Thursday , 14 November 2024
Home / Auto / 25 Proposal Terbaik TEY Ke-13: Kreatif & Inspiratif
Siswa sedang memperagakan usulan/proposal yang telah terpilih. Ist

25 Proposal Terbaik TEY Ke-13: Kreatif & Inspiratif

Jakarta, NextID – Setelah melalui tahapan seleksi yang cukup ketat,  program Toyota Eco Youth (TEY) yang diselenggarakan Toyota Indonesia (PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia/TMMIN dan PT Toyota-Astra Motor/TAM), mengumumkan 25 proposal terbaik karya anak bangsa pada Selasa (12/11). Ke-25 proposal ini telah disaring dari 1.125 proposal yang telah dikirimkan dari seluruh wilayah Indonesia di antaranya dari Sumatera, Jawa, Bali, Kalimantan, Sulawesi, hingga Papua.

Program TEY merupakan kompetisi proyek inovasi perbaikan lingkungan hidup untuk SMA dan sederajat yang diinisiasi pada tahun 2005. Memasuki 2 dasawarsa, program TEY ke-1 hingga ke-13 ini telah melibatkan partisipasi pelajar SMA atau sederajat hingga 2.033 SMA dari 34 provinsi di Indonesia, dengan total proposal proyek mencapai hampir 9.972 proposal.

“Selamat kepada 25 proposal terpilih dari ribuan proposal. Kami sangat mengapresiasi antusiasme dan kreatifitas para pelajar, atas kepedulian melalui ide-ide gagasan yang tertuang dalam proposal TEY, untuk mengelola serta memperbaiki kondisi lingkungan bahkan melibatkan partisipasi masyarakat sekitar,” ujar Bob Azam Wakil Presiden Direktur TMMIN.

Keberlanjutan dan konsistensi TEY tidak dapat berlangsung tanpa antusiasme siswa-siswi generasi muda dalam mengirimkan proposal kepeduliaan lingkungan demi keberlangsungan kelestarian alam. Bertemakan pengembangan unsur energi, sampah, udara, dan air, para siswa-siswi peserta TEY berlomba untuk mengasah inovasi dan kreativitasnya guna mencari solusi untuk perbaikan kondisi lingkungan yang juga bermanfaat bagi masyarakat sekitar.

Siswa terlihat serius dan mendalami ide-ide yang tertuang dalam proposal yang terpilih. Ist

“Pertama-tama selamat kepada 25 proposal terpilih, namun untuk pelajar yang tidak terpilih tidak perlu berkecil hati. Setiap peserta yang telah mengirimkan proposal dalam Toyota Eco Youth telah menunjukkan dedikasi dan kreativitas yang luar biasa, kami menghargai setiap usaha dan inovasi yang telah ditampilkan. Kami berharap semua peserta terus berkontribusi untuk menciptakan dampak positif bagi lingkungan dan sekitar,” ucap Henry Tanoto, Wakil Presiden TAM.

Kriteria Penilaian

Dalam mengkurasi 25 proposal terbaik, terdapat sejumlah kriteria penilaian yang diterapkan, baik kriteria umum dan khusus. Secara umum, penilaian proposal ini juga tidak dilepaskan dari komitmen Toyota Global melalui Toyota Environmental Challenge (TEC) 2050 dalam mengatasi masalah lingkungan global. Di antaranya seperti perubahan iklim, kelangkaan air, kekurangan sumber daya alam serta hilangnya keanekaragaman hayati dalam jangka panjang.

Toyota secara global mendeklarasikan komitmen ini untuk menjaga kelestarian alam dan lingkungan, yang sudah diterapkan pada seluruh aspek kegiatan Toyota baik di area produksi, supply chain, maupun lingkungan sekitar. Secara khusus, penilaian proposal TEY ke-13 meliputi berbagai aspek di antaranya orisinalitas proposal, proyeksi Solusi yang dipaparkan untuk menyelesaikan isu-isu yang terjadi di lingkungan, keterlibatan pemangku kepentingan/stakeholder dalam mengimplementasikan ide-ide dari inovasi terhadap lingkungan dan masyarakat sekitar secara keberlanjutan.

Pendampingan Realisasi Proyek Inovasi

Seleksi proposal TEY belum berhenti sampai dengan tahap 25 besar proposal terbaik. Pada tahap selanjutnya, 25 proposal terpilih akan mendapatkan pendampingan dari para ahli di bidang lingkungan sampai komunikasi. Beberapa proposal juga akan mendapatkan kunjungan langsung oleh manajemen Toyota Indonesia, sehingga dapat mengimplementasikan dan merealisasikan proposal dalam bentuk karya terbaik.

Kekompakan dan keakuratan penelitian dibutuhkan untuk menentukan hasil akhir. Ist

TEY ke-13 tidak hanya menyelenggarakan kompetisi proposal inovasi perbaikan lingkungan hidup saja, namun juga mengadakan side competition yang dapat diikuti oleh seluruh siswa-siswi SMA dan sederajat dari seluruh wilayah Indonesia. Dalam side competition ini para peserta dapat mengikuti pop-writing competition maupun creative video competition. Sejauh ini tercatat lebih dari 400 peserta dari 200 sekolah yang sudah melakukan registrasi untuk pop-writing competition sedangkan pendaftar creative video competition saat ini sudah tercatat lebih dari 100 peserta dari 96 sekolah yang tersebar di seluruh Indonesia.

About Gatot Irawan

Check Also

MMKSI Hadirkan Terus Penawaran Menarik di Akhir Tahun

Jakarta, NextID – PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) terus menghadirkan deretan promo …

Leave a Reply