Jakarta, NextID – Di persilatan ada istilah ilmu meringankan tubuh atau gingkang. Jika ilmu pendekar itu tinggi, salah satunya terlihat kemampuannya yang lincah untuk melompat ke sana dan sini, tanpa tersentuh lawan. Dan, di dunia otomotifpun jika digathuk-gathukan ada pula kemampuan mobil yang seperti pendekar silat sakti itu, yakni Mitsubishi All New Triton 2024.
Kabar ini memang sontak popular karena PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) selaku APM telah meluncurkan model terbaru Mitsubishi Triton. Mobil niaga ringan yang telah diterima dengan baik oleh masyarakat Indonesia selama 22 tahun itu kini hadir dengan mesin, fitur, dan kelengkapan terbaru yang bisa diandalkan untuk aktivitas kerja.
Ini yang menarik, hadir dengan slogan ‘Turn ON the Beast Mode,’ Mitsubishi All-New Triton hadir dengan pengembangan pada ladder frame baru dengan luas penampang chassis yang 65% lebih besar dibandingkan model sebelumnya. Tak hanya itu, Mitsubishi All-New Triton menerapkan desain baru, yang menampilkan bahasa desain khas Mitsubishi Motors ‘Dynamic Shield’ pada bagian depan, yang ditonjolkan melalui lampu T-shape.
Kini ia dibekali mesin diesel turbo 2.4L 4N16 Euro-4 yang lebih bertenaga serta lebih efisien, dengan tenaga maksimal 184 PS/ 135km dan torsi sebesar 430 Nm. Keandalan mesin Mitsubishi All-New Triton, dilengkapi dengan kemampuan 4×4 untuk dikendarai di berbagai medan, dengan ground clearance hingga 222mm.
Mesin baru ini memiliki banyak kelebihan dibanding mesin-mesin model sebelumnya yakni 4N15 dan 4D56. Mesin baru tersebut mampu mendongkrak fungsionalitas Mitsubishi Triton di medan-medan berat serta lahan bisnis yang selalu jadi makanan Mistsubishi Triton yakni perkebunan dan tambang.
Menjajal di Sentul
Ketinggian ground clearance Mitsubishi All-New Triton yang mencapai 222 mm sangat membantu dalam mengemudi di medan off-road. Meski melewati lubang yang dalam dan gundukan yang menukik curam, mobil ini tetap aman tanpa “gasruk” di bagian bawah maupun sudut-sudut mobil.
Ini kisah nyata saat MMKSI sontak mengajak para jurnalis buat membuktikan sendiri di habitatnya, yakni lintasan off-road di Desa Pelangi di perbukitan Sentul, Bogor, pekan bulan ini. MMKSI sudah mempersiapkan dengan baik apapun kebutuhan untuk mengujian langsung All New Triton, mulai dari rute sepanjang 650 meter yang dibuat berbagai model rintangan, mulai dari jalan tanah, trek berlumpur, tanjakan, turunan, sampai trek miring.
Di jalur off-road datar, para jurnalis merasakan langsung performa mesin baru yang lebih bertenaga. Pada varian Ultimate dipersenjatai fitur canggih Super Select-II dengan 7 mode berkendara. Ini membuat kita menyetir nyaman di segala medan layaknya pengemudi profesional.
Pengalaman salah satu jurnalis, trek dengan jalan tidak rata dan banyak gundukan jadi tantangan berikutnya. Rangka chassis yang lebih kuat dan ground clearance tinggi All-New Triton ternyata mampu dan juga ampuh buat menaklukan rintangan tanpa masalah.
Bagaimana saat di medan berlumpur dan miring? “Tenang, ada fitur drive mode ‘Mud’ dan Real Differential Lock yang bikin mobil tetap stabil dan nggak selip,” ujarnya.
Asyik kok membawanya, apalagi saat ada tanjakan dan turunan, All-New Triton juga punya fitur Hill Start Assist dan Engine Break yang bikin berkendara makin aman dan nyaman. Bahkan tenaga mesin yang besar dari mobil pikap yang meluncur di GIIAS 2024 ini mampu melakukan crawling (merayap) di tanjakan tanpa harus menginjak pedal gas. “Asli, benar terjadi itu,” tandasnya sumringah.