Jakarta, NextID – Karakter pick up ternyata amat fleksibel atau istilah sontaknya “bunglon.” Mengapa, karena memang diadaptasi oleh kendaraan komersial ini dan menunjukkan hasil yang positif. Ini terlihat dari hasil Genba yang dilakukan Toyota. Ada empat hal penting bagi pelanggan komersial: (1) Easy Ownership Process, (2) Affordable Total Cost of Ownership, (3) Diversity of Needs, baik itu business atau private, dan (4) High Utilization with No Downtime.
1. Easy Ownership Process
Hilux Rangga didukung ekosistem Toyota yang solid dan mapan untuk mendukung mobilitas pelanggan. Jaringan dealer resmi Toyota yang meng-cover 82% wilayah Indonesia, merupakan bonus demografi yang menyediakan one-stop service & solution yang lengkap dan menyeluruh.
Toyota juga menawarkan berbagai solusi paket pembiayaan yang sesuai dengan kebutuhan dan mempermudah pelanggan untuk memiliki kendaraan untuk menunjang usahanya. Sebagai gambaran, paket yang tersedia dimulai dari DP 10%, special rate, serta tersedia hingga tenor 5 tahun. Untuk fleet, terdapat paket kredit yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan customer.
Sebagian pelaku usaha ingin menjalankan bisnis yang lebih simpel, anti repot, tetapi tetap menguntungkan. Peluang tersebut dimanfaatkan dengan menyediakan opsi penyewaan dan usership bermodalkan berbagai skema menarik bersama partner Toyota, termasuk menyediakan solusi layanan operasional kendaraan yang terintegrasi.
2. Affordable Total Cost of Ownership
Pastikan Affordable Total Cost of Ownership, Toyota menjamin ketersediaan suku cadang asli Toyota untuk menjaga keandalan mobil ini. Ditambah dukungan 312 workshop resmi, memastikan pelanggan dapat mengganti komponen di mana saja. Terdapat lebih dari 1.000 parts shop partners yang menjual onderdil asli Hilux Rangga dengan harga kompetitif, termasuk lewat online shop.
Dengan kualitas terjamin, pelanggan All-New Hilux Rangga dapat menjaga performa kendaraannya agar tetap produktif dan minim masalah. Produk T-OPT yang dipasarkan antara lain: air filter, brake pad, brake shoe, cabin air filter, oil filter, wiper blade, v-belt, dan fuel filter.
Pelanggan dapat memiliki produk-produk T-OPT yang dipasarkan di Toyota Part Shop Partner, market place, dan bengkel OtoXpert yang tersebar di seluruh Indonesia. Ke depannya, T-OPT akan terus dikembangkan untuk menambah tipe parts fast moving Hilux Rangga yang dipasarkan dan akan tersedia juga di bengkel resmi Toyota.
3. Diversity of Needs
Hilux Rangga hadir di tengah persaingan sektor kendaraan niaga ringan yang sangat ketat. Selain membawa banyak keunggulan dari produknya, Hilux Rangga juga ditopang oleh ekosistem yang kuat sebagai solusi usaha.
Dengan tagline ‘Terus Maju dengan Konversi Beragam Industri’, Hilux Rangga memiliki keunggulan dapat dikonversi menjadi berbagai versi utilitas, yakni Business, Public Service, dan Lifestyle. Medium Pick Up ini bisa dibentuk sebagai solusi beragam aktivitas bisnis dan layanan untuk memenuhi diversity of needs.
Untuk memenuhi kebutuhan konversi, Toyota menjalin kolaborasi dengan lebih dari 70 body builder atau karoseri lokal yang berpengalaman dan kredibel, beberapa di antaranya sejak era Kijang Pick Up. Setiap karoseri memiliki spesialisasi dan segmentasinya masing-masing untuk mendorong pertumbuhan industri karoseri lokal dan memastikan All-New Hilux Rangga dapat memenuhi beragam kebutuhan bisnis yang lebih spesifik.
Konversi All-New Hilux Rangga tidak hanya sebagai mitra bisnis seperti warung kopi atau mobil toko, tetapi juga mendukung layanan pemerintahan seperti bank berjalan, ambulans dan damkar, serta bagian dari gaya hidup pelanggan seperti campervan atau membawa alat hobi seperti sepeda dan motor trail. Mobil ini juga keren kalau dimodifikasi ala street fighter atau bergaya off-road.
Dealer resmi Toyota akan menjembatani kebutuhan konversi Hilux Rangga. tipe Standard C&C (Cab & Chassis) bensin atau diesel akan dipakai sebagai model khusus konversi. TAM sendiri akan melakukan proses quality control setelah konversi selesai untuk memastikan hanya produk dengan kualitas terbaik yang dikirim ke pelanggan.
Mengenai biaya, sangat tergantung pesanan pelanggan, dibuat seperti apa mobilnya dan apa saja fitur-fitur yang dipasang. Khususnya kalau ada pemasangan fitur-fitur canggih berbasis Internet of Things (IoT) yang sedang trend. Karena itu, body builder memberikan ruang diskusi yang luas kepada pelanggan terkait budget konversi All-New Hilux Rangga.
4. High Utilization with No Downtime
Saat ini ada 312 workshop yang siap melayani pelanggan fleet dan private. Dengan sebaran yang luas, pelaku usaha yang memanfaatkan jasa Hilux Rangga tidak akan kesulitan mengakses layanan bengkel sesuai standar Toyota global meskipun lokasinya di pelosok. Keuntungan lainnya, semua workshop Toyota memiliki kualitas yang sama sehingga pelanggan dapat merasakan peace of mind.
Berikan solusi lebih banyak, saat ini tersedia jaringan 37 bengkel OtoXpert yang dioperasikan oleh bengkel resmi Toyota, dengan fasilitas modern, menggunakan parts orisinal Toyota, dan bergaransi. Alhasil, pelanggan memperoleh alternatif bengkel perawatan dan perbaikan yang berkualitas dan terpercaya, ditambah biaya jasa dan parts yang ringan setara bengkel umum lainnya.
Sekecil apapun penghematan yang didapat akan sangat bermanfaat. Toyota memberikan bebas biaya jasa dan suku cadang servis berkala 6 bulan pertama atau 10.000 km, mana yang tercapai lebih dahulu. Ditambah warranty kendaraan dan harga spare parts yang terbilang reasonable, memberikan jaminan kualitas dan daya tahan yang lebih memuaskan.
Semua kemudahan tersebut sangat dibutuhkan pengusaha untuk meningkatkan produktivitas kendaraan via layanan servis yang serba mudah, cepat, dan hemat biaya. Efektivitas layanan ini juga mengurangi potensi kerugian akibat lamanya waktu tunggu (downtime), khususnya kesulitan mendapatkan komponen pengganti.