduh oleh pengguna dibandingkan dengan sistem operasi Apple lainnya,” kata Senior Vice President of Worldwide Marketing Apple, Philip Schiller.

About Adam Rizal

Check Also

Wow, Konsumsi BBM DFSK Super Cab 15,4 Km/L

Jakarta, NextID- DFSK senantiasa membuktikan kualitas kendaraannya yang ditawarkan mumpuni dan mendukung berbagai aktivitas konsumen …

Leave a Reply