Sunday , 8 September 2024
Home / Tech / Home Aplliance / AQUOS 4K TV Pintar Cita Rasa Android
Model berfoto bersama produk 4K Android TV

AQUOS 4K TV Pintar Cita Rasa Android

Pertumbuhan ponsel pintar berbasis sistem operasi Android sangat pesat di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir. Karena itu, PT. SHARP Electronics Indonesia (SEID) meluncurkan TV terbaru andalannya AQUOS 4K yang terintegrasi dengan Android di Jakarta, beberapa waktu lalu.

President Director SEID Fumihiro Irie mengatakan kami melihat banyak perkembangan situs online gratis di Indonesia. Sebanyak 49 persen masyarakat Indonesia lebih suka nonton konten video lewat Internet dan menempatkan Indonesia pada posisi pertama dalam hal kebiasaan menonton konten video seperti tayangan sepak bola maupun film dari situs online gratis.
Indonesia bahkan mengungguli responden dari negara lainnya seperti Australia, Singapura, dan India. Hanya 16 persen responden Indonesia yang memilih untuk menonton melalui TV kabel dan 12 persen saja yang menyaksikan melalui free-to-air TV.

“Aplikasi hiburan favorit yang biasa dijumpai di smartphone, kini bisa anda nikmati melalui layar TV yang lebih besar dan nyaman bersama seluruh anggota keluarga,” katanya.

Hasil riset yang sama rupanya juga mengungkap fakta menarik lainnya, bahwa sebanyak 43 persen responden Indonesia lebih senang menyaksikan konten video melalui layar televisi. Hanya 29 persen responden yang memilih menonton melalui smartphone, 24 persen memilih laptop atau komputer, dan 3 persen saja yang memilih tablet.

Untuk kualitas gambar, SHARP tidak perlu diragukan lagi. TV terbaru itu memiliki teknologi 4K dengan resolusi pixel 3,840 x 2,160 atau empat kali lipat dibandingkan dengan TV Full High-Definition (HD) biasa. Para konsumen dapat menyaksikan gambar yang detil dan nyaris tampak nyata.

General Manager Divisi Product Planning SEID Herdiana Anita Pisceria mengatakan masyarakat Indonesia mulai menyukai dan membeli televisi 4K, bahkan pertumbuhan produk TV 4K mencapai 30 kali lipat. TV Sharp Aquos 4K menyasar keluarga dengan kisaran usia 30-40 tahun di segmen menengah-atas yang melek teknologi.

“Untuk merangsang mereka membeli dibutuhkan umpan yang kuat, kami membenamkan TV Sharp Aquos 4K dengan fitur-fitur yang menarik dan harga yang terjangkau. Kami juga optimis menargetkan penjualan produk sebanyak 800 unit perbulan, dengan capaian market share 10 persen di kategori 4K pada 2016,” katanya.

TV Sharp Aquos 4K memiliki fitur Smart Remote yang memungkinkan konsumen memberikan perintah suara kepada Smart Remote dan TV pintar itu pun akan mengikuti instruksi yang diberikan seperti browsing pada Google, mencari video atau film di YouTube, menemukan aplikasi favorit di Google Play, dan sebagainya. Tak perlu khawatir bahasa tak terdeteksi, fitur Google Voice Search mendukung 87 bahasa dunia dengan tingkat akurasi yang mengagumkan.

Selain mampu memahami kalimat, Smart Remote itu juga mampu menerjemahkan berbagai dialek daerah di seluruh dunia. “Tak ada Smart TV lain yang memiliki kemampuan semacam ini, dengan dukungan bahasa dan tingkat akurasi sebanyak milik SHARP,” kata Herdiana.

Tak hanya menerjemahkan perintah suara, AQUOS 4K Android juga mempunya fitur Recommendation yang akan muncul pada home screen secara otomatis dan menampilkan rekomendasi video, musik, games, serta hiburan lainnya sehingga pengguna tidak perlu lagi membuang waktu untuk berselancar di dunia maya. Selain AQUOS 4K Android TVTM, pada kesempatan yang sama SHARP juga meluncurkan 4K UHD TV. 4K Android TVTM (UE630X series) dan 4K UHD TV (UA330X series) yang akan tersedia di pasar pada September 2015.

4K Android TVTM akan dirilis dalam 3 varian ukuran dan harga yaitu 50 inch (Rp 18 juta), 58 inch (Rp 29,9 juta), dan 65 inch (38,9 juta). Sementara itu, 4K UHD TV akan diluncurkan dalam dua tipe, 40 inch (Rp 9,9 juta) dan 50 inch (Rp 15,9 juta).

About Job Palar

Check Also

Honda Raih Penghargaan Most Popular Brand dari Jawa Pos

Jakarta, NextID – PT Honda Prospect Motor meraih penghargaan bergengsi sebagai “Most Popular Brand” pada …

Leave a Reply